Tips Dalam Membeli Hosting

Friday, December 16, 2016
Yaris Heykers
Karena kebetulan ini adalah artikel pertama yang membahas soal Hosting maka saya akan sedikit menjelaskan apa itu Hosting. Hanya sekedar informasi karena sifat dari blog saya ini adalah gado-gado jadi bila kebetulan pembaca blog ini adalah orang awam akan sedikit lebih mengerti. 

Hosting sama halnya dengan Hardisk dalam PC atau Komputer. Dari sisi fungsi juga sama yaitu untuk menyimpan semua data utamanya dalam sebuah situs atau website atau blog. Bedanya dengan hardisk untuk hosting sifatnya adalah online jadi harddisk dalam bentuk maya. Sifat fisiknya tetap ada namun bagi customer atau pemakai harddisk ini tidak ada bentuk fisik hanya dalam bentuk situs atau dalam bentuk file saja (biasanya Zip) jika di download data basenya.


Hosting pada dasarnya ada 2 jenis yaitu yang berbayar dan yang gratis. Hosting gratis salah satu contohnya adalah yang dimiliki oleh Blogger, sifatnya tidak terbatas. Untuk yang akan kita bahas kali ini adalah hosting berbayar dimana satuan dalam membeli dalam bentuk MB atau GB. Semakin tinggi satuan atau besar kapasitas penyimpanan akan semakin mahal harganya.

Membeli hosting pada dasarnya dapat dilakukan dimana saja artinya dapat membeli di jasa penyedia hosting baik dalam maupun luar negeri. Apakah ada bedanya antara dalam dan luar negeri? jawabannya pasti ada dan hal ini yang akan menjadi pokok bahasan artikel ini.

Pada umumnya seorang blogger pemula tidak terlalu memperhatikan hosting yang dibeli itu dari jasa penyedia hosting mana? umumnya mereka hanya cari yang murah karena sifatnya adalah uji coba. Hal ini juga yang pertama kali saya alami saat pertama kali membeli hosting. Pada waktu itu saya memilih membeli hosting dari luar negeri lewat promo Black Friday. Seperti diketahui jika membeli di waktu Black Friday banyak diskon yang di tawarkan. Saya lupa berapa persis harganya tapi yang ingin saya tekankan adalah saat trafik blog saya sedang tinggi tiba-tiba website Saya mati dan masalahnya adalah di Hosting. Perusahaan penyedian hosting tersebut Bangkrut, apesnya lagi perusahaan itu ada diluar negeri jadi tidak bisa komplain dan tidak ada pertanggung-jawaban sama sekali.

Setelah sekian lama berkecimpung di dunia website sedikit demi sedikit pengalaman saya bertambah dan tahu mana Hosting yang baik dan hosting yang biasa saja. Pada umumnya Hosting yang direkomendasikan oleh para blogger adalah hosting dari luar negeri. Beberapa perusahaan yang sudah memiliki nama ini adalah GoDaddy, HawkHost, HostGator. 3 perusahaan ini sudah terbukti adalah perusahaan penyedia hosting yang tidak bermasalah. Saya sendiri adalah pengguna HawkHost. Hal terpenting lainnya adalah customer service mereka cepat tanggap. Untuk melihat harga dan fitur yang ditawarkan oleh Hawkhost silakan kunjungi situs resminya di www.hawkhost.com.

Kekurangan dalam membeli Hosting luar negeri adalah kendala bahas jika suatu ketika ada masalah pada Hosting. Mau tidak mau Kita harus menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Berbeda jika membeli hosting dari dalam negeri jika ada masalah kita bisa menceritakan dengan detail tanpa ada kendala bahasa. 

Jika dilihat dari sisi harga Hosting dari luar negeri lebih murah dari hosting dalam negeri. Pada awal pembelian biasanya ada diskon mencapai 40%. Diskon ini biasanya dikenal dengan First Payment Discount, untuk mendapatkan diskon ini memang harus mencari terlebih dahulu kode kupon yang diberikan.

Dibawah ini adalah salah satu testimoni customer yang menggunakan jasa kami dalam pembelian hosting di HawkHost dimana dalam pembelian ini mendapatkan diskon sebesar 40% dari total yang harus dibayarkan adalah $47.88 menjadi $28.73.


Kekurangan lainnya dalam membeli hosting diluar negeri adalah kendala pembayaran. Sistem pembayaran yang digunakan oleh perusahaan penyedia jasa hosting ini tidak support dengan bank lokal Indonesia (debet) hanya dapat menggunakan Kartu Kredit. Atau juga dapat menggunakan sistem pembayaran lainnya yaitu PayPal dan sistem pembayaran internasional lainnya. 

Saya pribadi sangat menganjurkan untuk menggunakan hosting dari luar negeri karena memang terbukti sudah memiliki nama. Jika mengalami kendala dalam pembelian (tidak memiliki kartu kredit atau PayPal dll) dan tidak dapat menggunakan diskon Kami siap membantu dalam hal pembayaran. Jika Sobat kebetulan tertarik ingin membeli hosting dari luar negeri silakan kontak Kami di menu Contact kami siap membatu dalam hal pembelian atau hanya sekedar konsultasi seputar hosting. Jika mengalami masalah pada website dikarenakan masalah hosting Kami siap membantu atau menyampaikan langsung ke pihak penyedia hosting. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like