Problem Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Tuesday, January 19, 2021
Yaris Heykers

Artikel ini membahas kelanjutan dari video youtube pada pembahasan solusi aplikasi tidak terpasang saat instal aplikasi dari luar Play Store. Jadi pada intinya saat menginstal aplikasi yang di dapatkan atau di download dari luar play store selalu gagal dengan keterangan apk tidak terinstal.


Pada pembahasan masalah ini di alami oleh penonton dari channel youtube Kami, lalu menghubungi Kami lewat wahtsapp. Dikarenakan tidak bisa mempraktekan dalam bentuk video jadi kami buat saja dalam bentuk tulisan dengan kronologi kasus sesuai yang dialami.


Jadi penonton channel Youtube saya ini ingin mendownload games yang bernama Virtual Host. Ukuran aplikasi sangat kecil hanya 1.19 Mb tapi pada saat proses instalasi selalu gagal. Sudah saya coba memberikan petunjuk tapi masih gagal dan akhirnya setelah sesi tanya jawab berakhir pada satu kesimpulan yaitu kapasitas memori ponsel sudah tidak mencukupi.



Kami memiliki 3 ponsel dimana aplkasi Virtual Host kami instal di ketiga ponsel ini dan tidak ada masalah sama sekali. Karena itu kami mengambil kesimpulan penyebab gagalnya atau tidak bisa instal karena memori ponsel tidak mencukupi. 


Pada gambar diatas bisa dilihat memori tersisa tinggal 376.66 MB dari 2 GB. Meskipun ukuran games hanya 1.19 Mb tapi pada saat games ini dijalankan akan membutuhkan lebih dari 1 Gb. Inilah mungkin penyebab games ini tidak dapat diinstal. Sudah umum diketahui games memang membuuthkan memori penyimpanan lebih besar dari pada ukuran aslinya setelah diinstal dan dijalankan.


Solusi dari masalah diatas adalah dengan mengurugani file sehingga tersisa minimal 1 GB. Jika hal ini masih gagal bisa jadi memang butuh memori lebih besar atau lebih dari 2 Gb. Memori internal 16 GB untuk ponsel memang tidak di sarankan apalagi untuk digunakan menginstal games. 16 GB jika di hitung kasar untuk dipakai disistem android saja sudah memakan banyak memori. 


Jika ingin menggunakan ponsel untuk menginstal games sebaiknya memang menggunakan ponsel dengan memori internal minimal atau lebih dari 32 GB. 


All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like