Cara Download dan Instal Aplikasi WhatsApp di Tablet Android

Monday, May 23, 2016
Yaris Heykers
Aplikasi WhatsApp di Indonesia saat ini masih kalah populer dengan aplikasi chat lainnya seperti Blackberry Messenger, namun untuk skala internasional aplikasi chat ini merajai terlebih setelah di akuisisi oleh Facebook. Alasannya suksesnya adalah karena WhatsApp fokus pada komunikasi dan gratis, bandingkan dengan aplikasi Chat lainnya yang memiliki banyak fitur seperti game / permainan, stiker dan fitur lainnya. 

Tidak berbayar dan tidak ada iklan, pertanyaannya dari mana WhatsApp mendapatkan pendapatan?. Jawabannya saat ini memang tidak ada iklan namun ke depan WhatsApp akan menggunakan pesan berbayar yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk sarana promosi. 

Pada awal Saya menggunakan Samsung Galaxy Tab 3.8.0 3G, aplikasi WhatsApp tidak tersedia di Play Store (Google Play), selang beberapa bulan aplikasi ini sempat muncul di Play Store namun saat ini aplikasi ini tidak lagi ada di Play Store. Aplikasi ini memang diperuntukan bagi pengguna Smartphone karena beberapa jenis Tablet tidak mendukung fungsi telepon dan pengiriman pesan atau yang dikenal dengan Tablet Wi-Fi.


Bagi Sobat yang kebetulan menggunakan Tablet Android dan ingin menggunakan aplikasi WhatsApp silakan simak penjelasannya cara download dan instal aplikasi WhatsApp ke dalam Tablet Android berikut ini. 

Karena tidak tersedia di Play Store maka untuk mendapatkan aplikasi ini Sobat harus mendownload di luar Play Store, Sobat tidak perlu repot mencari aplikasi ini karena sudah saya sediakan dan update setiap ada versi terbarunya (versi resmi Play Store). Aplikasi WhatsApp yang Saya sediakan merupakan aplikasi resmi dari WhatsApp dengan fitur juga sama persis dengan versi Play Store. Pada saat tulisan ini dibuat versi terbaru WhatsApp adalah 2.16.94. 

Silakan sobat download aplikasi WhatsApp terbaru di link yang sudah Saya sediakan di menu Aplikasi, ada 3 link download silakan Sobat pilih salah satu, ukuran file juga sudah tertera, pastikan ukuran file yang sudah terdownload sama dengan keterangan untuk menghindari file tidak dapat di instal di Tablet Android. Untuk lebih jelas cara download silakan baca di artikel Cara Download File Aplikasi Langsung Dari Ponsel Android

Setelah proses download sukses silakan Sobat buka aplikasi tersebut. Pada saat membuka aplikasi otomatis Sobat akan di arahkan ke menu pengaturan di Tablet yang sobat gunakan. Pengaturan disini adalah pengaturan instal aplikasi di luar Play Store. Semua tipe Android memiliki fitur pengaturan ini, sehingga semua file yang di download di luar Play Store pada saat di instal akan otomatis masuk ke pengaturan privasi atau Instal Terblokir. Lebih detailnya silakan sobat baca di artikel Cara Setting Instal Aplikasi Hasil Download Langsung Dari Android. Proses ini hanya akan terjadi file aplikasi WhatsApp yang sudah terdownload tidak korup atau ukuran file tidak sesuai.

Sampai tahapan ini proses instal dan download aplikasi WhatsApp sukses jika sesuai dengan petunjuk di atas. Permasalahan yang sering terjadi adalah gagal download biasanya ukuran filenya terlalu kecil, salah satu penyebabnya adalah dari file upload yang  Saya gunakan. Silakan Sobat lakukan download ulang aplikasi WhatsApp sesuai dengan ukuran yang sudah tertera hingga sukses,butuh sedikit kesabaran dan ketelitian karena biasanya juga iklan dari uploader sedikit mengganggu pada saat download. 

Untuk lebih jelasnya, silakan Sobat lihat pada video tutorial Cara Download dan Instal Aplikasi WhatsApp di Tablet Android yang ada di bawah ini. Dalam video ini Saya jelaskan secara detail mulai awal download hingga instal aplikasi WhatsApp. Selamat mencoba, sampaikan di kolom komentar jika ada pertanyaan.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like