Cara Mudah Membuat Toko Online

Sunday, April 2, 2017
Yaris Heykers
Salah satu cara dalam menjual / memasarkan produk adalah dengan membuat toko online. Ada beragam toko online karena pada dasarnya situs sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram bisa di jadikan sebagai toko online.  Facebook menyediakan fitur yang bernama Pages atau halaman dimana fitur ini juga dapat di gunakan sebagai sarana untuk menjual produk atau jasa. 

Kekurangan dari social media sebagai sarana untuk menjual produk / toko online adalah sistem editing untuk setiap produk yang sudah dijual. Contoh kasus ini kebetulan sudah saya alami sendiri yaitu salah satu halaman Facebook Toko RC. Kasusnya adalah masalah harga dan kontak yang ingin saya ganti.

Pages atau halaman Toko RC ini sudah lebih dari 3 tahun. Pastinya produk atau barang dagangan juga sudah banyak. Untuk proses editing harga atau jika ingin mengganti nomor kontak akan kesulitan karena harus mengganti satu persatu di dalam setiap postingan. Kenapa harus di ganti karena customer tahu nya harga yang tercantum itu adalah harga saat ini, dampaknya kita akan kewalahan untuk menjelaskan ke customer. 


Selain menggunakan sosial media cara lainnya adalah dengan membuat website toko online. Cara ini bisa gratis namun tidak di sarankan karena kredibilitas toko online lebih terpercaya jika berbayar. Pengertian berbayar di sini adalah menggunakan top lovel domain dan self hosting (hosting berbayar).

Tahapan dalam membuat website toko online sama seperti membuat website personal atau blog pada umumnya. Perbedaannya hanya di template atau Themes nya saja karena untuk toko online bisanya template yang di pakai khusus. 

Langkah pertama adalah membeli domain untuk nama toko. Domain bisa di pilih sesuai nama brand atau sesuai dengan kategori produk yang di jual. Sebagai contohnya adalah toko online milik Saya yaitu www.mobilremotecontrol.net. Toko online saya ini memang khusus untuk menjual produk Remote Control (RC) Mobil. Untuk harga domain bisa bervariasi mulai dari Rp. 130.000 hingga Rp. 250.000.

(Baca : Jasa Pembuatan Website Dan Toko Online)

Nama domain sudah di dapat langkah berikutnya adalah membeli hosting. Harga untuk hosting juga bervariasi tergantung dari kapasitas penyimpanan. Fungsi dari hosting untuk menyimpan semua data base website seperti foto produk, template dan lainnya. Hosting memang tidak harus membeli bisa memanfaatkan hosting gratis seperti blogspot. 

Dua perlengkapan sudah di dapat (Hosting dan domain) maka tinggal melakukan instalasi saja. Menghubungkan domain ke hosting dan menginstal template. Seperti penjelasan sebelumnya template atau tampilan untuk toko online memang khusus. Untuk template ini bisa di dapatkan secara gratis maupun berbayar. Saya sendiri menyarankan untuk menggunakan template berbayar karena tampilan lebih terlihat profesional disamping itu ada banyak kelebihan salah satunya dalam hal SEO. Istilah ini pengertian singkatnya adalah memaksimalkan toko online di mesin pencari seperti Google dan lainnya.

Apakah dengan membuat website toko online akan otomatis meningkatkan penjualan?. Pertanyaan ini umumnya sering di tanyakan. Jawabannya adalah tergantung dari Anda pemilik website. Seberapa optimal Anda mengurusi toko online tersebut. Jika optimal kemungkinan hasilnya juga akan optimal. Optimasi ini bisa dilakukan sendiri atau menggunakan jasa orang lain atau yang di kenal dengan Jasa SEO. Selain jasa SEO Anda juga bisa menggunakan jasa berbayar lain nya seperti Google Adwords. 

Jika Anda kebetulan ingin membuat website toko online silakan kontak Kami di menu Kontak. Kami menyediakan jasa pembuatan toko online dengan berbagai pilihan paket untuk membantu memasarkan produk atau jasa yang Anda jual. Keterangan lengkap harga paket pembuatan toko online silakan lihat di sini.  

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like