Cara Membeli Barang dari Situs Alibaba

Saturday, October 6, 2018
Yaris Heykers
Alibaba.com merupakan salah satu perusahaan yang di miliki oleh Alibaba Group salah satu di antara e-commerce terbesar di dunia saat ini. Salah satu perusaah lain milik Alibaba Group adalah aliexpress.com. Jika di lihat kedua e-commerce ini terlihat sama namun pastinya ada perbedaan yang signifikan.

Dari sisi barang yang di jual Alibaba lebih memfokuskan pada barang skala besar atau pabrikan. Untuk barang dalam bentuk jadi seperti handphone di jual di situs aliExpress namun untuk semua komponen serta aksesoris handphone di sediakan oleh alibaba.

Membeli barang di situs Alibaba lebih cocok untuk pemelian dalam skala besar karena harga akan jauh lebih murah. Untuk barang retail bisa membeli di situs aliExpress. Pembelian dari situs Alibaba memang sedikit berbeda dengan di AliExpress. Proses pembayaran dan juga negosisasi barang bisa di lakukan tidak seperti di situs Aliexpress. Jika Sobat tertarik ingin membeli barang dari situs Alibaba berikut ini proses tahapan yang perlu di ketahui.

Registrasi akun AliBaba
Tahapan ini adalah proses pembuatan akun di situs alibaba. Prosesnya cukup mudah bisa menggunakan akun Facebook, Google+, Twitter atau linkedin. Bisa juga menggunakan email langsung baik email Gmail atau Yahoo.

Proses pembuatan akun bisa di lakukan pada awal atau pada saat proses transaksi akan di lakukan. Akan tetapi lebih baik di lakukan di awal agar tidak perlu lagi registrasi pada saat proses pembelian. Siapkan email aktif jika sudah silakan klik pada menu register atau langsung pada link ini = https://accounts.alibaba.com/register/ifm_reg.htm?.

Pada kolom email isikan email Sobat lanjutkan pada kolom Verification tekan geser ke kanan hingga muncul kode captha. isikan kode tersebut pada kolom yang sudah di sediakan. Lanjutkan pada tahapan mencentang pada kotak kecil. Silakan lanjutkan pada menu Next.

Tahapan registrasi berikutnya adalah membuka email dari alibaba untuk di verifikasi. Jika sudah terverifikasi akun sudah siap digunakan untuk belanja. Namun sebelum belanja perlu mengisi alamat pada akun kita untuk alamat pengiriman barang. Sesuaikan dengan domisili atau tempat tinggal Sobat dan pastikan data yang di isi lengkap sesuai dengan KTP atau kartu identitas lainnya.

Pengisian alamat ini sebetulnya juga bisa di lakukan pada saat akan melakukan order karena tanpa mengisi alamat proses order barang tidak akan bisa di lakukan. Sobat bisa memilih di isi kapan saja.

Pembelian Barang di situs Alibaba.
Seperti pada penjelasan di atas membeli barang di situs Alibaba memang sedikit berbeda dengan situs aliexpress atau situs lainnya seperti ebay. Hal ini di karenakan barang yang di jual skala besar dan belum di tentukan besaran ongkirnya. Ongkos kirim baru akan di ketahui setelah jumlah barang yang di pesan tsudah di ketahui totalnya.

Seperti pada situs e-commerce lainnya cara membelinya sama yaitu dengan memilih barang yang akan di beli dengan mengklik gambar produk nanti akan muncul detail barang tersebut. Berikut ini adalah contoh produk adalah Small Speedy Battery 2 Wheel Stand Up Mobility Adult Mini Himiway Most Powerful Electric Scooter.


Pada keterangan produk di atas tidak tersedia opsi untuk membeli langsung atau Start Order. Adanya opsi Contact Supplier. Bukan berarti barang tidak tersedia akan tetapi calon pembeli di minta untuk melakukan kontak ke penjual. Ada opsi nya yaitu dengan menekan pada menu Get Latest Price. Silakan tanyakan berapa harga terbatu untuk produk tersebut sesuai dengan yang di butuhkan.

Pada gambar di bawah ini adalah contoh barang yang bisa langsung di beli dimana ada menu yaitu Start Order produk berupa cashing untuk iPhone XS.

Sudah ada keterangan untuk masing-masing harga sesuai dengan jumlah item yang akan di pesan. Untuk ongkos kirim juga sudah di beri keterangan untuk menghubungi ke penjual. Ongkir ini akan muncul pada saat akan melakukan transaksi atau payment. Lebih detailnya bisa menghugungi penjual.

Ada keterangan 50 pieces adalah jumlah minimal barang yang bisa di order. Pada keterangan di atas juga bisa membeli lebih dari 1000 piecis. Klik pada tombol + akan muncul angka 50 dan juga muncul berapa total harga untuk barang tersebut yaitu 24.50 USD. Silakan lanjutkan dengan mengklik pada menu Star Order.


Silakan geser ke bawah nanti akan muncul menu Shipping Details. Pada menu ini ada tulisan Service Provider: The supplier didn't set up the logistics and shipping fee. Please create an order first and contact the supplier to discuss shipping details. After the supplier added the shipping details, you can pay this order. Artinya untuk ongkos kirim bisa di nego. Silakan lakukan proses negosiasi. Untuk negosisasi silakan klik saja pada menu Submit. Jika proses gagal artinya alamat pengiriman belum di isi. Silakan isi pada menu Shipping addres seperti pada gambar di bawah ini.


Proses negosiasi ke pedagang sedang berlangsung. Jadi belum bisa di lakukan order. Kererangan jika masih dalam proses seperti pada gambar di bawah ini atau belum ada menu untuk proses pembayaran baru di tahap awal atau Contract. Ada keterangan tulisan Waiting for supplier to confrim order.


Proses di setujui oleh penjual durasi waktunya berbeda-beda tergantung dari penjual. Jika mereka ada barang dan posisi online akan segera menanggapi. Semua proses ini akan di kirim ke email Sobat, silakan cek untuk informasi detailnya.

Pembayaran di situs Alibaba
Pembayaran paling mudah di situs alibaba adalah dengan menggunakan kartu kredit. Ada metode lainnya namun yang paling praktis menggunakan kartu kredit bisa Visa maupun Mastercard. Pada bagian detail pembayaran tertera total semua harga namun yang perlu di ketahui di sini adalah harga ini belum termasuk ongkos kirim.

Total harga semuanya (termasuk ongkos kirim) akan muncul pada saat melakukan pembayaran jadi total harga tidak akan sama dengan total yang tertera di website. Pada contoh di atas harga tidak sama dengan 24.50 USD. Sebagai gambaran saja untuk berat barang sebesar 4.8 Kg di kenakan ongkos kirim sebesar 18 USD.

Kartu kredit untuk pembayaran di situs alibaba tidak harus kartu kredit atas nama pemesan jadi jika Sobat tidak memiliki kartu kredit bisa pinjam kartu redit teman atau keluarga. Atau ada opsi lainnya dengan menggunakan jasa pembayaran yang sudah terbukti dan terpercaya yaitu jasabayar.co.id.

Setelah proses pembayaran selesai tinggal menunggu saja barang sampai ke Indonesia. Biasanya barang akan di kirim langsung ke rumah. Estimasi barang sampai juga sudah di berikan keterangan, Silakan tunggu hingga di hubungi oleh pihak kantor pos atau bea cukai.

Dari penjelasan di atas rasanya cukup mudah berbelanja di situs alibaba. Jika Sobat ada pertanyaan silakan tinggalkan komentar.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like