Apa Saja Yang Wajib di Ketahui Tentang Penyadapan

Sunday, December 4, 2016
Yaris Heykers
Banyak pertanyaan yang masuk ke Kami tentang aplikasi penyadapan mulai dari cara instal tapi lebih banyak ke fitur atau setelah menggunakan aplikasi sadap. Pertanyaan ini umumnya adalah penggunaan dari aplikasi sadap SmartphoneLogs. Untuk pertanyaan aplikasi sadap lainnya relatif sama intinya adalah masalah fitur yang tidak bekerja.

Sebagai sarana komunikasi dengan customer atau pembaca blog ini, saya menyediakan kontak baik itu WhatsApp, LINE atau BBM. Tujuannya adalah untuk memudahkan tanya jawab. Tapi seperti diketahui orang Indonesia kebanyakan yang tidak memiliki budaya membaca maka resiko yang Kami hadapi adalah pengguna aplikasi sadap menanyakan kembali pertanyaan yang sudah di tulis di blog ini. 

Kami sekali lagi menyarankan kepada pembaca blog ini terutama mengenai penyadapan untuk membaca lebih teliti dan detail sebelum mempraktekkan apalagi membayar. Apa yang akan Kami bahas dalam artikel ini sebetulnya juga sudah Kami tulis atau digabungkan dalam artikel "Cara Melakukan Pembayaran SmartphoneLogs" namun karena judulnya adalah pembayaran maka customer kebanyakan selalu bertanya balik "Lho kan saya sudah membayar", "Saya kan sudah membayar dua paket" dan lainnya.

Jadi pada intinya artikel ini adalah mengulang dan Saya akan coba merangkum kembali pertanyaan dan jawaban secara lebih lengkap dan detail serta menambahkan beberapa point agar lebih jelas. 

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Instal Aplikasi Sadap.
Proses instalasi umumnya tidak banyak pertanyaan, beberapa pertanyaan yang sering diajukan adalah Apakah aplikasi sadap di instal diponsel target?. Jawabannya Harus di instal di Ponsel target. Pertanyaan ini mungkin bersumber dari penjual aplikasi sadap dimana cara kerjanya adalah cukup menginstal diponsel sendiri bukan target dan semua tipe ponsel bisa bahkan ponsel 'jadul'. Saya dapat memastikan penjual aplikasi itu adalah penipu. Ada pembaca blog Kami yang juga sudah tertipu. Silakan baca lebih lengkapnya disini.

Pada saat proses download mendapati pesan di website SmartphoneLogs, Sobat melihat pesan peringatan merah, silakan klik "Details" dan kemudian klik pada "mengunjungi situs yang tidak aman". Atau penjelasan detailnya silakan baca artikel ini. Atau silakan lihat pada video pada link ini : https://www.youtube.com/watch?v=b-nlasdCZDA.


Aplikasi sadap ini bekerja dengan bantuan koneksi internet. Ponsel target akan mengirimkan data sadapan ke server aplikasi sadap (website) dengan bantuan koneksi data. Jadi jika ponsel target tidak berlangganan paket internet atau tidak memiliki koneksi internet maka tidak akan bisa. Jadi jika fitur bermasalah yang di otak-atik adalah ponsel target bukan ponsel Anda. 

Setelah aplikasi terpasang di ponsel target silakan tunggu. Jika dalam kondisi normal akan muncul beberapa pemberitahuan chat (BBM, WA, FB, LINE dll), Foto, SMS dan dapat melakukan proses recorder (rekaman panggilan). Jika pemberitahuan ini tidak muncul dalam jangka waktu cukup lama artinya Android atau ponsel target tidak support aplikasi sadap. 

Android memiliki pengaturan untuk melindungi perangkat dari ancaman atau virus secara berkala. Semua aplikasi sadap yang diinstal di luar Play Store akan otomatis di angkap virus oleh Android. Penting untuk dilakukan pengaturan berikut ini agar aplikasi tidak terdeteksi sebagai virus oleh Android dan berpotensi besar di hapus oleh target.

Silakan buka menu  Setelan Google. Pada menu LAYANAN silakan pilih menu Keamanan. Pada menu VERIFIKASI APLIKASI silakan uncheck (hilangkan tanda centang) pada menu Pindai perangkat untuk mengetahui ancaman keamanan Google secara berkala akan memeriksa perangkat dan mencegah atau memperingatkan tentang potensi bahaya.


Proses instalasi akun SmartphoneLogs menggunakan akun email. Akun email ini bisa akun yang masih aktif maupun akun yang tidak aktif atau asal saja. Namun Kami sangat menyarankan menggunakan akun asli karena jika lupa password dapat melakukan proses Forgot password atau lupa password. Jika Sobat tidak bisa login silakan lakukan proses berikut ini.


Klik pada menu Forgot password kemudian pada menu Email silakan masukkan akun email yang sudah digunakan untuk melakukan pendaftaran Smartphonelogs. Buka akun email kemudian cari email dari Smartphonelogs, password baru sudah dikirim dan silakan gunakan untuk login.


Proses download selesai namun saat di instal ada tulisan Apk tidak terinstal. Atau pada saat selesai melakukan proses download aplikasi tidak dapat diinstal. Cara mengatasinya adalah silakan buka menu File Saya di Android target. Cari di folder dengan nama Penyimpanan perangkat (Jika belum dilakukan perubahan pengaturan, semua file hasil download akan tersimpan di folder Penyimpanan perangkat) kemudian pilih atau cari folder Download klik saja file yang bernama apk. otomatis aplikasi akan terinstal.


SmartphoneLogs sudah memperbaharui ke versi 8.0 dari versi sebelumnya yaitu 4.0. Untuk versi 8.0 ini memiliki cara tersendiri dalam menyembunyikan aplikasi sehingga tidak muncul di menu utama atau home screen. Untuk menyembunyikan aplikasi berikut ini tahapannya.

Silakan log in atau masuk ke akun SmartphoneLogs via PC atau browser di ponsel Sobat. Kemudian klik pada menu edit seperti pada gambar dibawah ini. Selain itu ada juga opsi Turn it off yang berfungsi untuk menghilangkan notifikasi di status bar ponsel Android, caranya adalah hilangkan tanda centang pada bagian bawah menu Hide app icon.


Geser kebawah atau cari saja menu yang bertuliskan Hide app icon. Jika sudah ketemu silakan beri tanda centang seperti pada gambar berikut ini. Proses selesai.


Pertanyaan dan Jawaban Seputar Proses Penyadapan.
Proses ini paling banyak ditanyakan. Intinya adalah tidak membaca dan mempelajari. Jika Anda bertanya kepada Kami maka semua jawaban berasal dari hasil uji coba Kami dengan menggunakan aplikasi sadap ini. Dengan melakukan hal yang sama artinya pembaca blog ini juga dapat melakukan atau mempraktekan dan mengetahui seluk beluk dari aplikasi ini. Amat sangat perlu diketahui Kami bukan pembuat atau pemilik dari aplikasi SmartphoneLogs, hanya sebatas jasa pembayaran saja. Pemilik atau perusahaan aplikasi ini adalah orang Rusia (dilihat dari IP Website).

Karena itu Kami sangat menyarankan bahkan sering menyampaikan agar sebelum melakukan pemasangan aplikasi sadap diponsel target sebaiknya silakan instalasi di HP sendiri. Jika tidak memiliki ponsel Android silakan meminjam dari Saudara. Satu akun SmartphoneLogs dapat digunakan untuk banyak ponsel (unlimited). Jadi silakan gunakan akun yang sama; username, password dan juga email.

Untuk membedakan akun Sobat dengan ponsel target maka silakan pilih pada menu yang ingin dilihat. Jika ingin melihat pada Messages silakan klik pada menu tersebut sehingga akan  muncul dua akun. Lakukan hal yang sama untuk Photo, Text & call logs, Location dan Call recording.


Bagaimana cara mengetahui apakah aplikasi ini masih berjalan atau tidak di hapus oleh target adalah pemberitahuan penyadapan masih tetap berjalan (update sesuai tanggal) namun ada menu read all atau baca selengkapnya. Jika sobat menggunakan aplikasi ini beberapa bulan yang lalu (versi 3.7) namun proses penyadapan masih berjalan artinya masih tetap dapat digunakan. Sebaiknya mengupdate ke versi terbaru caranya adalah pegang ponsel target dan instal kembali. Silakan tumpuk aplikasi atau perbaharui semua. Proses update tidak dapat dilakukan dari jarak jauh.


Jika tidak muncul perintah pemberitahuan seperti pada gambar diatas artinya aplikasi ini sudah terhapus silakan lakukan instalasi seperti biasanya. Jadi pertanyaan "Bagaimana cara mengetahui apakah aplikasi ini masih terinstal di ponsel target cara nya adalah silakan instal ulang saja dengan mengunjungi situs resminya di www.smartphonelogs.com. Jika muncul menu seperti pada gambar diatas artinya aplikasi masih ada, jika tidak ada silakan lanjutkan proses instalasi sesuai perintah seperti pada saat instalasi aplikasi diluar Play Store.

Bagaimana cara mengetahui lokasi ponsel target dengan menu Location. Pertanyaan ini sudah dijelaskan di website SmartphoneLogs. Atau dapat di kunjungi di menu FAQ = https://smartphonelogs.net/content/faq. Jawabannya adalah ponsel target harus mengaktifkan fitur Wi-Fi & lokasi jaringan seluler.

Bagaimana cara melakukan perekaman? Atau kenapa tidak muncul download pada menu Perekaman. Silakan masuk pada menu Call Recording, jika tidak muncul menu recording silakan cek ke ponsel target sebaiknya lakukan instalasi ulang. Biasanya tidak muncul karena ada tulisan [Remove] pada menu Devices.


Cara melakukan atau mendegarkan proses rekaman panggilan caranya adalah : silakan buka menu Call recorder , klik pada menu Chose a request.. ada opsi yang bisa dipilih. Record Now adalah perintah untuk melakukan perekaman. Record a phone umber adalah perintah khusus untuk merekam nomor tertentu, silakan isikan nomor HP yang diinginkan, hanya di batasi satu nomor saja. Atau silakan dipilih menu Record next call (s) dimana ada 1 sampai 10 perekaman, silakan pilih sesuai dengan keinginan.

Proses ini membutuhkan waktu serta koneksi yang baik di ponsel target. Silakan tunggu hingga proses selesai. Jika selesai akan ada menu seperti Player yang berfungsi untuk mendengarkan suara hasil rekaman, klik saja tombol play. Suara yang masuk di sini termasuk suara sekitar (surrounding area).


Kenapa tidak lagi muncul pemberitahuan BBM, WhatsApp dan lainnya. Jawaban ini tergantung dari dua hal, pertama di ponsel target yang tidak terhubung oleh jaringan internet yang baik atau server SmartphoneLogs yang sedang penuh. Saya selalu memberikan petunjuk untuk MENUNGGU. Karena memang tidak ada yang dapat dilakukan.

Namun jika pemberitahuan lama tidak muncul atau tidak update sebaiknya memang perlu melakukan pengecekan diponsel target. Jika aplikasi sudah dihapus maka otomatis pemberitahuan akan berhenti. Lakukan instal ulang dengan mengunjungi situs www.smartphonelogs.com.

Jika proses instalasi selesai maka akan ada 2 akun dengan nama yang sama. Silakan pilih dengan menekan pada menu yang di inginkan. Jika ingin melihat pada Message silakan klik pada tombol segitiga pilih akun yang baru di instal. Perlu diketahui untuk akun lama sudah tidak dapat digunakan atau proses penyadapan berhenti.


Jika kebetulan Android target sudah menggunakan OS Marshmallow atau diatasnya sebaiknya lakukan pengaturan pada menu Notifikasi kemudian geser pada posisi ON semua pemberitahuan aplikasi apa saja yang ingin di sadap. Untuk lebih jelasnya silakan baca di sini.

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Pembayaran.
Sebelum melakukan pembayaran sebaiknya memahami terlebih dahulu semua petunjuk diatas agar tidak terjadi kekecewaan. Sebagian besar tidak memahami dan hanya asal membayar saja. Penting diketahui Membayar tidak akan membuat lancar dan tidaknya proses penyadapan. Hanya berpengaruh pada bisa dan tidak nya membaca pesan penuh, melihat foto atau melihat semua menu yang ada di Smartphonelogs. Lancar dan tidaknya dipengaruhi oleh koneksi internet di ponsel target.

Lancar dan tidaknya semua fitur dapat diketahui pada saat menginstal aplikasi Smartphonelogs atau 2 hari masa gratis. Perlu diketahui juga bahwa SmartphoneLogs juga sudah membatasi dengan memberikan petunjuk dalam situs dengan penjelasan. Note: Because of some limitation of Android OS, some messages couldn't be read. We will keep you posted on this. Artinya ada keterbatasan dari aplikasi ini sehingga menyebabkan beberapa pesan tidak dapat dibaca.


Dari penjelasan diatas jika Sobat mendapati beberapa pesan tidak masuk atau ada beberapa pesan yang tidak terbaca artinya memang demikian. Berdasarkan hasil uji coba yang sudah Kami lakukan dengan menghubungkan ponsel dengan koneksi internet WiFi IndiHome relatif lebih lancar. Artinya koneksi internet ke ponsel yang disadap juga akan sangat berpengaruh pada hasil penyadapan.

Jika Sobat menggunakan aplikasi sadap dan sudah melakukan pembayaran, Sebaiknya tidak memberitahukan isi penyadapan kepada target. Hal ini untuk menghindari target curiga dan melakukan uninstal / penghapusan aplikasi sadap. Hal ini akan merugikan Sobat sendiri karena sudah membayar.

Pembayaran di akun SmartphoneLogs ada dua yaitu Premium membership dan Message services. Kedua pembayaran ini memiliki fitur yang berbeda-beda jadi tidak bisa jika membayar Premium membership tapi ingin mendapatkan fitur Message service atau sebaliknya. Sobat bisa memilih satu saja atau juga dapat memilih keduanya. Jika ingin membeli satu paket saja kemudian lain hari ingin membeli paket lain juga bisa karena pembayaran ini terpisah jadi tidak harus langsung membeli dua paket.

Jika ingin mengetahui apakah akun masih aktif atau tidak dapat dilihat dengan 2 cara. Pertama silakan cek saja ada tidak tulisan read all?. Jika ada itu artinya akun Expired. Jika sudah membayar dan ingin melihat masa aktif pembayaran silakan cek dengan melihat pada Menu pilih Help kemudian klik saja menu Payments.

Setelah itu akan muncul dua link pembayaran. Silakan klik saja salah satu atau pilih sesuai dengan paket yang sudah Sobat bayarkan. Contoh jika sudah berlangganan paket Message Service maka silakan link pada menu tersebut. Maka akan ada tulisan Status = Valid to... Pengaturan menggunakan sistem  bulan, tanggal dan tahun (Month, Day, Year).


Proses pembayaran saat ini hanya tersedia dengan Kartu Kredit dan PayPal. Kedua cara ini juga sudah saya bahas sangat detail. Kesimpulannnya sebaiknya menggunakan PayPal karena jika menggunakan kartu kredit maka setiap bulan akan otomatis terpotong sesuai dengan langganan yang sudah dipilih sebelumnya.

Proses penghentian pembayaran otomatis setiap bulan ini juga cukup sulit karena harus meminta kepada pihak SmartphoneLogs untuk melakukan penghentian secara manual. Berbeda dengan PayPal dapat dilakukan secara otomatis dengan melakukan pengaturan di akun PayPal.

Bagi customer yang menggunakan jasa saya dalam membayarkan paket Smartphonelogs dengan memberikan user name dan password, biasanya sering menanyakan bagaimana cara mengganti password. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.


Klik pada Menu (nomor 1) silakan pilih menu Account (nomor 2). Lanjutkan dengan menekan menu Change password (nomor 3). Untuk mengganti password pastikan Sobat sudah dalam posisi login atau masuk ke dalam akun SmartphoneLogs. Proses pergantian password ini tidak harus di lakukan di ponsel target cukup dari HP Sobat.

Demikian penjelasana dari aplikasi Penyadapan terutama SmartphoneLogs. Jika ada pertanyaan lain yang tidak terangkum dalam artikel ini silakan sampaikan dalam kolom komentar. Selamat mencoba.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like