Cara Berlangganan Situs Gumroad

Tuesday, November 17, 2020
Yaris Heykers

Gumroad resmi didirikan oleh Sahil Lavingia pada tahun 2011. Hingga saat ini sudah ada lebih dari 73.877 kreator. Secara umum situs ini sangat mirip dengan Patreon dari segi kegunaannya yaitu memfasilitasi antara kreator dengan fans. Dalam situs ini isinya juga mirip dengan Patreon namun ada perbedaan mendasar terutama dalam hal pembayaran atau berlangganan.


Masyarakat Indonesia lebih dulu menggenal Patreon dari pada Gumroad. Salah satu nama yang dulu cukup dikenal mempopulerkan situs ini adalah Siskae. Ya betul sekali dalam Gumroad tidak ada batasan isi konten baik itu bersifat dewasa apa tidak. Pada intinya baik Gumroad maupun Patreon mewajibkan jika ingin berlangganan konten yang sifatnya konten dewasa harus sudah berumur lebih dari 18 tahun. 




Kami akan menjelaskan perbedaan antara Gumroad dan Patreon terutama dalam hal cara berlangganan. Seperti penjelasan sebelumnya perbedaan ini memang sangat mencolok. 


Patreon

Sebagian besar pembayaran  di situs patreon menggunakan sistem berlangganan dimulai awal bulan atau tanggal 1. Meskipun ada yang tidak menetapkan setiap awal  bulan namun jumlahnya memang sedikit saja. 


Sebagai contoh jika Sobat berlangganan tanggal 5 berarti lama berlangganan adalah 25 hari saja untuk dapat melihat kontennya. Jika Sobat melakukan pembayaran tanggal 15 maka akan ada sisa 15 hari saja. Perlu diketahui perhitungan tanggal ini menggunakan waktu di USA jadi jika ingin berlangganan pastikan juga menggunakan waktu USA bukan Indonesia. Sebelum berlangganan silakan pastikan untuk mempelajari sistem berlanggan terlebih dahulu agar tidak rugi.


Sistem pembayaran ini sifatnya berlangganan jadi setiap selesai akan otomatis ditagih. Tapi sistem penagihan bulanan atau tahunan ini bisa dibatalkan jika pembayaran dipilih tanpa menggunakan kartu. 


Gumroad

Sitem pembayaran disitus Gumroad dapat Kami katakan sangat mudah dan sangat simpel. Disini sistemnya cenderung beli ke kreator bukan berlangganan. Kenapa dapat saya katakan demikian karena untuk dapat melihat isi konten dari kreator kita bisa mendapatkan tanpa harus membuat akun disitus Gumroad.


Jadi proses pembayaran disini cukup memilih kreator mana yang ingin dibeli. Harga juga sudah tertera dan tinggal dilakukan proses pembayaran saja. Setelah proses pembayaran isi dari konten ini dikirim ke email dan isinya bisa langsung di download. Jika dalam bentuk gambar maka formatnya PNG jika dalam bentuk Video formatnya MOV/GIFT. 


Dalam Gumroad juga menggunakan sistem berlangganan. Untuk menghentikan berlangganan juga relatif cukup mudah hampir sama caranya dengan berlangganan disitus patreon. Sistem pembayaran ini bagi pelanggan mungkin menguntungkan tapi bagi kreator ini mungkin sedikit merugikan karena file untuh bisa di dapatkan karena itu kreator dari Indonesia relatif jarang menggunakan Gumroad dari pada patreon.


Bagi yang ingin berlangganan disitus Gumroad maupun patreon namun kesulitan dalam hal pembayaran silakan menggunakan jasa pembayaran online yang sudah kredibel seperti jasabayar.co.id. Proses pembayaran cepat dan yang pasti dapat dipercaya. Demikian ulasan cara melakukan pembayaran disitus Gumroad jika ada pertanyaan mari kita diskusikan di kolom komentar. 


All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like