Menggunakan Smartphone & Tablet Samsung Untuk Remote Televisi

Friday, May 13, 2016
Yaris Heykers
Salah satu fitur menarik yang ada pada Smartphone dan Tablet Android Samsung adalah Peel Smart Remote, sesuai dengan namanya aplikasi ini berfungsi sebagai remote yang dapat digunakan untuk menyalakan berbagai perangkat elektronik seperti Televisi, DVD, Home Theater, TV Tunner dan lainnya. Fitur ini tidak di miliki oleh semua tipe Smartphone dan Tablet Samsung, hanya yang memiliki fitur infrared saja yang dapat menggunakan fitur ini, salah satu tipe Tablet yang memiliki fitur ini adalah Samsung Galaxy Tab 3.8.0.

Untuk mengetahui jenis Smartphone dan Tablet Android Samsung apa saja yang memiliki fitur Peel Smart Remote cara mudahnya adalah cari aplikasi yang bernama Peel Smart Remote atau lihat di samping kiri, kanan atau atas Smartphone dan Tablet Android Samsung lihat apakah ada fitur infrared. Untuk merek Samsung Galaxy Tab 3.8.0 fitur ini ada pada bagian samping kanan tepat di tengah-tengah. 

Aplikasi Peel Smart Remote yang di maksud adalah seperti pada gambar di bawah ini yaitu berwarna kuning bertuliskan logo P, untuk jenis Ponsel atau Tablet Android sebelum aplikasi Peel Smart Remote di update ke versi terbaru tampilannya mungkin tidak akan berwarna kuning seperti pada gambar. 


Jika Sobat kebetulan juga memiliki Smartphone atau Tablet Android Samsung yang sudah memiliki fitur Peel Smart Remote dan ingin menggunakan sebagai remote televisi, DVD atau yang lainnya silakan simak tutorial berikut ini. 

Pertama buka aplikasi Peel Smart Remote di Smartphone atau Tablet Samsung, jika menggunakan jenis Tablet seperti Samsung Galaxy Tab 3.8.0 secara otomatis layar akan menjadi miring atau mengikuti letak infrared. Sobat akan di minta untuk memasukkan negara (Chose Your Country or Region), silakan Sobat pilih sesuai dengan lokasi negara berada, dalam contoh ini Saya memilih Indonesia. Tujuan memilih negara ini untuk menampilkan layanan televisi berbayar yang ada di masing-masing negara. 


Sobat akan di minta untuk memilih jenis layanan televisi berbayar (Fine Your TV Services) sesuai dengan yang Sobat gunakan. Jika tidak menggunakan layanan televisi berbayar silakan Sobat pilih salah satu sesuai dengan pilihan. Pilihan ini tidak akan mempengaruhi apapun, hanya berpengaruh pada tampilan menu saja. 


Setelah menentukan jenis layanan TV berbayar, kini saatnya memilih merek televisi yang Sobat gunakan. Caranya pilih saja atau tekan merek TV (Choose your TV Barand) yang Sobat gunakan seperti pada gambar di bawah ini. Karena kebetulan Saya menggunakan merek televisi Samsung maka Saya memilih menekan tombol Samsung. 


Langkah berikutnya silakan Sobat tekan menu Power seperti pada gambar di bawah ini (Your Tablet is your Remote). Untuk menjalankan semua fungsi sampai dengan menyalakan remote televisi pastikan jaringan provider kartu yang terdapat di Smartphone atau Tablet Sobat tidak mengalami kendala. Jika jaringan tidak lancar maka biasanya semua proses akan gagal. 

Pastikan juga posisi infrared pada Smartphone atau Tablet Samsung tepat atau searah dengan televisi, jarak maksimal antara televisi dengan ponsel atau Tablet yang dapat digunakan kira-kira 10 M (sesuai dengan pengalaman). Jika dengan menekan tombol Power televisi mati maka proses setting ini sudah sukses. 


Langkah berikutnya Sobat akan diminta untuk memilih TV Tunner (Choose Your TV Tunner), ada dua pilihan yaitu Set-top box/DVR atau memilih TV. Silakan pilih TV jika tidak menggunakan layanan TV berbayar. 

Tampilan menu aplikasi Peel Smart Remote seperti pada gambar di bawah ini. Menu 1 berfungsi untuk menampilkan tombol chanel televisi, volume naik turun dan chanel naik turun. Sayangnya aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk satu perangkat televisi saja, jika ingin mengganti ke perangkat televisi yang lain silakan tekan menu Pengaturan (gambar roda gigi atau no. 2) silakan pilih menu Reset Peel. Lakukan proses yang sama jika mengganti ke perangkat televisi yang berbeda. 


Tampilan menu pada Peel Smart Remote seperti gambar diatas adalah sesuai dengan pilihan pertama pada saat memilih menu layanan televisi berbayar (Fine Your TV Services). Jika memilih layanan lainnya maka menu akan menyesuaikan.

Saat ini aplikasi Peel Smart Remote sudah dapat digunakan untuk menyalakan pendingin udara / AC dan perangkat elektronik lainnya seperti Set-top Box, Home Theater, AV Receiver, Soundbar, DVD Player, Blu-ray Player, Streaming Media Player HDMI Switch. 

Catatan :
Untuk jenis televisi yang dapat mendukung aplikasi Peel Smart Remote sesuai dengan pengalaman adalah televisi yang diproduksi di atas tahun 2000. Tidak harus televisi LED atau televisi dengan merek ternama. Jika merek televisi tertentu tidak mendukung aplikasi ini artinya memang tidak tersedia perangkat infra merah pada televisi tersebut. Selamat mencoba, sampaikan di kolom komentar jika ada pertanyaan.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like