Tips Memilih Koneksi Internet / WiFi Kabel

Thursday, August 13, 2020
Yaris Heykers

Ada banyak orang tidak terlalu paham mengenai cara pemasangan koneksi internet kabel atau yang sering disebut dengan WiFi. Penyebutan ini sebetulnya salah karena WiFi sendiri adalah fitur atau fasilitas tidak hanya dapat digunakan di internet kabel tapi juga dapat digunakan di ponsel pintar. Meskipun salah karena sering digunakan maka istilah ini umum dipakai.  


Internet kabel di Indonesia saat ini dikuasai oleh Indihome, dahulu namanya adalah Speedy. Perubahan nama ini mengikuti perubahan pada jenis kabel yang dipakai dari kawat tembaga ke fiber optic. Indihome dapat dikatakan sebagai pemula dalam bisnis provider internet kabel di Indonesia di ikuti oleh perusahaan swasta lain seperti MNCPlay,  MyRepublic, First Media, Biznet Home.


Selain internet kabel juga ada layanan internet tanpa kabel. Apa sebetulnya kelebihan internet kabel dan non kabel / pemancar. Perbedaan umumnya adalah di kecepatan koneksi. Internet kabel jauh lebih stabil bila dibandingkan dengan non kabel karena non kabel sama seperti koneksi ponsel pada saat tertentu kadang sinyal hilang.


Pemasangan internet kabel tidak segampang memasang internet non kabel. Point pentingnya adalah tersedia apa tidaknya jaringan internet kabel di tempat yang akan di pasang, jika tersedia tidak serta merta juga dapat dipasang karena jaringan sudah penuh. Bagi Sobat yang ingin memasang koneksi internet kabel silakan simak penjelasan berikut ini.


Cek Ketersediaan Jaringan

Cara mudah melakukan pengecekan jaringan ini adalah dengan melihat ada apa tidak tiang kabel disekitar rumah. Dilingkungan perkotaan terutama di dekat kampus biasanya ada lebih dari 3 jaringan, sebagai contoh didaerah tempat tinggal saya ada 3 jaringan seperti MNCPlay,  MyRepublic dan Indihome. Tiang dengan warna hitam seperti gambar dibawah cara mudah melihat ketersediaan jaringan internet kabel.



Daerah pedesaan umumnya hanya ada satu tiang saja biasanya di miliki oleh Indihome. Mau tidak mau kita harus memilih Indihome karena inilah satu-satunya yang tersedia.


Jika ada lebih dari 1 tiang kabel silakan cari informasi ke penyedia internet seperti MNCPlay, Myrepublic silakan di tanyakan apakah tersedia jaringan sesuai dengan alamat tempat tinggal. Informasi alamat harus jelas dan lengkap untuk mempermudah dalam pengecekan ketersediaan. 


Jika ada lebih dari satu provider selain Indihome silakan pilih provider lain. Sesuai dengan pengalaman saya pribadi layanan Indihome ini sangat buruk terutama dalam hal kenaikan harga dilakukan sepihak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu ke pelanggan. Jika diakumulasi penambahan layanan ini selama berlangganan mencapai Rp. 50.000. Meskipun perusahaan ini dimiliki oleh negara tapi herannya layana mereka bisa seburuk ini. 


Kebetulan saat ini saya juga menggunakan layanan dari MNCPlay dengan paket kecepatan 10 Mbps. Sejak pertama berlangganan sampai saat ini harga berlangganan tetap sama tidak ada kenaikan mapun biaya perbaikan layanan. Jika ingin menaikkan kecepatan atau berganti paket, pihak MNC melakukan konfirmasi terlebih dahulu tidak dinaikkan sepihak tanpan konfirmasi. 


MNCPlay juga memiliki kelebihan dari sisi kecepatan upload. Bagi yotuber seperti saya kecepatan upload lebih diutamakan. Dengan harga paket berlangganan 10 Mbps, kecepatan upload MNCPlay mencapai 6 Mbps sementara Indihome hanya mampu di kecepatan 1 Mbps. Dari sisi harga berlanggana MNCPlay sebesar Rp. 284.400/bulan sedangkan Indihome sebesar Rp. 336.033/bulan untuk paket kecepatan sama. 


Jika memang terpaksa harus menggunakan layanan Indihome pastikan setiap bulan dilakukan pengecekan harga karena sesuai dengan pengalaman akan ada penambahan layanan tanpa ada persetujuan dengan pelanggan. Jika merasa keberatan segera hubungi Indihome untuk dilakukan penormalan atau mengembalikan kepaket semula. Pada intinya berlangganan Indihome memang harus menyiapkan pulsa ekstra karena setiap saat akan digunakan untuk menghubungi Indihome.


All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like