Cara Mendapatkan Token PLN Gratis Untuk Pelanggan 450 dan 900 Watt

Saturday, April 4, 2020
Yaris Heykers
Pemerintah mengambil kebijakan terkait dampak corona (Covid 19) kepada pelanggan PLN khususnya untuk pelanggan pengguna token listrik atau listrik pra bayar dengan kapasitas daya 450 VA dan 900 VA. Kebijakan ini diambil sebagai salah satu bentuk kompensasi kepada pelanggan PLN diseluruh Indonesia.

Saya akan membagi pengalaman bagaimana cara mendapatkan token gratis dari PLN ini, karena dari pengalaman tidak semua pelanggana mendapatkan token gratis disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah perubahan data pengguna dari semula R1 /R1T berubah menjadi R1M.

Penting untuk diketahui hanya pelanggan dengan kode R1 /R1T 450 dan R1/900 saja yang mendapatkan kompensasi token dari PLN tidak berlaku untuk pelanggan dengan kode R1M. Jika kebetulan di meteran tertera kode R1T900 tapi tidak mendapatkan kode token artinya sudah ada perubahan status dimana perubahan ini tidak diupdate. Perubahan status ini dikarenakan pengguna sudah dikategorikan mampu ditunjukkan salah satunya perubahan rumah dari papan menjadi tembok dan keramik. Untuk lebih jelasnya silakan dibaca disini.

Saya sendiri adalah pengguna listrik dalam kategori R1M dan kebetulan juga pascabayar jadi tidak masuk kategori. Pengalaman ini saya dapatkan dari hasil membantu kawan-kawan. Silakan ikuti petunjuk berikut ini.

Kita pastikan dulu apakah kita masuk dalam kategori pelanggan yang mendapatkan token listrik gratis apa tidak dengan cara paling simpel adalah mengunjungi situs tokopedia. Tahapannya sebaga berikut :
  1. Masuk ke situs tokopedia atau klik link ini = https://www.tokopedia.com/pln
  2. Masukkan ID pelanggan atau nomor meter. Pilih Token listrik. Jika sudah pilih saja pulsa Rp. 20.000 
  3. klik Beli
  4. Muncul keterangan nama pengguna, nomor ID pelanggan dan daya yang digunakan atau masuk ke kategori pelanggan jenis apa. Untuk lebih jelasnya silakan cek gambar di bawah ini.
Pelanggan bersubsidi

Pada gambar diatas pada kotak merah tertera tulisan R1/450 artinya anda adalah pelanggan yang berhak mendapatkan token gratis PLN. Jika Sobat mendapati tulisan 'Nomor Pelanggan Anda bermasalah' berarti masuk kategori pelanggan tanpa token atau pasca bayar. Tidak usah dilanjutkan ke tahapan Lanjut atau beli token karena kita hanya butuh datanya saja. Gambar di bawah ini adalah contoh pelanggan kategori R1M yang tidak berhak mendapatkan token subsidi.

Pelanggan Non Subsidi

Setelah kita termasuk pelanggan yang mendapatkan token listrik subsidi ada 2 cara mendapatkan token PLN. Silakan dipilih cara yang berhasil. Untuk cara pertama sudah diuji tapi untuk cara kedua belum ada pembuktian. Berikut kedua cara tersebut.

Melalui situs PLN langsung
Langkah pertama silakan masuk ke situs PLN atau langsung silakan klik pada link ini = https://layanan.pln.co.id/. Silakan cek gambar dibawah. 


Untuk mendapatkan token silakan masukkan nomor meter jangan IDPEL (ID pelanggan) karena dari pengalaman selalu gagal jika menggunakan IDPEL. Nomor meter posisi ada di sebelah atas nomor pelanggan atau bersebelahan dengan barcode. Klik menu Cari jika sukses maka akan muncul kode seperti pada gambar dibawah ini.

Silakan masukkan kode token pada gambar diatas ke meteran. Cara memasukkan saya kira tidak perlu diajari karena sama seperti cara isi token listrik sebelumnya.

Cara cek apakah voucer masuk apa tidak adalah dengan melihat jumlah daya sebelum di masukkan voucher. Jika sebelumnya adalah 30.00 kWh setelah dapat gratis token sebesar 87.6 kWh maka jumlahnya menjadi 117.60 kWh sesuai dengan token diatas.



Dengan Kirim Whatsapp
Cara ini efektif berlaku mulai Senin 6 April 2020. Caranya juga cukup mudah cukup mengirim whatsapp ke nomor 08122 123 123 dengan menyertakan nomor ID pelanggan. Sekali lagi pastikan terlebih dahulu Anda adalah pelanggan yang berhak mendapatkan token listrik gratis jika tidak masuk kategori maka tidak akan mendapatkan token.

Contoh pelanggan daya 450 dan 900 watt tidak masuk kategori disubsidi adalah R1M/900, B1/450, B1/900 karena ini masuk kategori usaha.

Kompensasi Listrik Gratis/ Diskon diterima pelanggan dalam bentuk token yang akan diberikan setiap bulan pada bulan April, Mei dan Juni 2020. Pastikan setiap bulan melakukan proses yang sama seperti kedua cara diatas.

Bagimana dengan pengguna listrik tanpa token (pasca bayar) tapi masuk kategori pelanggan yang mendapatkan subsidi listrik gratis, secara otomatis tidak perlu melakukan pembayaran selama 3 bulan yaitu April, Mei dan Juni. Pastikan status sebagai pelanggan R1 /R1T 450 dan 900 (reguler). Jika anda adalah pelanggan 900 watt maka mendapat potongan sebesar 50%. Pastikan data sudah benar-benar dicek caranya silakan datang ke mini market atau kantor pos terdekat apakah ada tagihan jika tagihan Rp. 0 artinya data sudah valid. Jika masih kesulitan silakan datang ke kantor cabang PLN terdekat.

Update = diwacanakan pelanggan 450 dan 900 non subsidi /RIM juga akan mendapatkan subsidi namun kebijakan ini menunggu untuk bulan berikutnya atau Mei 2020. 



All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like