Cara Menyembunyikan Aplikasi Pada Ponsel Android Lenovo

Sunday, December 25, 2016
Yaris Heykers
Menyembunyikan aplikasi termasuk salah satu kebutuhan khusus yang diinginkan oleh penggunan Android agar privasi nya tetap terjaga. Karena itu bebebrapa perusahaan pembuat ponsel juga sudah menyediakan fitur ini untuk memanjakan penggunanya. 

Beberapa tipe ponsel Android meskipun masih dalam satu merek terkadang tidak memiliki fitur untuk menyembunyikan aplikasi. Fitur bawaan ini hanya dapat dimiliki oleh tipe tertentu. Sebagai contoh adalah ponsel Android tipe Samsung dimana untuk Samsung Galaxy Tab 3.8.0 tidak memiliki fitur hide atau menyembunyikan aplikasi seperti halnya Samsung Galaxy Ace 3 dimana ada fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi.

Lenovo sebagai salah satu merek ponsel dengan nama yang cukup di kenal di Indonesia juga menyediakan fitur standar untuk menyembunyikan aplikasi bawaan. Fitur bawaan lebih memudahkan karena salah satu alasannya adalah tidak lagi perlu mengisntal aplikasi hide. 


Bagi penggunan ponsel Android merek Lenova yang ingin menyembunyikan aplikasi bawaan silakan lihat pada gambar di atas. Bagi yang tidak dapat melihat gambar Saya akan menjelaskan lebih detail caranya dengan tahapan sebagai berikut. 
  1. Pada saat ponsel standby silakan buka Menu pada ponsel Lenovo dengan menekan pada gambar logo titik yang berjumlah 9.
  2. Jika sudah silakan tekan pada Menu sebelah kiri menu Home sehingga akan muncul beberapa menu yang sudah ada pada tampilan layar Lenovo.
  3. Selanjutnya akan muncul menu yang bertuliskan Sembunyikan Aplikasi. Klik pada menu tersebut.
  4. Pilih aplikasi apa yang akan di sembunyikan silakan beri tanda centang 
  5. Silakan klik pada menu Oke. Aplikasi sudah berhasil di sembunyikan

Untuk mengembalikan aplikasi yang sudah tersembunyi silakan lakukan kembali dari tahapan 1-4 kemudian hilangkan tanda centang (pada opsi ke-4) kemudian tekan Oke maka aplikasi akan kembali ke menu Home

Apakah semua jenis ponsel Lenovo memiliki opsi menyembunyikan aplikasi bawaan? Saya sendiri tidak mengetahui. Cara termudahnya adalah dengan melakukan tahapan seperti pada langkah diatas, jika ada menu menyembunyikan aplikasi artinya ada atau bisa. 

Demikian tutorial cara menyembunyikan aplikasi tanpa harus menginstal aplikasi terlebih dahulu pada ponsel Android jenis Lenovo. Jika ada pertanyaan silakan sampaikan dalam komentar. Selamat mencoba.


All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like