Cara Mendapatkan Gratis Ongkir Shoope Untuk Penjual

Saturday, March 21, 2020
Yaris Heykers
Ini adalah pengalaman pertama berjualan di Shopee, sebelumnya sekitar tahun 2014 saya sempat berjualan di Tokopedia namun sudah vakum. Saya akan membagi pengalaman pertama berjualan di shopee dimana produk / jasa yang saya jual ini sedikit unik bukan berupa barang melainkan produk virtual lebih tepatnya adalah Jasa Pembayaran.

Waktu berjualan di Tokopedia produk yang saya jual adalah mainan artinya benar-benar sebuah produk dimana ada dalam bentuk barang, ada beratnya jadi lebih mudah bila dibandingkan dengan produk maya atau virtual. Proses transaksi juga dalam hitungan menit jadi tingkat kepercayaan akan sangat mempengaruhi.

Alasan utama berjualan di shopee lebih dikarenakan untuk menampung para calon pengguna jasa bayar kami yang masih ragu. Alasan lainnya adalah shopee terkenal memiliki ongkos kirim gratis untuk pembeli. Dengan promo ini diharapkan jualan di shopee lebih mudah terkonversi (laris). Apakah memang benar bagi penjual baru di shopee bisa mendapatkan promo gratis ongkir, saya akan membahas detailnya dalam artikel ini.

Saya membuka toko dishopee baru 3 hari belakangan ini dengan 12 jasa pembayaran yang saya tawarkan dan pastinya kedepan akan lebih banyak jasa lagi. Akun penjualan sudah saya buat sejak tahun 2017 namun baru kali ini benar-benar diisi produk. Setelah produk saya upload saya mendapatkan notifikasi untuk mendapatkan gratis ongkir untuk penjual.

Silakan cek notifikasi sebaiknya buka diaplikasi shopee karena untuk proses selanjutnya juga akan dilakukan di aplikasi bukan di PC atau dekstop. Silakan cari notifikasi Daftar Program Gratis Ongkir! sudah ada apa belum, jika sudah lakukan tahapan berikutnya. Lihat pada gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Klik saja pada menu tersebut ikuti petunjuknya dimana disini hanya butuh foto selfi menggunakan KTP. Tipsnya agar permohonan ini disetujui adalah pastikan kamera ponsel memiliki auto fokus dan arahkan ke bagian KTP. Pastikan juga foto dalam ruangan dengan pencahayaan bagus agar hasil juga bagus. Proses verifikasi ini membutuhkan waktu 2x24 jam namun pengalaman saya tidak lebih dari 24 jam sudah selesai.

Jika proses diterima nanti akan ada konfirmasi lagi. Cek dinotifikasi akan ada tulisan atau notifikasi Aktivasi hampir selesai. Pada tahapan ini sebetulnya proses sudah selesai tinggal mengaktifkan saja jasa pembayaran OKE JNE dan JNE Reguler. Jika sudah selesai lihat di lapak apakah logo truk sudah berwarna hijau dengan tulisan Gratis Ongkir seperti pada gambar dibawah ini.


Sampai tahap ini promo gratis ongkir untuk penjual sudah selesai mari kita bahas tahapan cara menggunakan gratis ongkir ini karena pada kenyataannya tidak selalu gratis dan ada beberapa syarat dan ketentuan yang cukup rumit.

Setelah produk dipilih sebelum melakukan check out calon pembeli wajib memasukkan kode voucher terlebih dahulu dimana dalam kode voucher tersebut akan ada pilihan. Lebih jelasnya silakan cek pada gambar dibawah ini.


Jika ingin benar-benar free maka syarat utamnya adalah calon pembeli adalah pengguna akun baru shopee yang berarti tidak berlaku untuk pengguna lama. Atau dengan opsi kedua yaitu minimal belanja Rp. 90.000 dan pembayaran wajib menggunakan ShopeePay atau ShopeePayLater. Jika kebetulan calon pembeli adalah pelanggana lama sebaiknya memang diberikan kode voucher khusus yang memang sering ada di shopee.

Tanpa menggunakan voucher berarti calon pembeli tetap akan dikenakan biaya ongkir sesuai dengan alamat pengiriman. Gratis ongkir dengan minimal pembelian Rp. 90.000 juga tidak selamanya ada alias promo sewaktu-waktu saja. Pada intinya promo gratis ongkir untuk penjual ini tidak selamanya dan ada syarat dan ketentuan juga akan berubah-ubah.

Selain promo diatas ada juga promo lainnya untuk penjual yaitu Extra Gratis Ongkir namun untuk mendapatkan layanan ini reputasi toko harus sangat baik dan selalu dijaga termasuk didalam penjualan juga harus baik (banyak). Karena itu kalau sobat pernah transaksi di shopee lalu dibatalkan dan dimarahi penjual inilah sebabnya.

Berjualan di shopee memang banyak pengalaman yang saya petik dimana salah satunya adalah hampir tertipu oleh calon pembeli. Untungnya saya pelajari dahulu, lebih detailnya akan saya ulas diartikel lain. Jadi bagi para seller baru di shopee sebaiknya memang berhati-hati dalam berjualan agar tidak tertipu karena sudah ada beberapa yang mengalami.

All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like