Cara Memasang Disqus ke Dalam Blogspot

Thursday, April 21, 2016
Yaris Heykers
Disqus saat ini menjadi situs komentar terbesar dengan berjuta pelanggan. Berbagai situs besar lokal maupun internasional sudah banyak yang menggunakan Disqus untuk mengantikan kolom komentar. Saya pribadi mengaatakan tampilan komentar disqus lebih menarik dari pada tampilan komentar standart blog baik itu Wordpress maupun Blogspot, kelebihan lainnya komentar dapat disisipi gambar sehingga akan lebih mudah dalam menyampaiakan permasalahan seperti blog berjenis tutorial seperti yang Saya miliki ini.

Selain tampilan lebih menarik, ada kelebihan lainnya yaitu Disqus juga dapat digunakan sebagai sarana mencari uang dengan iklan sama seperti Google Adsens. Saya sudah mencoba menggunakan Ads Disqus masih belum ada satu bulan, tentunya berapa hasilnya belum terlihat karena relatif baru. 

Disqus juga berpengaruh terhadap SEO Blog karena link yang bersumber dari Disqus di anggap link syah. Secara otomatis Disqus akan menampilkan 4 artikel Blog di dalam setiap komentar, dari sini biasanya sumber link yang di dapat. 


Tutorial serupa pernah Saya posting sebelumnya, cara ini masih berlaku, namun ada sedikit perubahan dalam tampilan karena itu Saya akan menulis kembali untuk memudahkan. Tanpa berlama-lama Saya akan menjelaskan mengenai cara memasang Disqus ke dalam Blogspot, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.     

Pastinya Sobat harus memiliki akun Disqus terlebih dahulu, jika belum memiliki akun silakan buat langsung ke situs www.disqus.com. Jika sudah memiliki akun silakan masuk atau Login akun Disqus Sobat kemudian cari pada bagian pojok kanan atas layar PC/ Laptop menu Setting atau yang bergambar roda gigi (bersebelahan dengan foto profil Disqus). Klik dan pilih menu Add Disqus To Side


Tampilan selanjutnya seperti pada gambar di bawah diatas. Silakan Sobat klik pada menu Start Using Engage. Pada menu Set Up Disqus On a New Site isikan pada kolom Site name dengan website Sobat, pada menu Choose your unique Disqus URL akan otomatis terisi pada saat mengisi pada kolom Site name. Pada menu Category silakan isi kan sesuai kategori. Selanjutnya klik menu NEXT


Selanjutnya masuk pada menu Choose your platform kemudian tekan pada menu Blogger atau logo bergambar Blogger seperti pada gambar di bawah ini.


Login atau masuk ke Blogspot Sobat. Selanjutnya silakan Sobat kembali ke situs Disqus, silakan tekan menu Add "Judul Blog" to my Blogger site. Lebih jelasnya seperti pada gambar di bawah ini. 


Secara otomatis Disqus akan mengakses Blogspot Sobat dan akan meminta Sobat untuk menambahkan Widget Disqus ke dalam Blog. Jika Sobat memiliki blog yang sudah di pasang atau lebih dari satu maka akan muncul opsi sesuai dengan judul Blog. Tekan menu yang bertuliskan Menambah Widget atau Add Widget. 


Tunggu hingga Disqus mengkases Blogspot Sobat dan otomatis akan memang dengan sendirinya widget ke dalam pengaturan Blog. Silakan simpan Pengaturan Blog Sobat. Langkah terakhir adalah kembali ke situs Disqus kemudian tekan menu 2 atau Import your existing Blogger comments into Disqus at Tools > Import


Setting pada kedua pengaturan yang terdapat pada menu Impor into Disqus seperti pada gambar dibawah ini. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena akan menampilkan komentar di Blogspot dan juga di Disqus. 


Import comments from Blogger : Menu ini berfungsi untuk untuk memindahkan semua komentar dari Blog ke komentar Disqus. Jadi komentar lama sebelum memasang Disqus akan otomatis masuk setelah memasang disqus. 

Enable syncing : Menu ini berfungsi untuk mensinkronkan antara komentar Blog dengan komentar di Disqus sehingga akan sama. Jika suatu saat ingin menghapus Disqus semua komentar akan otomatis tersimpan di Blog.

Catatan :
Pada beberapa kasus komentar Disqus tidak muncul padahal semua proses sudah sudah dilakukan dengan benar. Hal semacam ini juga pernah Saya alami dimana waktu yang dibutuhkan juga lumayan lama berkisar 2 bulan lebih, intinya butuh waktu untuk Bloger menyesuaikan dengan Disqus. Jika semua proses sudah benar silakan Sobat tunggu saja maka secara otomatis akan muncul dengan sendirinya. Komentar juga tidak secara otomatis akan muncul ada minimal jumlah komentar, ada baiknya memang memasang komentar Disqus pada saat jumlah komentar sudah banyak. 

Saat artikel ini dibuat khusus untuk Disqus di Blogspot untuk proses sinkronisasi komentar (Disable syncing) Blog ke Diqsus masih tidak tersedia. Proses ini masih dalam perbaikan Disqus sehingga komentar yang sudah masuk di Blog tidak akan muncul ke Disqus. Jadi silakan ditunggu hingga permasalahan ini diselesaikan oleh Disqus.

Permasalaha komenatar Disqus tidak muncul seperti ini tidak terjadi untuk Blog berplatform Wordpress atau lainnya (Selft Hosting) dengan menggunakan Plug In Disqus. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like