Cara Melakukan Pembayaran di Situs Alibaba

Tuesday, October 9, 2018
Yaris Heykers
Membeli barang di situs Alibaba sedikit berbeda dengan e-commers lainnya terutama pada proses pembayaran. Penyebabnya karena ongkos kirim untuk barang yang di pesan akan di hitung terlebih dahulu oleh seller. Penjelasan ini sudah Kami bahas pada tutorial sebelumnya, silakan klik di sini.

Sebelum melanjutkan artikel ini sebaiknya silakan baca pada artikel sebelumnya agar penjelasan lebih gampang dan pada intinya artikel ini akan fokus pada masalah pembayaran saja. Proses sebelumnya cukup mudah karena hanya order saja namun ada baiknya di peljari lagi jika tidak paham.

Pembayaran di situs Alibaba dapat di lakukan setelah ada menu yaitu Make Payment. Artinya proses pembelian sudah di setujui oleh seller dan di sana di sertakan juga total harga beserta ongkos kirim. Lebih jelasnya silakan cek pada gambar di bawah ini.


Pada gambar di atas atau pojok kiri bawah ada menu yaitu Make payment artinya Sobat sudah bisa melakukan pembayaran. Keterangan di sana juga meliputi ongkos kirim yaitu sebesar 20 USD. Sehingga total harga adalah 44.50. Perlu di ketahui juga harga ini belum tentu harga total karena ada tambahan lagi yaitu Transaction fee dengan perhitungan 2.95% dari total transaksi. Jadi harga totalnya adalah 44.50 USD di tambah 1.32 USD = $45.82.

Jika Anda setuju dengan harga ini silakan klik saja menu Make payment, jika merasa keberatan denga besaran ongkos kirim silakan nego kembali dengan menghubungi si penjual. Jika sudah akan muncul total harga barang dan metode pembayaran. Sobat bisa memilih yaitu dengan kartu kredit, e-Cheking atau T/T Bank transfer.


Masing-masing keterangan pembayaran sudah di jelaskan di sana. Untuk lebih mudahnya menggunakan kartu kredit karena bank lokal Indonesia juga mendukung. Untuk pembayaran dengan kartu kredit Kami rasa sudah tidak perlu di jelaskan lagi. Point pentingnya adalah kartu kredit tidak harus atas nama pemesan / pembeli jadi bisa menggunakan kartu kredit atas nama siapa saja.

Setelah proses pembayaran selesai silakan kontak penjual. Silakan tanyakan apakah proses pembayaran sudah di terima. Biasanya saat itu juga mereka akan mendapatkan laporan termasuk jika pembayaran gagal (limit kartu kredit) atau dana tidak mencukupi. Gambar di bawah ini adalah contoh pembayaran sudah sukses.


Jika pembayaran sudah di terima Sobat hanya perlu menunggu saja proses berikutnya yaitu menunggu barang di kirim dan di terima. Proses ini butuh waktu dengan estimasi sudah di jelaskan. Sembari menunggu bisa kontak ke penjual.

Pada contoh ini adalah proses pada tahapan sudah sampai di Indonesia pengiriman dari Hongkong di kirim via jasa ekspedisi DHL Express. Dari gambar proses order atau pembayaran tanggal 5 Oktober barang sampai tanggal 15 Oktober. Saat barang sampai Sobat akan di hubungi oleh pihak DHL. Jika menggunakan layanan Express Mail Service (EMS) akan di hubungi oleh pihak kantor Pos Indonesia.



Biasanya pihak DHL akan meminta bukti pembayaran atau bukti transaksi. Silakan Sobat print kan saja dari transkasi yang ada di akun alibaba. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat seperti pada gambar di bawah ini. Tidak semua pengiriman memiliki tracking seperti pengiriman EMS.


Point penting yang perlu di ketahui juga adalah ada masa waktu yang di berikan bagi pembeli untuk segera melakukan pembayaran. Durasi waktu ini bisa beragam, tidak akan lebih dari satu minggu. Jadi jika menu pembayaran sudah muncul segera lakukan pembayaran karena jika sudah melewati batas waktu maka si penjual akan membatalkan order.

Biasanya kendala utama pembayaran adalah tidak memiliki kartu kredit. Namun Sobat tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan jasa pembayaran online. Jika kebetulan harga mencapi puluhan juta cari jasa bayar yang tidak menggunakan sistem fee berdasarkan total harga karena nanti harga totalnya akan semakin besar. Kami merekomendasikan menggunakan jasabayar.co.id, karena sudah berpengalaman dalam membayar di situs alibaba dalam jumlah puluhan juta dan yang terpenting adalah terpercaya.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like