Cara Registrasi kartu Prakerja sampai Pencairan Uang

Tuesday, September 1, 2020
Yaris Heykers

Artikel ini dapat dikatakan telat karena pada saat ditulis kartu prakerja sudah masuk ke gelombang 6. Saya sendiri baru mendapatkan alias di setujui mendapatkan kartu prakerja pada gelombang ke 6 ini setelah sebelumnya mencoba selalu gagal. Untuk Sobat yang ingin mendaftar kartu prakerja semoga artikel ini bisa membantu.


Kartu prakerja adalah salah satu program bantuan dari pemerintah akibat dampak covid 19. Kartu ini sebetulnya memang program dari pemerintah atau presiden Joko Widodo yang diperkenalkan pada masa kampanye capres, dikarenakan ada covid kartu ini diluncurkan lebih awal.


Pada intinya prakerja adalah program pelatihan bagi siapa saja warga negara Indonesia dengan syarat tertentu atau lebih tepatnya diseleksi dengan data yang digunakan adalah KTP dan KK. Sebelum mendaftar kartu prakerja pastikan data KTP dan KK sudah tercatat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) karena pendaftaran menggunakan sistem data online. Cara mudah untuk mengetahui apakah KTP dan KK sudah masuk ke Dukcapil dengan membuka website Dukcapil sesuai dengan daerah masing-masing lalu masukkan nomor KTP, jika sudah tercatat maka akan ada keterangan nama kita tercantum diwebsite tersebut. 


Jika nama kita tidak tercantum segera hubungi Dukcapil terdekat atau datang ke kantor kecamatan sesuai dengan domisili untuk segera update data. Permasalahan ini biasanya jika merubah data seperti KK atau baru saja membuat KK baru. 


Pendaftaran dan Pelatihan.

Proses pendaftaran dilakukan secara online malului website https://www.prakerja.go.id. Silakan masukkan email dan buat password. Jika sudah silakan cek email untuk melakukan proses pendaftaran berikutnya dengan menjawab beberapa pertanyaan yang sudah tersedia (kurang lebih 12 pertanyaan). Setelah proses pengisian data selesai dan kuota masih tersedia silakan ditunggu dalam 4 - 7 hari. Saat kartu prakerja diterima maka tampilanya seperti gambar dibawah ini. 



Sampai tahap ini kita masih harus menunggu untuk mendapatkan kartu prakerja. Pada gambar diatas ada keterangan Dalam Proses.... Selama menunggu kita tidak dapat melakukan apa-apa kecuali menghubungkan ke bank atau alat pembayaran untuk pencairan insentif kartu pra kerja. Sesuai dengan pengalaman saya kartu ini didapatkan dalam waktu 2 hari. 



Setelah kartu prakerja sudah muncul seperti pada gambar diatas saatnya kita lakukan proses pelatihan dimana ada banyak pelatihan bisa dipilih. Saya memilih mitra pelatihan Kemenaker. Secara otomatis didalam kartu prakerja saya sudah ada dana sebesar Rp. 1.000.000 dimana dana ini saya gunakan untuk pelatihan di techfor.id sebesar Rp. 500.000 dan masih ada sisa sebesar Rp. 500.000. 


Sebelum mendapatkan pelatihan silakan lakukan proses registrasi di situs kemenaker. Silakan klik link berikut ini : https://pelatihan.kemnaker.go.id. Jadi memang sedikit ribet, setiap tahapan harus melakukan registrasi lagi. Fungsi dari registrasi untuk mendapatkan kupon pelatihan dimana kupon ini nanti digunakan untuk biaya pelatihan di platform yang disediakan oleh kemenaker. Proses ini akan sama disemua platfrom / mitra pelatihan baik itu tokopedia, bukalapak, pijar, dan lainnya. 


Sebelum memulai pelatihan di lembaga techfor.id kita diawajibkan untuk melakukan proses registrasi terlebih dahulu di situs techfor.id. Silakan klik link ini https://kampus.techfor.id. Setelah proses registrasi kita wajib menghubungi customer service techfor.id melalui chat dan berikan bukti pemebelian kupon (screnshoot) yang di dapat dari situs https://pelatihan.kemnaker.go.id. 


Saya coba mengambil 2 pelatihan yang pertama adalah 'Membuat Presentasi yang baik degan Microsoft PowerPoitEessential' dan yang kedua adalah 'Pengenalan Komputer, Internet, Email & Microsoft Word' . Total ada 18 video tutorial masing-masing video berdurasi lebih dari 10 menit untuk pelatihan pertama dan untuk pelatihan kedua video agak pendek disertai quis atau pertanyaan di tengah-tengah video. Total keseluruhan utuk pelatihan kedua ada 25 video dan 17 quis.


Tahapan pelatihan dibagi kedalam 4 sesi yaitu Belajar dan Quiz, Webinar, Tulis Bintang dan Review dan Download Sertifikat. Dengan menonton video sudah masuk ke tahap ke dua yaitu webinar tinggal menyelesaikan seluruh tahapan video sampai selesai kemudian beri review dan bintang dan download sertifikat. 



Pastika semua video sudah ditonton untuk mendapatkan sertifikas agar insentif bisa cair. Jadi pada intinya prakerja ini adalah peserta mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk membeli kuota internet (menonton video pelatihan) dimana uang tersebut akan diganti dalam bentuk intensif sebesar Rp. 2.400.000 yang masing-masing besarannya Rp 600.000 ribu per bulan. Syarat wajib yang juga perlu di penuhi adalah mengikuti minimum 1x sesi webinar dengan jadwal yang sudah di tentukan mulai jam 09.00 - 12.00 WIB. Untuk bisa mengikuti sesi webinar wajib mendownload aplikasi zoom bisa di smartphone atau bisa juga di PC.


Sesuai dengan pengalaman Saya untuk webinar menggunakan aplikasi zoom sifatnya hanya formalitas saja kerana setiap akan menghubungkan ke server jawabannya selalu di tolak / This meeting has been locked by the host. Namun demikian karena sifatnya wajib maka proses ini juga harus di lakukan. Pastikan akun email zoom dibuat juga menggunakan akun yang sama dengan akun prakerja. 




Pencairan Insentif Prakerja

Beberapa pertanyaan yang umumnya di keluhkan pengguna prakerja adalah sertitikat pelatihan tidak muncul setelah semua proses pelatihan diikuti. Tanpa sertifikat maka otomatis dana insentif juga tidak akan cair. Beberapa hal penting selain sertifikat adalah bintang dan review, baik itu di mitra pelatihan (https://pelatihan.kemnaker.go.id/prakerja) maupun lembaga pelatihan (https://kampus.techfor.id/). 


Pada umumnya yang tidak dipahami adalah perlunya memberikan ranting dan review di 2 tempat tersebut. Jika hanya satu maka otomatis gagal. Setelah semua pelatihan selesai segera berikan review dan bintang. Kendala yang umumnya menyebabkan proses ini gagal adalah website tidak bisa di akses atau saat akses selalu errror. Pengalaman ini juga Saya alami sendiri dimana untuk review di kemenaker selalu gagal dan baru bisa melakukan review setelah 1x24 setelah selesai melakukan pelatihan.


Pastikan juga melakukan webinar menggunakan aplikasi zoom. Meskipun sifatnya formalitas seperti pada kasus saya, akan tetapi ini sifatnya wajib jadi harus dilakukan. Untuk beberapa mitra pelatihan / lembaga pelatihan lain mungkin zoom tidak formalitas. 


Sertifikat akan di dapatkan setelah 2 hari melakukan pelatihan dan memberikan bintang dan review serta mengikuti webinar zoom. Jika semua proses tahapan selesai maka di dasbord kartu prakerja akan ada tulisan Selesai, jika masih ada tahapan yang belum selesai akan muncul tulisan Aktif. Pastikan harus muncul tulisan Selesai jika ingin uang insentif dicairkan. 




Selesai melakukan satu kali pelatihan insentif sudah muncul dengan jumlah nominal sebesar Rp. Rp.2.400.000 dengan rincian insentif akan di bayarkan setiap bulan sebesar Rp. 600.000. Untuk uang pelatihan sebesar Rp. 1.000.000 tidak dapat dicairkan. Untuk melihat uang insentif silakan klik pada menu Insentif di situs https://dashboard.prakerja.go.id.


Selain insentif juga mendapatkan total Rp. 150.000 uang survey sebanyak 3 kali survey. Setiap selesai survey uang insentif juga akan muncul di dasboard prakerja. Proses uang masuk sehari setelah selesai menyelesaikan survey. Gambar dibawah ini adalah contoh pencarian sukses insentif prakerja untuk bulan pertama dan insentif sebesar Rp. 50.000 untuk satu kali survey. 




Video sejenis jika dilihat di youtube sudah sangat banyak, secara keseluruhan video ini cukup bagus tapi tidak terlalu bagus-bagus amat untuk video berbayar. Pelatihan pra kerja ini membutuhkan kesabaran karena durasi menonton video cukup panjang (tidak bisa dipercepat) dan mungkin akan monoton terutama bagi Sobat yang mengambil teman pelatihan yang sudah di pahami sebelumnya. Panjang dan pendeknya durasi video tergantung dari harga, semakin murah maka durasi video semaki pendek. 


Kartu prakerja masih dimungkinkan untuk dibuka sampai bulan Desember 2020 (sisa 4 gelombang) atau menyesuaikan jumlah kuota yaitu sebesar 5,6 juta peserta program. Setiap gelombang dibuka sejumlah 800.000 peserta. Jika gagal melakukan registrasi gelombang 7 bisa mengikuti gelombang berikutnya. Jika masih bingung silakan lihat pada video di bawah ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 


All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like