Cara Mengatasi Koneksi Internet Dan WiFi Mati Saat Layar Terkunci di Ponsel Lenovo

Wednesday, March 15, 2017
Yaris Heykers
Saya adalah pengguna ponsel Android merek Lenovo degan seri A850. Ponsel ini Saya pergunakan untuk melayani pertanyaan customer (customer service) dengan aplikasi LINE maupun WhatsaApp. Koneksi internet yang Saya gunakan adalah koneksi WiFi saja.

Permasalahannya adalah pada ponsel Android jenis Lenovo pada saat posisi stand by atau layar terkunci, koneksi internet mati jadi pesan atau pertanyaan dari customer baru bisa saya buka setelah layar terbuka. Seringnya pesan masuk telat karena saya jarang buka jika tidak ada notifikasi pesan masuk.

Sepertinya masalah ini tidak hanya terjadi di ponsel merek Lenovo. Merek lain seperti Oppo memiliki pengaturan yang sama atau pengaturan bawaan (default). Bahkan untuk merek Asus beberapa tipe juga ada. Untuk merek Samsung sepertinya fitur bawaan ini tidak ada karena 3 ponsel Android yang pernah saya gunakan tidak menggunakan fitur ini.

Tujuan dari fitur ini sebetulnya untuk menghemat penggunaan baterai sekaligus menghemat penggunaan paket data. Jadi jika ponsel dalam keadaan mati data tidak akan terbuang sia-sia. Hal ini tentunya akan merepotkan jika digunakan untuk customer service. 

Berikut ini cara mengatasi koneksi internet dan WiFi mati saat layar terkunci di ponsel Lenovo maupun tipe Android lainnya. 

Silakan buka menu Pengaturan pada ponsel Lenovo cari menu WiFi jika menggunakan koneksi WiFi dan pilih pada Sambungan data jika koneksi adalah dari provider kartu. Saya contoh kan disini adalah koneksi WiFi. 

Pilih menu Sebelah tombol Home kemudian silakan pilih menu Lanjutan. Lihat pada gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya. 
Silakan lanjutkan dengan menekan pada menu Terus nyalakan WLAN selama dalam mode tidur keterangan lihat gambar di bawah ini. 

Ada 4 opsi seperti pada gambar di bawah ini. Jika dalam posisi pengaturan pabrik pengaturan yang ada adalah Jangan pernah. Silakan pilih opsi Selalu, geser saja pada posisi lingkaran disamping tulisan Selalu. 

Proses selesai. Untuk koneksi Data caranya sama seperti di atas. Silakan pilih pada menu Sambungan data. Untuk ponsel Android merek lainnya mungkin sedikit beda, bisa cek di video di bawah ini untuk penjelasannya. jika cara di atas tidak bisa silakan sampaikan di kolom komentar sertakan juga merek ponsel Androidnya. Selamat mencoba.


All New Calya

Youtube

Facebook Like