Pembayaran Patreon Menggunakan Kartu

Thursday, March 4, 2021
Yaris Heykers

Artikel ini adalah petunjuk bagi Sobat yang ingin melakukan pembayaran patreon menggunakan kartu. Untuk diketahui satu kartu hanya dapat digunkana untuk pembayaran 1 akun patreon. Berdasarkan pengalaman jika menggunakan lebih dari satu akun, besar kemungkinan akun akan di banned. Hal ini berlaku juga untuk pembayaran menggunakan paypal. 


Sekedar informasi saja jika melakukan pembayaran menggunakan paypal maka akun paypal wajib terhubung dengan kartu karena ada otomatis pembayaran atau auto renewal. Jadi jika Sobat sudah memiliki akun paypal tapi tidak terhubung dengan kartu maka tidak akan bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di Patreon. 


Sebelum melakukan pembayaran atau berlangganan patreon pastikan sudah membuat akun patreon dan pastikan juga akun sudah terverifikasi. Setelah akun jadi mari kita lakukan pembayaran dan berikut ini adalah tahapannya.


1. Memilih Harga

Silakan Sobat pilih kreator yang ingin dibayar atau berlangganan. Silakan pastikan terlebih dahulu harga yang ingin di pilih. Pada contoh gambar di bawah ini adalah berlangganan kreator Say What Reacts dengan URL = https://www.patreon.com/saywhatreacts.


Pada gambar diatas adalah harga berlangganan yang tersedia yaitu $1, $5 dan $10. Pada contoh ini Kita akan berlangganan harga $5. Lihat pada tulisan S.W.A.T Team Rapppits (Elite). Ini yang membedakan paket harga berlangganan satu dengan lainnya, jadi disini bisa disimpulkan jika harga semakin mahal maka fasilitas yang ditawarkan lebih lengkap. Klik pada tulisa Join.


2. Memasukkan Negara

Kita akan diarahkan ke menu untuk memilih negara / Please confirm your residence. Silakan Sobat pilih negara Indonesia atau sesuai dengan tempat tinggal saat ini. Kemudian silakan klik menu Submit




3. Memasukkan Kartu

Selanjutnya kita akan di arahkan ke bagian pembayaran atau memasukkan kartu. Untuk lebih jelasnya silakan lihat pada gambar dibawah ini. Silakan fokus pada kotak warna biru. 




Berikut adalah point-point penting yang wajib diisi. 

  • Pada menu Name (name on card)/ nama pada kartu, silakan isi sesuai dengan nama Sobat sesuai KTP/SIM/Passport atau identitas resmi lainnya. 
  • Pada menu Card Number / nomor kartu isikan nomor kartu. Isi dengan 16 digit angka.
  • Pada menu Expiration / kadaluarsa isi kan masa berlaku kartu, diisi dengan format bulan dan tahun. Contoh format penulisanya sama seperti pada contoh di atas 09/24 berarti September 2024.
  • CVV adalah kode yang terdiri dari 3 angka.
  • Post Code adalah nomor kode pos, isikan sesuai dengan kode pos lokasi tempat tinggal Sobat.

4. Proses Pembayaran
Jika semua data sudah diisi silakan klik pada menu Pay With Card. Tunggu prosesnya sampai selesai. Jika sudah selesai dan sukses makan akan ada notifikasi pembayaran sukses dan juga ada email masuk pembayaran sukses seperti dibawah ini.



Pada email diatas juga suda ada keterangan dimana benefit apa yang di dapatkan dari berlangganan kreator tersebut. Ada keterangan Access to 144 exclusive post

Ada kalanya proses gagal dengan keterangan You do not have permission to create this card. Kurang lebih jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah 'Anda tidak memiliki izin membuat/menggunakan kartu ini' artinya proses ditolak dan jangan diulangi sekali lagi karena akan menyebabkan akun di banned / tidak bisa login. 

Dalam patreon berlaku berlangganan tiap bulan jadi pada bulan berikutnya akan tertagih otomatis namun ini sifatnya bisa di non aktifkan. Jadi setelah selesai melakukan pembayaran sebaiknya di batalkan berlangganan otomatis agar tidak tertagih otomatis tiap bulan. 

Penting untuk diketahui berlangganan patreon di mulai dari tanggal 1 awal bulan waktu pasific (Pacific Daylight Time) atau tanggal 1 jam 14.30 WIB. Jika Sobat kesulitan dalam pembayaran silakan kontak jasa pembayaran yang sudah terpercaya seperti jasabayar.co.id


All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like