Cara Menyadap SMS, WA, BBM, Telephone Pada Ponsel

Sunday, May 29, 2016
Yaris Heykers
Tutorial ini Saya buat berawal dari keluhan dari teman yang merasa semua percakapan di chat baik itu SMS, BBM, WhatsApp bahkan telepon di ketahui semua oleh mantan pacaranya. Intinya Ponsel yang dimiliki oleh teman Saya ini sudah disadap oleh mantan pacarnya. Untungnya penyadapan ini tidak di lakukan untuk tindakan kejahatan, bisa dikatakan sebatas iseng saja.

Sebelum saya memulai tutorial cara menyadap percakapan apa saja di ponsel ada baiknya tutorial ini tidak di gunakan untuk tindakan kejahatan. Penyadapan adalah tindakan kriminal yang dapat di kenakan sanksi pidana. Jika Sobat ingin menyadap ponsel teman, pacar, istri atau Suami sebaiknya memang hanya untuk keperluan mendesak saja. Mengetahui seberapa setia pasangan Sobat, memonitor penggunaan ponsel untuk anak atau keperluan lainnya. 
Meskipun judul artikel ini percakapan yang dapat disadap hanya pesan SMS, WhatsApp, BBM, dan percakapan telepon saja namun pada intinya hampir semua percakapan dapat disadap termasuk email, Facebook, Facebook Messenger, Viber, Line, KakaoTalk, WeChat, Skype messages, Gmail emails dan lainnya. Semua percakapan suara, pesan gambar, pesan teks juga dapat disadap. Fitur terbaru adalah Monitor internet use: Browser bookmark and history atau melihat histori akses situs apa saja yang dibuka oleh pengguna ponsel tersebut.


Penyadapan ini tidak hanya berlaku untuk ponsel tipe Android namun juga dapat digunakan untuk tipe ponsel iPhone, iPad, Windows Phone  (update : aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk Android dan BB10). Pada tutorial ini Saya akan menggunakan ponsel Android, untuk ponsel tipe lainnya sama saja caranya. Oke mari kita mulai saja tutorialnya.

Instal Aplikasi di Smartphone.
Untuk menyadap ponsel dibutuhkan aplikasi pendukung yaitu SmartphoneLogs, aplikasi ini tidak tersedia di Play Store jika Sobat pengguna Android. download langsung dengan mengunjungi situsnya yaitu https://smartphonelogs.com. Instal aplikasi ini di ponsel yang ingin Sobat Sadap. Ukuran file hanya sebesar 1,43 MB, nama file yaitu app.apk. Jika mengalami kesulitan saat download silakan baca penjelasan lengkapnya disini

Setelah di download silakan Sobat instal, karena di download diluar Play Store maka cara instal juga berbeda. Pada saat aplikasi di buka Sobat akan di arahkan ke pengaturan Aplikasi Terblokir, silakan beri centang pada bagian Sumber tidak diketahui (unknown sources). Lebih detailnya silakan Sobat baca di artikel Cara Download File Aplikasi Langsung Dari Ponsel Android

Pada saat akan menginstal aplikasi ini akan berubah nama menjadi Phone Settings. Kenapa nama aplikasi berubah? tentu saja agar pemilik ponsel tidak curiga bahwa ponsel sedang disadap. Proses pada saat instal aplikasi SmartphoneLogs tampilan seperti pada gambar dibawah ini. 


Isikan pada kolom Username, Password dan email. Tujuannya adalah untuk memantau semua percakapan di ponsel yang sudah di sadap. User name dan password harus berbeda dengan yang sudah ada, jika pada saat membuat user name dan password sudah di miliki oleh orang maka pada saat menekan tombol Active notification backup akan gagal dengan keterangan username atau password sudah digunakan. 

Jika sudah selesai silakan tekan menu Save and Hide this app, dengan menekan menu tersebut aplikasi tidak akan muncul di ponsel, aplikasi ini hanya akan ada di sistem ponsel dengan nama Phone Settings, sekali lagi tujuannya adalah agar pemilik ponsel yang di sadap tidak curiga. Sampai di sini tahap pengaturan di ponsel yang disadap selesai. Lihat pada gambar di bawah ini untuk detail aplikasi yang di maksud.


Jadi untuk mengetahui apakah ponsel sudah dipasang aplikasi penyadap SmartphoneLogs silakan Sobat masuk ke pengaturan ponsel, buka menu Manajer aplikasi kemudian cari aplikasi bernama Phone Settings seperti pada gambar di atas. Silakan klik saja aplikasi tersebut dan pilih Hapus jika ingin menghapus. Jika sudah terhapus secara otomatis semua proses penyadapan juga tidak akan bekerja.

Jika Sobat membutuhkan aplikasi sadap sebaiknya pahami kebutuhan sadap yang ingin digunakan. Apakah hanya butuh merekam percakapan telpon saja, butuh percakapan WhatsApp saja, atau lainnya. Untuk lebih memahami aplikasi sadap (Rekomendasi alternatif Aplikasi Sadap) lainnya silakan klik /baca di link ini = Butuh Aplikasi Sadap Terbaik. Ini Pilihannya.


Melihat Hasil Penyadapan.
Untuk melihat semua percakapan di ponsel yang sudah di sadap silakan sobat masuk ke situs https://smartphonelogs.com bisa menggunakan ponsel atau PC milik Sobat sendiri tidak perlu menggunakan ponsel target. Pada pojok kanan atas ada menu Login, silakan sobat masukkan user name dan password yang sudah sobat buat sebelumnya pada ponsel yang di sadap. Lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini. Jika lupa silakan recovery password dengan memasukkan Email pada saat registrasi. 


Semua percakapan pesan yang masuk baik itu dari SMS, Whatsapp, BBM, SMS dan lainnya sudah tersedia. Untuk percakapan tertentu mungkin butuh waktu untuk dapat di back up, silakan reload kembali untuk melihat pesan yang sudah masuk. Untuk melihat hasil penyadapan silakan pilih pada menu Text & Call Logs, Locaton, Photo Notification Browser. Penting untuk diketahui untuk pesan yang dapat dibaca adalah pesan masuk saja untuk pesan yang dikirim tidak dapat di baca.

Setelah menginstal aplikasi Sadap silakan lakukan pengaturan berikut ini agar aplikasi tidak terdeteksi sebagai virus oleh Android. Silakan buka Setelan Google. Pada menu Layanan silakan pilih menu Keamanan. Pada menu Verifikasi Aplikasi silakan uncheck (hilangkan tanda centang) pada menu Pindai perangkat untuk mengetahui ancaman keamanan Google secara berkala akan memeriksa perangkat dan mencegah atau memperingatkan tentang potensi bahaya.


Sekali lagi gunakan aplikasi ini dengan bijak dan jangan di gunakan untuk tindakan kejahatan. Silakan Sobat coba jika ada pertanyaan mari kita diskusikan dalam kolom komentar. Untuk lebih jelasnya silakan lihat dalam video di bawah ini, dalam video ini di sertakan juga cara mempraktekkan proses penyadapan.

SEBELUM SOBAT MENGGUNAKAN APLIKASI SADAP DIPONSEL TARGET, JIKA MENGGUNAKAN PONSEL TIPE ANDROID INSTAL APLIKASI INI DI PONSEL SOBAT SENDIRI UNTUK MENGETAHUI SELUK BELUK DARI APLIKASI SMARTPHONELOGS. YANG TERPENTING JANGAN MEMBERITAHUKAN ISI SADAPAN KE TARGET AGAR TIDAK CURIGA, SEHINGGA APLIKASI TIDAK DI HAPUS OLEH TARGET 

Untuk cara menyadap ponsel khusus tipe Android silakan gunakan cara kedua yaitu menggunakan aplikasi mSpy, dimana kelebihan dari aplikasi ini dapat membaca pesan dalam dua arah (dikirim dan diterima). Untuk penjelasan detail mengenai cara menyadap ponsel dengan mSpy silakan baca pada artikel Cara Menyadap Ponsel Android.

Versi 8.0 dari aplikasi akan muncul pengaturan yaitu Hide app icon dan Turn it off. Fungsi dari pengaturan ini adalah untuk menghilangkan icon di menu utama ponsel target dan menghilangkan notifikasi.


Silakan lakukan pengaturan untuk menonaktifkan kedua fitur diatas. Silakan baca penjelasan lengkapnya di sini = Cara Menyembunyikan Aplikasi SmartphoneLogs Di Menu Utama


Update :
Saat ini Smartphone Logs hanya dapat digunakan pada ponsel jenis Android dan BB 10 saja, untuk iPhone, Windows Phone tidak dapat menggunakan aplikasi ini. Berikut ini adalah balasan pertanyaan yang saya ajukan ke bagian admin Smartphone Logs.


Untuk aplikasi sadap khusus untuk iOS diharuskan untuk melakukan Jailbreak. Jika tidak melakukan Jalibreak dapat menggunakan Mspy Non-Jailbroken.  Fitur penyadapan yang meliputi Contacts, Call Logs, Text Messages, Browser History, Events, Notes, WhatsApp, Wi-Fi Networks, Installed Applications..  Penjelasan atau aplikasi sadap untuk iOS silakan dibaca di sini.

FAQ:
Tanya : Apakah aplikasi ini di instal di ponsel target?
Jawab : Ya. Seperti pada penjelasan di atas. Silakan baca lebih detail lagi.



Tanya : Apakah pesan yang keluar tidak dapat di baca?
Jawab : Ia. Aplikasi ini hanya dapat membaca isi percakapan masuk saja untuk pesan yang dikirim dari ponsel yang di sadap tidak dapat di baca. Untuk aplikasi yang dapat membaca seluruh isi pesan baik yang dikirm atau yang diterima silakan baca tutorialnya disini.

Tanya : Saya tidak dapat menginstal aplikasi ini?
Jawab : Silakan cek ponsel yang akan di sadap jika OS Androidnya adalah 4.2 atau di bawahnya jika ia kemungkinan tidak dapat menginstal aplikasi ini.

Tanya : Kenapa di HP merek Xiao Mi pesan BBM, WA, Dll tidak dapat dilihat?
Jawab : Permasalahan ini sudah saya tanyakan langsung ke pihak SmartphoneLogs dan memang untuk jenis Xiamoi sedang dicari soulisnya. Hal ini tidak berlaku untuk semua merek XiaoMi

Tanya : Kenapa loading saat merekam pembicaraan lama?
Jawab : Sebaiknya di tunggu karena akan sangat tergantung dari koneksi internet di ponsel target. Atau untuk hal teknis silakan kontak langsung ke pihak SmartphoneLogs via email ke alamat : info@smartphonelogs.com (sertakan username dan device name (jenis Android). Untuk Jenis Android sudah tercantum di akun SmartphoneLogs).

Tanya : Kenapa tidak update untuk chat BBM, SMS, Tlp dll?
Jawab : Sebaiknya di tunggu karena akan sangat tergantung dari koneksi internet di ponsel target. Atau silakan kontak langsung ke pihak SmartphoneLogs via email ke alamat : info@smartphonelogs.com (sertakan username dan device name (jenis Android). Untuk Jenis Android sudah tercantum di akun SmartphoneLogs). Koneksi ke HP target akan mempengaruhi hasil sadapan. Jika ponsel target terhubung dengan koneksi WiFi (IndiHome dll) biasanya relatif lebih lancar.

All New Calya

Youtube

Facebook Like