Cara Mendapatkan Domain Gratis my.id dan biz.id

Wednesday, November 29, 2023
Yaris Heykers

Sebelum membahas cara mendapatkan domain gratis saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang domain. Bukan pengertian domain tapi jenis domain. Bisa jadi pembaca artikel ini adalah blogger baru atau baru mencoba menggunakan top levell domain (TLD).


Ada dua jenis domain berdasarkan cara membelinya yaitu domain lokal dan domain internasional. Domain lokal hanya bisa didapatkan di penyedia jasa domain lokal seperti rumahweb, idcloudhost dan lainnya. Semua domain lokal pasti berakhiran id. contohnya adalah .id, .co.id, .go.id, sch.id, ac.id, my.id. Untuk mendapatkan/membeli domain lokal untuk beberapa jenis domain seperti sch.id, ac.id tidak bisa di dapatkan oleh sembarang orang, harus institusi dengan di sertakan bukti pendukung.


Domain internasional adalah jenis domain yang umumnya sudah banyak diketahui. Contoh domain internasioanl adalah .com, .net, .org dan masih banyak lagi contohnya. Untuk membeli domain internasional juga mudah bisa didapatkan di jasa penyedia domain lokal maupun internasional. Contoh penyedia domain internasional adalah hawkhost, godaddy, dan lainnya.


Domain sedikit banyak juga mempengaruhi SEO. Jika ingin membuat website khusus untuk pengunjung dari indonesia sangat disarankan untuk membeli domain lokal. Sayangnya beberapa domain lokal dari sisi harga terbilang sangat mahal dalam satu tahun harganya bisa mencapai 500rb-an. 


Kembali ke topik pembahasan artikel ini saya akan menjelaskan tahapan bagimana mendapatkan domain gratis lokal dan khusus untuk domain my.id dan biz.id saja. Untuk domain lokal lain sejauh ini memang sangat jarang gratis kecuali memang sedang dipromosikan oleh penyedia domain. Untuk diketahui juga domain berakhiran my.id dan biz,id harganya memang sangat murah tidak akan sampai 50rb dalam 1 tahun. Jadi meskipun tidak gratis tapi sangat murah.


Meskipun sangat murah kalau bisa gratis kenapa tidak. Saya yakin temen-temen pembaca artikel ini juga akan sepakat jika mendapatkan secara gratis. Periode gratis disini tidak selamanya akan tetapi hanya 1 tahun saja. Setelah lewat 1 tahun maka akan dikenakan biaya normal. 


Untuk mendapatkan domain gratis my.id dan biz.id silakan kunjungi website idcloudhost.com. Silakan lakukan pembuatan akun terlebih dahulu dan lakukan verifikasi email. Jika sudah silakan klik pada menu domain. Silakan masukkan domain yang ingin di beli, jika domain tersebut tersedia silakan lakukan pembelian.


Pada saat proses pembelian ini harga yang tercantum tidak disertai dengan diskon, silakan lanjutkan saja termasuk memasukkan metode pembayaran. Silakan pilih saja metode pembayaran bebas, karnea sifatnya hanya formalitas saja. Jika sudah sampai pada tahap akhir pastikan lihat pada menu kode diskon kaena ini lah yang membuat harga domain my.id dan biz.id ini gratis. Silakan masukkan kode diskon gratisdomain23. Kode wajib dimasukkan karena tanpa kode ini maka harga akan tetap muncul. Setelah kode di masukkan nanti harga akhir akan menjadi Rp.0.

Seperti pada gambar diatas harga 1 tahun pertama adalah Rp.0 untuk perpanjang tahun berikutnya adalah Rp.12.000. Harga ini amat dangat murah. Meskipun tanpa diskon masih terbilang sangat murah bila dibandingkan dengan harga domain lain mencapai harga ratusan ribu. 

Kode promo diatas sifatnya tidak permanen bisa expired setiap saat. Tapi untuk tahun 2023 kemungkina besar masih bisa dipakai. Bagi temen-temen yang ingin mencoba mendapatkan domain gratis tidak ada salahnya untuk mencoba. Jika kode diskon / promo sudah tidak berlaku silakan sampaikan ke dalam komentar kami akan bantu untuk mendapatkan kode terbaru. Selamat mencoba.


All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like