Monetisasi Channel Layak Tapi tidak bisa di aktifkan

Friday, August 14, 2020
Yaris Heykers

Gambar dibawah ini salah satu contoh channel milik saya dimana pada menu Monetisasi ada tulisan Layak dan aktifkan. Namun pada saat diaktifkan tidak bisa dimonetisasi. Apakah aneh? tentu saja tidak dan kenapa bisa seperti ini. Penjelasan lengkapnya silakan simak artikel ini. 

Sebelum menjawab saya akan sedikit menceritakan proses awal menjadi Yotuber. Dan ceritan ini tentu saja ada hubungannya dengan jawaban pada pertanyaan diatas.

Menjadi youtuber sekitar 6 tahunan yang lalu memang sangat mudah tidak serumit sekarang dimana harus memenuhi persyaratan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Dengan aturan ini berdasarkan pengalaman saya minimal dibutuhkan waktu 6 bulan hingga bisa mendapatkan penghasilan. Ini saja tidak benar-benar memulai dari awal tapi meneruskan dari channel lama atau yang sudah ada dan sudah memiliki 400 subscriber.

Kenapa harus ada aturan diatas, jawabannya untuk menghindari berbagai kecurangan. Dulu youtuber reupload memiliki penghasilan fantastis dalam sebulan. Tanpa perlu 1000 subscriber cukup butuh viewer tinggi saja sudah memiliki banyak penghasilan. 

Channel yang saya sebutkan diatas adalah channel lama milik saya sebelum aturan monetisasi diberlakukan artinya dari channel diatas sudah bisa mendapatkan penghasilan. Setelah atuan baru ditetapkan maka secara otomatis statusnya masih Layak dan aktifkan. Untuk mengetahui status channel seperti pada gambar diatas silakan klik link ini https://www.youtube.com/features.

Sementara jika kita masuk ke youtube studio pada menu monetisasi atau bergambar dollar maka status channel Saya terlihat jelas seperti pada gambar dibawah ini.
Hanya ada 388 subscriber dan 1.211 jam tayang. Artinya tidak memenuhi persyaratan untuk di monetisasi. Seperti pada penjelasan gambar diatas diperlukan 1000 subscriber dan 4000 jam waktu tonton publik. Perlu di ketahui jam tayang atau jam waktu tonton publik ini berlaku hanya selama 1 tahun saja artinya jika dalam satu tahun tidak bisa memenuhi 4000 jam maka jam waktu tonton publik akan kembali ke awal atau 0 jam.

Jadi kesimpulannya adalah meskipun status channel kita layak dan bisa dimonetisasi tapi tidak dapat di monetisasi itu artinya adalah channel lama dimana dulu sempat dilakukan monetisasi sebelum ada kebijakan baru. Bisa saja hal ini terjadi karena channel melanggar aturan sehingga di dismonetisasi. 

All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like