Cara Mudah Membuat Gambar Smartphone Dengan Aplikasi Photoshop

Monday, May 16, 2016
Yaris Heykers
Gambar adalah bagian terpenting dari sebuah website atau blog, sedapat mungkin gambar yang akan kita upload ke dalam sebuah blog adalah gambar asli buatan kita sendiri entah itu jepretan kamera atau gambar hasil produksi sendiri dari aplikasi pembuat gambar seperti Photoshop. Selain itu juga akan menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan semisal laporan copy paste jika mengambil dari blog lain. 

Kelebihan jika menggunakan gambar milik sendiri selain aman juga berpengaruh terhadap SEO blog, dalam hal ini adalah kata kunci pencarian gambar. Orisinalitas artikel atau tulisan serta didukung dengan gambar milik sendiri dapat dipastikan blog akan lebih unggul dalam hal SEO. Nah bagi Sobat yang kebetulan memiliki blog atau website membahas tutorial atau review Smartphone dan butuh gambar silakan simak tutorial cara membuat gambar Smartphone berikut ini.

Untuk aplikasi yang Saya gunakan di sini adalah Photoshop CS5, tipe lainnya juga bisa asalkan memiliki menu utama yaitu Shape. Sebagian besar cara membuat gambar di sini menggunakan menu Shape dan Rectangle Tools. Sebagi contoh beberapa Smartphone yang sudah Saya buat seperti pada gambar dibawah ini. 

Buka aplikasi Photoshop di PC atau Laptop yang Sobat miliki, silakan buat Layer ukuran sesuaikan dengan keinginan Sobat, jika ingin membuat gambar dalam ukuran besar opsi pilihan layer bisa diatas 1000 Pixel. 


Teakn menu nomor 1 atau dapat langsung ke menu 2, kedua ini fungsinya sama. Silakan lanjutkan dengan mencari jenis gambar pada menu Shape atau pada nomor 2, silakan cari shape Tabbed Button seperti pada gambar nomor 3. 

Buat shape ke bidang Layer yang sudah, silakan ganti warna jika ingin mengganti warna, seret agak ke bawah sehingga membentuk setengah layar Smartphone dalam posisi terbalik. Untuk mendapatkan satu bagian yang lain silakan copy Shape dan silakan klik menu Edit kemudian pilih Transform pilih Rotate 360 derajat. Gabungkan 2 shape yang sama sehingga membentuk gambar Smartphone utuh seperti pada gambar diatas. Untuk memberi gambar layar silakan gunakan menu Rectangle Tools seperti pada nomor 4. 

Untuk memberi tombol lingkaran menu seperti pada iPhone gunakan menu Shape cari bentuk lingkaran, warna dan bentuk sesuaikan letaknya sama seperti bentuk iPhone. Lakukan hal yang sama pada bagian atas atau kamera. Untuk menu Suara cari menu Shape berbentuk garis lurus, atur juga sesuai dengan bentuk asli dari speaker. 

Pada gambar diatas bentuk Smartphone masih miring silakan sobat putar atau tegakkan sehingga posisi menjadi vertikal. Untuk jenis gambar Tablet biarkan posisi tetap miring atau horisontal. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini.
Sangat simpel dan mudah, tidak butuh keahlian dalam hal aplikasi PhotoShop, yang diperlukan hanyalah ketersediaan atau kelengkapan dari menu Shape pada Photosop. Untuk menu Shape ini Sobat dapat mencari, silakan googling dengan kata kunci Shape format CSH File, silakan pilih sesuai dengan kebutuhan.  

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like