Ingin Ganti User Name dan Password WiFi Speedy, Begini Caranya

Thursday, April 28, 2016
Yaris Heykers
Apa yang akan Saya bahas dalam artikel ini sudah pernah Saya tulis di blog lainnya, pada intinya pembahasan di Blog ini adalah untuk lebih memperjelas sehingga lebih memudahkan dalam pergantian password dan username WiFi Speedy. Dalam blog sebelumnya banyak sekali pertanyaan yang masuk, jika di simpulkan memang hanya kurang teliti dalam membaca

Sebelum memulai tutorial ini, Saya sedikit akan membahas mengenai layanan Telkom Speedy. Saat ini layanan Speedy sudah tidak ada lagi, berganti nama menjadi Indi Home. Sebelum menjadi Indi Home layanan Speedy tersedia untuk paket internet dengan speed 512 Kbps, setelah berganti nama layanan ini sudah tidak ada lagi. Minimal paket yang tersedia untuk Indi Home adalah 1 Mbps. 

Untuk mengganti User Name dan Password WiFi Speedy sangat tergantung dari jenis modem yang Sobat gunakan, beda modem biasanya caranya juga akan berbeda. Karena jenis modem Speedy yang Saya gunakan adalah TP-LINK TD-W8951ND, maka untuk modem jenis lain Saya sendiri belum mencoba dan belum bisa memberikan tutorialnya. Jika Sobat kebetulan menggunakan jenis modem yang lain silakan coba jika tidak berhasil pasti karena settingannya berbeda. Untuk melihat jenis modem yang Sobat gunakan silakan cek di bagian belakang modem pada tulisan Model No :


Langkah pertama silakan Sobat buka Google Chrome atau browser lainnya, ketik pada browser dengan URL : 192.168.1.1, tidak perlu menggunakan www cukup ketik sama persis hanya kode angka saja. Sampai di sini biasanya akan timbul masalah dan banyak pertanyaan terkait masalah ini, yaitu loading lama atau browser hanya 'muter-muter' saja. 
Penting : Jika loading browser lama, atau tidak bisa mengakses silakan matikan modem dan restart PC atau Laptop. Setelah PC kembali menyala, silakan nyalakan kembali modem Speedy, buka browser silakan ketik ulang URL : 192.168.1.1. Jangan membuka situs lain selain 192.168.1.1, jika menu TP Link Speedy sudah terbuka silakan buka situs lain. Pastikan PC/ Laptop yang digunakan untuk mengganti username dan password terhubung dengan jaringan LAN (kabel) bukan WiFi.
Jika berhasil masuk maka tampilan menu TP Link Speedy akan seperti pada gambar dibawah ini. Sobat akan diminta untuk memasukkan user name dan password, setelah itu klik tombol Log In. Lihat pada gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.



Untuk modem TP-LINK TD-W8951ND silakan masukkan username dan password sama yaitu: admin. Sekali lagi untuk jenis modem seri lain pengaturan mungkin akan berbeda, jika password dan username yang dimasukkan tidak dapat digunakan artinya password dan user name juga berbeda.

Silakan Sobat buka menu Interface Setup (No.1) kemudian pilih menu Wireless (No.2). Geser kursor yang ada pada samping kanan ke bawah temukan menu WPS Settings (sebelah kiri, warna hitam, No.3), pada bagian kanan pada menu SSID itu adalah user name dari Wifi Speedy. Silakan diganti jika ingin diganti.


Untuk menganti password WiFi Speedy lihat pada menu WPA2-PSK (No.4), sebelah kanannya pada menu Pre-Share Key adalah password dari WiFi Speedy. Silakan ganti dengan minimal 8 maksimal 26 karakter huruf, angka dan juga simbol (8~63 ASCII characters or 64 hexadecimal characters). Jika semua sudah sesuai silakan geser lagi kursor kebawah tekan menu SAVE. Silakan tutup browser jika sudah di Save (Simpan).

Jika semua tahapan diatas dilakukan dengan benar dan jenis modem yang digunakan juga sama harusnya mengganti password dan user name WiFi Speedy TP-LINK TD-W8951ND berhasil, cara diatas juga dapat digunakan untuk jenis modem TD-W8950N, TD-W8950ND, TD-W8960N dan TD-W8968 V3 V4. Jika masih gagal artinya jenis modem dan settingan berbeda. Silakan Sobat sampaikan di kolom komentar jika masih ada pertanyaan.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like