Nokia 6 Ponsel Android Pertama Dari Nokia

Monday, January 23, 2017
Yaris Heykers
Generasi 90-an pastinya sudah sangat akrab dengan ponsel dengan merek Nokia, Siemen, Sony Ericsson dan Motorola. Nokia sebagai salah satu produsen ponsel asal Finlandia merajai penjualan ponsel mengalahkan merek lainnya. Perlahan pamor Nokia dan merek lainnya mulai tergusur sejak kehadiran ponsel pintar berbasis Android dan iPhone. 

Pada tahun 2013 Nokia di beli oleh Microsoft dengan nilai akuisisi mencapai 7,2 miliar dollar AS. Sejak saat itu Nokia mulai masuk ke dalam ponsel pintar dengan basis Windos Phone. Kembalinya Nokia masuk ke pasar ponsel pintar ini tidak seperti harapan karena itu Nokia mencoba menggunakan ponsel dengan basis 'setengah' Android. Nokia tidak sepenuhnya menggunakan platfrom Android. Percobaan ini tetap gagal hingga akhirnya divisi Nokia ini diambil alih oleh HMD Global- perusahaan yang bermarkas di Finlandia tempat lahirnya Nokia.


Bekerjasama dengan FIH Mobile yang berbasis di China, Nokia kembali memproduksi Smartphone pertama berbasis Android yaitu Nokia 6 yang di luncurkan pada bulan Januari 2017 secara online melalui situs JD. Kembalinya si raja ponsel ini sepertinya sudah mulai terbukti dengan suksesnya Nokia 6 yang berhasil menembus angka penjualan sebanyak 1 juta unit.

Melihat spesifikasi dari Nokia 6 memang sangat menjanjikan. Platfrom Android yang digunakan adalah versi terbaru atau Android 7.0 dengan dukungan memori internal 64 MB dan RAM sebesar 4 GB. 

Nokia 6 memiliki fitur fingerprint yang terdapat pada menu Home dengan keunggulan untuk mempermudah membuka kunci ponsel. Fitur yang tidak kalah menariknya adalah baterai dengan kapasitas 3000 mAh dengan fitur fast charging. Dengan spesifikasi yang mumpuni ini Nokia 6 dijual dengan harga 1.699 Yuan atau sekitar Rp. 3,2 juta. 

Berikut ini spesifikasi lengkap dari Nokia 6.
JARINGAN Teknologi GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
BODI Dimensi 154 x 75.8 x 8.4 mm (6.06 x 2.98 x 0.33 in)
Berat 169 g (5.96 oz)
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
DISPLAY Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.5 inches (~70.7% screen-to-body ratio)
Resolusi 1080 x 1920 pixels (~403 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Proteksi Corning Gorilla Glass 3
PLATFORM OS Android OS, v7.0 (Nougat)
Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
CPU Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 505
MEMORY Card slot microSD, up to 256 GB
Internal 64 GB, 4 GB RAM
CAMERA Depan Primary 16 MP, f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Fitur 1.0 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video 1080p@30fps
Belakang 8 MP, f/2.0, 1.12 µm pixel size, 1080p

Nokia sengaja merambah negara berkembang seperti Indonesia, India, Rusia dimana mereka sudah memiliki pengalaman panjang dalam memasarkan ponsel Nokia. Berbekal pengalaman ini Nokia opstimis bisa mengambil alih kembali pelanggan untuk beralih ke Nokia.

Penjualan Nokia 6 di China saat ini sudah di tutup untuk sementara. Pertanyaan banyak orang di Indonesia atau di negara lain adalah kapan di jual secara resmi. Belum ada kabar resmi dari Nokia namun menurut disebuah blog, Nokia 6 akan sampai ke Indonesia sekitar bulan Maret atau April 2017 dengan harga tidak jauh berbeda dengan China dengan range harga antara 3 juta sampai 4 juta. Situs resmi JD Indonesia kemungkinan besar juga akan menjual pertama dalam bentuk online. Kita tunggu saja.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like