Cara Membuat Google BisnisKu (Google My Business)

Sunday, May 8, 2016
Yaris Heykers
Google BisnisKu bukan hal yang asing jika Sobat sering menggunakan mesin pencari Google baik di Android maupun di PC. Mungkin namanya saja yang tidak banyak dikenal, biasanya orang lebih mengenal sebagai Google Maps. Jika Sobat mencari dengan kata kunci tertentu di mesin pencari Google akan muncul pada bagian atas atau samping sebuah peta lengkap dengan petunjuk arah, inilah yang disebut dengan Google Bisnisku

Degan menggunakan Google BisnisKu bagi pelaku usaha tentunya memiliki keuntungan untuk meningkatkan penjualan baik jasa maupun barang. Dalam urutan pencarian di mesin pencari Google, Google BisnisKu  berada di urutan pertama atau paling atas, setelah situs web / Blog. Keuntungan lainnya adalah calon customer / pembeli akan mudah menemukan tempat usaha Sobat.


Sebagai contoh Google BisnisKu yang sudah Saya buat adalah seperti pada peta dibawah ini. Saya membuat Google BisnisKu ini untuk usaha Jasa konstruksi dan Bangunan yang ada di kota Semarang yaitu CV. Jaya Gemilang. Jika Sobat kebetulan juga memiliki usaha baru dan ingin membuat Google BisnisKu silakan simak tutorial lengkapnya berikut ini.


Ada dua cara dalam membuat Google BisnisKu pertama dari tempat / Maps yang sudah ada sebelumnya dan dengan membuat baru. Tempat yang sudah ada ini biasanya dibuat oleh orang lain, Sobat akan dengan mudah menemui tempat seperti rumah makan, cafe, rumah sakit, restoran, ATM, kampus dan jenis lainnya. Untuk cara detail mengklaim Google BisnisKu atau cara pertama silakan baca di artikel Klaim Google BisnisKu

Untuk cara kedua adalah membuat baru dikarenakan belum ada tempat (Maps) sebelumnya. cara ke-2 ini yang akan kita bahas dalam tutorial ini. 

Langkah pertama silakan Sobat masuk ke akun Gmail di PC atau Komputer, kemudian pilih Google+. Setelah masuk akun Google+ silakan klik menu Home sehingga semua menu akan muncul dan pilih menu Pages atau Halaman. Pada bagian pojok kanan atas ada menu Masuk atau Tampil Di Google, silakan pilih Masuk. Sampai di sini Sobat sudah masuk ke Google Bisnisku.


Ada 3 opsi untuk di pilih yaitu Etalase, Area Layanan dan Merek. Contoh bisnis yang masuk kategori Etalase adalah bisnis restoran, toko eceran, hotel dll, untuk kategori Area Layanan adalah Tukang ledeng, pesan antar pizza, jasa taksi dan untuk kategori Merek seperti produk, tim olah raga, band musik, aksi sosial dan lainnya. Silakan Sobat pilih sesuai kategori usaha yang dimiliki.

Setelah kategori dipilih Sobat akan diarahkan ke dalam Peta, silakan Sobat masukkan alamat lengkap Sobat, atau alamat jalan dan kecamatan. Sebagai contoh adalah Jl. Sirojudin Semarang, akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.


Pada contoh gambar diatas ada sudah ada 3 tempat yang ditandai dengan huruf A,B dan C. Jika dari ke-3 tempat di atas adalah miliki Sobat bisa langsung di klaim tanpa harus membuat terlebih dahulu. Namun karena akan membuat tempat baru yang belum ada maka silakan Sobat pilih atau klik pada menu Tambahkan bisnis Anda.

Isikan data yang sudah tersedia di kolom mulai dari Nama Bisnis, Negara, Alamat, Kota, Provinsi, Kode pos, Telepon dan Kategori. Jika semua data Sudah lengkap silakan klik Lanjutkan. Jika proses salah atau muncul menu yang bertuliskan 'Kami tidak dapat menemukan alamat ini. Jika alamat yang dimasukkan benar, tetapkan lokasi penanda peta untuk menunjukkan alamat bisnis Anda', artinya alamat tersebut tidak tersedia di Google, silakan Sobat klik menu Tetapkan Lokasi Penanda, Sobat akan diarahkan menuju Maps untuk menandai sesuai dengan alamat lengkap. Jika sudah diatur posisi sesuai dengan peta silakan klik Selesai. lanjutkan kembali proses dengan menekan menu Lanjutkan.


Proses berikutnya adalah mengisi area layanan pada menu 'Bisnis saya mengirimkan barang & layanan kepada pelanggan dalam area ini:' silakan pilih sesuai dengan jarak area layanan. Jika melayani wilayah seluruh Indonesia silakan pilih Km. Lanjutkan proses sehingga Sobat akan masuk ke halaman utama Google BisnisKu seperti pada gambar dibawah ini.


Silakan Sobat isi semua data untuk kelengkapan seperti logo, alamat website, foto produk, jam operasional dan lainnya dengan menekan menu Edit. Khusus untuk edit Peta jika lokasi peta diubah maka otomatis alamat juga akan berubah menyesuaikan dengan alamat yang tertera di Google Maps.

Langkah terakhir adalah melakukan verifikasi dengan menekan menu Verifit Now (Verifikasi Sekarang).  Sobat akan di arahkan ke menu 'How would you like to get your verification code?' silakan pilih Mail atau Surat.


Pada menu Optional contact name atau yang Saya beri panah silakan isi dengan nama lengkap Sobat. tentu saja yang di kenali tetangga agar surat verifikasi dari Google mudah sampai ke alamat usaha Sobat. Verifikasi ini adalah dalam bentuk surat yang dikirim oleh Google Indonesia dari Jakarta, isi surat adalah kode yang terdiri dari 5 angka. Jika nama sudah sesuai silakan klik menu Send postcard.

Surat verifikasi akan di kirim sesuai dengan jarak lokasi Sobat, untuk wilayah Jawa Tengah atau Semarang surat sampai dalam waktu 5 hari. Jika surat sudah sampai silakan lakukan verifikasi di menu Verifit. Tujuan untuk verifikasi ini adalah agar Maps atau Google Bisnisku akan tampil di mesin pencari Google.

Catatan :
Untuk membuat nama Google BisnisKu (Google My Business) gunakan nama yang sesuai dengan kata kunci di Google Adwords, jangan nama merek atau produk jika usaha atau nama brand belum cukup punya nama. Sebagai contoh Sobat memiliki usaha Foto Wedding Semarang dengan nama Brand Red Art, customer akan cenderung mencari dengan kata kunci Foto Wedding Semarang bukan Red Art, karena itu buat nama Google BisnisKu (Google My Business) dengan nama RedArt (Jasa Foto Wedding Semarang). Agar surat lebih mudah sampai gunakan nama bisnis yang digunakan selanjutnya setelah di verifikasi tambahkan atau edit dengan kata kunci sesuai dengan Google AdWords (KeywordPlanner).

Setelah terverifikasi biasanya dalam 1 x 24 jam sudah muncul di mesin pencari atau di Google Maps. Jika belum muncul sebaiknya di tunggu, namun dipastikan akan muncul jika sudah terverifikasi. Untuk lebih mudahnya silakan lihat pada video dibawah ini.


All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like