Cara Mengatasi Postingan Wordpress Tidak Muncul Menu HTML dan Text

Tuesday, June 14, 2016
Yaris Heykers
Seperti kebanyakan artikel di dalam blog ini, untuk artikel kali juga merupakan pengamalan pribadi atau pengalaman dari teman. Saya biasa menulis artikel di blog ini berangkat dari pengalaman pribadi, tujuannya jika suatu saat mengalami permasalahan serupa tinggal membuka blog saya sendiri.  Jadi lebih kepada dokumentasi pribadi dan bagi pembaca blog ini yang kebetulan mengalami permasalahan yang sama. 

Sesuai dengan judul artikel ini, Saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi postingan atau pada saat akan menulis artikel (New Post) menu Text atau HTML yang ada pada Wordpress tiba-tiba hilang. Meskipun masih tetap bisa menulis artikel namun tampilannya cukup aneh, tidak seperti biasanya. Sebetulnya dengan tidak adanya menu Text atau HTML tetap masih dapat menulis artikel hanya saja memang tidak terbiasa. Untuk lebih jelasnya tampilan dari menu New Post seperti pada gambar di bawah ini. 

Pada awal menggunakan Wordpress permasalahan ini sempat juga Saya alami, solusinya cukup simpel, namun karena lupa dan kebetulan tadi malam pada saat ada teman yang mengalami permasalahan yang sama Saya harus mencari dulu atau Googling sehingga ketemu juga solusinya. 

Saya pribadi tidak terlalu mengetahui detail soal Wordpress jadi jika ditanya kenapa permasalahan ini muncul maka tidak bisa menjawab. Bisa jadi karena penggunaan 2 akun atau domain dalam satu hosting dan dalam satu PC. Seperti halnya pada saat instal domain baru maka untuk login ke Wordpress, PC harus di lakukan pembersihan atau CC Cleaner sehingga bisa masuk atau Login ke akun Worpress domain yang baru saja di instal.

Untuk mengembalikan agar pada saat posting artikel baru di Worpress muncul menu Text dan HTML caranya simpel saja, silakan sobat masuk ke menu User, kemudian pilih menu Your Profil pada menu Visual Editor silakan hilangkan tanda centang pada menu Disable the visual ediotor when writing. Silakan sobat refress Wordpress atau klik menu New Post jika tidak ada masalah lainnya maka menu New Post akan kembali seperti semula. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih detailnya. 


Jika dengan cara ini masih tidak berhasil silakan sobat hubungi penyedia jasa hosting Wordpress yang Sobat gunakan, biasanya mereka akan dengan senang hati membantu. Jika Sobat kebetulan juga mengalami permasalahan yang sama silakan Sobat gunakan cara di atas dan semoga berhasil.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like