Cara Mengubah Pembayaran Adsense Dari Western Union ke Transfer Bank Lokal Indonesia

Sunday, June 26, 2016
Yaris Heykers
Jika Sobat seorang Publisher atau Blogger yang mencari uang dari Blog pastinya sudah sangat paham dengan Google Adsense. Sistem pembayaran program kerjasama periklanan melalui media Internet ini saat ini bisa di katakan adalah yang paling bagus dari sistem pembayaran lainnya. Ada banyak sistem pembayaran PPC (Pay Per Click) selain Adsense diantaranya adalah Info Link, Bidvertise atau Chitika.  

Ada dua jenis Google Adsense yaitu Hosted dan Non-Hosted, 2 jenis akun ini masih dibedakan lagi dengan dua tipe yaitu Full Aprove atau Approve. Perbedaan antara kedua akun ini adalah dalam hal penggunaannya. Untuk Adsense Hosted dan Approve hanya dapat digunakan untuk memasang iklan di Youtube dan iklan di Blogspot sementara untuk iklan Full Aprove dan Non-Hosted dapat dipasang disemua jenis situs baik itu Youtube maupuan Blog TLD (Top Level Domain).


Jenis akun Adsense yang saat ini Saya miliki masuk kategori Non Hosted namun belum Full Aprove karena belum saya pasang kode iklan Adsense di Blog TLD, karena itu akun Adsense ini saya gunakan di Youtube dan belum dapat di gunakan untuk blog TLD. 

Seusai dengan judul artikel ini Saya akan menjelaskan cara untuk menganti sistem pembayaran Google Adsense dari Western Union ke Bank lokal Indonesia, hampir sebagian bank besar di Indonesia sudah support dengan pembayaran Adsens seperti Bank Central Asia (BCA), Bank Mandiri, Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan masih banyak lainnya. 

Pada pembayaran pertama / Pay Out (PO) Saya masih menggunakan Western Union. Dikarenakan metode ini harus datang langsung ke Kantor Pos atau tempat lain seperti Indomaret dan Saya rasa kurang efektif maka Saya memutuskan untuk mengganti dengan sistem transfer bank atau metode transfer kawat (Wire). Sesuai dengan pengalaman karena kebetulan rumah saya berjarak 10 Meter dari Indomaret sementara untuk Indomaret lebih sering error dan harus ke Pos Indonesia. 

Pengaturan Metode Pembayaran.
Silakan Sobat masuk ke menu pengaturan atau klik pada menu bergambar roda gigi (No. 1) silakan pilih menu Pembayaran atau Payment. Silakan Sobat pilih dan klik menu +Add a new payment method seperti pada gambar no. 2. Lihat pada gambar berikut ini untuk lebih detailnya. 


Langkah berikutnya Silakan Sobat pilih menu Wire. Ada 4 kolom yang harus diisi yaitu Account holder name, Bank name, SWIFT-BIC, Account number dan Re-type Account number. 

Penjelasan detailnya sebagai berikut. 
  • Account holder name : Nama akun bank yang digunakan, misal M. Ali Muakhor
  • Bank name : Jenis Bank ; BCA, BNI, Mandiri, BCA dll
  • SWIFT-BIC : Kode bank untuk kode ini dapat di tanyakan ke bank atau cari / googling
  • Account number : Nomor rekening bank 
  • Re-type Account number : Nomor rekening bank
Untuk nomor rekening bank silakan hapus tanda - misal nomor rekening bank 1234-567-89. Silakan isikan menjadi 123456789. SWIFT Code Bank (SWIFT-BIC) untuk beberapa bank lokal Indonesia sebagian sebagai berikut : 
  • Bank Central Asia (BCA) – CENAIDJA
  • Bank Negara Indonesia (BNI) – BNINIDJA
  • Bank Rakyat Indonesia (BRI)- BRINIDJA
  • Bank Mandiri – BMRIIDJA
Pastikan cek kembali semua data yang sudah Sobat masukkan ada di atas, jika sudah sesuai silakan pilih menu SAVE atau simpan. Proses selesai namun masih ada proses terakhir yang harus dilakukan yaitu mengganti sistem pembayaran utama dari Western Union dengan sistem transfer kawat caranya sebagai berikut. 


Jika ingin menghapus akun Westren Union silakan klik menu Remove atau Hapus dengan menekan pada menu Remove seperti pada gambar no. 1. Jika tidak ingin menghapus biarkan saja. Pada menu kedua atau Wire transfer to bank account .. silakan klik pada menu Set as Primary yang artinya menjadikan pembayaran ini sebagai pembayaran utama.

Verifikasi Rekening Bank.
Setelah dilakukan perubahan pembayaran ke rekening bank lokal maka Google akan meminta pemilik akun untuk memverifikasi bank yang sudah di daftarkan. Google akan mengirim sejumlah nominal uang sebanyak 3 digit ke rekening. Proses ini membutuhkan waktu antara 1 - 10 hari jadi silakan tunggu hingga ada pemberitahuan dari email untuk memverifikasi.

Untuk sistem pembayaran Adsense saat ini tidak meminta memverifikasi ke rekening bank. Jadi pada saat pemindahan proses pembayaran dari WU ke Wire (transfer kawat) cukup dengan mengisi data seperti yang sudah Saya jelaskan di atas.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like