Cara Melakukan Pembayaran Premium di Wordpress

Thursday, October 11, 2018
Yaris Heykers
Wordpress adalah salah satu platrfrom blog yang sudah sangat di kenal bagi seorang blogger. Ada banyak alasan kenapa Wordpress popluer di kalangan blogger salah satunya adalah mudah dalam penggunaan dan juga mudah dalam SEO. Tidak heran jika hampir semua universitas di Indonesia terutama universitas negeri menggunakan Wordpress bagi para civitas akademi.

Ada beberapa jenis blog Wordpress yang kita kenal yang umumnya di bedakan dari fiturnya yaitu berbayar dan yang gratis. Kedua fitur ini juga masih di bedakan lagi, untuk lebih jelasnya akan kita bahas satu persatu.

Wordpress Self Hosting
Wordpress jenis ini umumnya banyak di gunakan oleh blogger atau yang juga dikenal dengan wordpress.org. Jenis ini memiliki domain dan hosting premium yang bisa di beli di situs penyedia domain dan hosting. Kapasitas hosting bisa di beli sesuai dengan keperluan.

Setelah membeli hosting makan penggun wordpess jenis ini akan mendapatkan akun Cpanel yang berfungsi untuk melakukan proses instalasi wordpress. Alamat atau url dari blog akan menyesuaikan dengan nama domain yang sudah di beli.

Kelebihan dari Wordpress ini adalah pemilik memiliki keleluasaan untuk mengatur kapasitas hosting mau di naikkan atau mau di turunkan kapasitasnya. Kelebihan lainnya adalah satu akun cpanel bisa di instal banyak domain. Namun ini bergantung juga dari jenis hosting, jika membeli hosting singel domain makan hanya akan ada satu domain saja yang dapat di instal.

Kekurangan dari Wordpress jenis ini adalah jika terdapat gangguan maka pemilik sendiri yang bisa menyelesaikan. Namun biasanya bisa di bantu oleh penyedia hosting. karena itu di rekomendasikan membeli hosting yang menyediakan layanan pengaduan 24 jam dan di lengkapi dengan fitur chatting.

Wordpress Gratis
Biasanya di kenal dengan nama Wordpress.com. Jenis ini masih di bagi menjadi 2 yaitu gratis seumur hidup dan berbayar. Untuk jenis yang gratis ini biasanya ada tambahan tulisan Wordpress.com di belakang nama domain. Sebagai contoh untuk Wordpress gratis ini adalah : https://kaminonovsky.wordpress.com/.

Karena gratis maka ada batasan jumlah kapasitas hosting yang di sediakan. Jika Sobat tertarik bisa mengunjungi langsung di alamat = https://wordpress.com. Silakan siapkan email aktif untuk proses pendaftaran.

Setelah blog jadi maka ada opsi untuk upgrade menjadi premium. Ada 3 jenis layanan yang di tawarkan yaitu Plans, Domains, Email. Jika ingin upgrade seperti Wordpress Self Hosting bisa memilih paket Plans dengan tiga penawaran paket yaitu Personal, Premium, Business. 

Domains adalah layanan menganti nama domain menjadi premium jadi hanya membeli domain saja. Sedangakan untuk Email adalah layanan email premium menyesuaikan dengan ketersediaan domain yang ada. Berikut ini contoh pembelian premium untuk domain saja.


Total harga adalah $ 33 dengan perincian harga domain $18 dan fee tansfer $15. Harga ini cukup murah dengan kapasitas hosting yang di dapatkan. Proses pembayaran bisa menggunakan PayPal atau kartu kredit. Jika tidak memiliki alat pembayaran internasional ini bisa menggunakan jasa pembayaran online.

Wordpress Gratis Universitas
Sesuai namanya blog ini khusus untuk mahasiswa,dosen dan karyawan sebuah universitas. Dari sisi fitur sama dengan Wordpress.com atau wordpress gratis. Beda utamanya adalah di nama domain menyesuaikan dengan nama universitas. Contoh dari blog ini adalah = http://andrihamdani.blog.uns.ac.id.

Karena gratis fitur yang di tawakan juga sangat minim terutama kapasitas hosting. Akan tetapi masih di sediakan plugin tambahan yang juga terbatas jumlahnya. Pengguna blog ini tidak dapat menambahkan atau mengotak-atik kecuali untuk menghapus plugin saja.

Kelebihan dari blog ini adalah dalam hal SEO. Umum di ketahui blog universitas memiliki SEO tinggi karena itu banyak di jadikan untuk back link. Namun sayangnya blog ini mulai di hapus oleh beberapa universitas salah satunya adalah blog student Universitas Diponegoro.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like