MNCPlay VS IndiHome. Mana yang Lebih Unggul?

Monday, February 18, 2019
Yaris Heykers
Speedy atau yang sekarang berganti nama menjadi IndiHome adalah layanan internet kabel pertama kali yang Saya gunakan. Speedy masih menggunakan kabel tembaga belum menggunakan fiber optik. Untuk urusan kecepatan dapat di katakan sangat minim karena memang layanan yang tersedia juga sangat minim tidak seperti IndiHome.

Layanan internet kabel waktu itu memang tidak banyak pilihan seperti sekarang atau bisa dikatakan Indihome mendominasi untuk urusan ini. Namun saat ini berbagai layanan internet kabel sudah banyak sebut saja MNCPlay Media, Myrepublik, First media, Biznet, dan lainnya.


Pilihan untuk menggunakan layanan internet kabel sebetulnya sangat tergantung dari lokasi tempat tinggal. Tidak semua daerah bisa di backup layanan internet kabel. Hal ini disebabkan karena jaringan penuh atau bisa juga karena belum tersedia jaringan di daerah tersebut.


Dikarenakan jaringan Indihome di tempat tinggal saya penuh, satu-satunya pilihan yang tersedia waktu itu dan sampai saat ini adalah menggunakan MNCPlay. Jadi saya memutuskan untuk pindah dari Speedy ke MNCPlay. Setelah lebih dari 4 tahun menggunakan MNCPlay - di karena buruknya layanan perbaikan - saya memutuskan pindah dari MNCPlay ke IndiHome. Dari sini ada beberapa pengalaman yang akan Saya share untuk pertimbangan pembaca blog ini dalam menentukan pilihan provider layanan internet kabel mana yang cocok.

MNCPlay Media.
Jenis paket yang saya gunakan adalah 10 Mbps dengan TV kabel. Harga normal jika tidak salah adalah 400rb an lebih. Dengan promo waktu itu adalah 200rban lebih dengan channel sport selama 3 bulan pemakaian. Setelah satu tahun masa promo habis saya ganti dari paket internet dan TV kabel menjadi paket internet saja hingga saat ini dengan harga Rp. 285.000/bulan.

Hampir semua layanan internet kabel optik menggunakan perbandingan antara upload dan download yang berbeda. Biasanya untuk upload relatif lebih kecil kecepatannya dari pada download. Namun untuk MNCPlay Media perbandingannya relatif lebih bagus. Artinya kecepatan upload juga lebih baik. Dalam hal ini MNCPlay Media lebih bagus dari pada IndiHome.

Jika Sobat ingin mencoba menjadi Youtuber sebaiknya memilih MNCPlay Media karena urusan upload video lebih cepat dari pada IndiHome. Perbandingan kecepatan upload untuk 10 Mbps mencapai 5-8 Mbps sedangkan Indihome maksimal hanya 1 Mbps saja. 

Gangguan pada penggunaan sebetulnya hal yang sangat wajar terjadi. Beberapa permasalahan yang pernah saya alami adalah kabel putus. Namun untuk layanan perbaikan MNCPlay Media relatif buruk. Pengalaman ini juga di alami tetangga rumah saya yang kebetulan juga menggunakan MNCplay dimana layanan perbaikan ini sampai harus nunggu 1 minggu untuk di perbaiki.

Karena pekerjaan saya berhubungan dengan online / marketing online lebih tepatnya adalah jasa pembayaran online hal ini jelas sangat mengganggu. Jika Sobat adalah pebisnis yang menggunakan media website atau marketing online sebaiknya memang di sarankan menggunakan provider lain.

IndiHome
Jenis paket Indihome yang saya pilih sama seperti MNCPlay Media yaitu kecepatan 10 Mbps atau paket internet dan telepon gratis ke sesama. Harga yang saya pilih ini tanpa promo yaitu sebesar Rp. 285.000 + PPN 10% atau sekitar Rp. 313.000 / bulan.

Harga di atas adalah harga belum promo jika promo bisa mendapatkan harga yang lebih murah berkisar antara Rp.215.000 + ppn 10% perbulan.

Untuk urusan upload Indihome kalah jauh dengan MNCPlay Media. Sebagai perbandingan adalah video dengan ukuran 718 Mb saat di upload ke Youtube dengan MNCPlay Media butuh waktu sekitar 45 menit sedangkan menggunakan Indihome butuh waktu 1.5 jam. Untuk Youtuber sangat tidak cocok kecuali dengan opsi menambah kecepatan dan pastinya harga akan lebih mahal.

Indihome seperti diketahui adalah perusahaan milik negara (BUMN). Sehingga dalam urusan website yang mengandung konten dewasa lebih ketat. Beberapa website dimana saya biasanya membayarkan untuk layanan premium member atau top up akun tidak bisa di akses sedangkan menggunakan MNCPlay Media masih bisa diakses.

Layanan perbaikan dari Indihome relatif lebih baik bila dibandingkan dengan MNCPlay Media. Layanan ini juga mencakup layanan pengaduan di sosial media seperti di Twitter, Facebook sehingga tidak perlu menggunakan layanan aduan telepon jadi lebih irit pulsa.

Salah satu penyebab utama kenapa layanan gangguan  MNCPlay Media buruk adalah jumlah SDM yang di miliki oleh MNCPlay Media lebih sedikit dan untuk kerusakan tertentu sepertinya banyak yang tidak paham atau harus mendatangkan alat sehingga proses lama.

Sebagai contoh adalah gangguan yang saya alami sehingga Saya berganti ke layanan Indihome adalah seluruh jaringan di tempat tinggal saya mati artinya di sini adalah ada 7 pengguna lainnya yang mengalami hal yang sama dan proses perbaikannya lebih dari 2 hari tidak selesai. Dari pengalaman tetangga yang juga mengalami hal yang sama / proses perbaikan lama sehingga Saya memutuskan pindah dari MNCPlay ke IndiHome.

Indihome sering muncul tagihan baru dimana tagihan ini tidak dikonfirmasi terlebih dahulu ke pelanggana salah satunya adalah paket tambahan Lemon Gold. Tidak hanya sebatas itu untuk upgrade kecepatan juga tidak dikonfirmasikan telebih dahulu setelah dinaikkan sepihak oleh Indihome baru di beritahu ke pelanggan. Berbagai keluhan ini sudah sering dialami dan sepertinya tidak ada tangganpan dari pihak Indihome. 

Kesimpulan
Setelah mencoba 1 bulan berlangganan IndiHome, saya memutuskan untuk menggunakan MNCPlay Media karena pertimbangan kecepatan upload video ke Youtube lebih unggul dari pada Indihome. Pertimbangan lainnya adalah beberapa situs tidak bisa di akses padahal situs tersebut tempat saya biasa melakukan pembayaran dari customer.

All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like