PIN Adsense Tidak Kunjung Datang. Ini Solusinya

Monday, March 2, 2020
Yaris Heykers
Saya sudah 4 kali membuat akun adsense. Akun adsense pertama non hosted dan lainnya hosted dari channel Youtube. Saya akan menceritakan sedikit detail proses pembuatan dari ke-4 akun adsense ini biar jelas dan pastinya akan berhubungan dengan cepat dan tidaknya PIN adsense dikirim.

Akun adsense pertama kali saya buat sekitar tahun 2011. Jenis akun non hosted artinya proses pembuatannya tidak menggunakan channel youtube melainkkan menggunakan blog atau website. Akun ini saya buat menggunakan identitas saya sendiri menyesuaikan dengan nama dan alamat yang tertera di KTP. Alamat KTP tidak menggunakan nomor rumah hanya RT dan RW Saja.

Saya kebetulan tinggal dikampung dimana hampir sebagian masyaraktanya relatif kenal dengan tetangga bahkan tetangga relatif jauh. Asal alamat jelas RT dan RWnya serta namanya juga jelas bisa dipastikan gampang untuk mencari alamatnya. Singakat cerita PIN adsense saya terima dengan rentang waktu sekitar 3 mingguan. Akun ini tidak bertahan lama akhirnya di banned.

Tahun 2014 Saya membuat akun adsense kedua menggunakan channel Youtube. Identitas yang saya gunakan adalah milik kawan. Kebetulan rumah teman saya ini ada di kampung ada nomor rumah dan cukup jelas. Tetangga juga banyak yang kenal. Kurang lebih 4 minggu PIN adsense sudah ditangan. Saat ini akun adsense tersebut digunakan oleh kawan saya sendiri jadi mau tidak mau harus membuat akun adsense lagi.

Akun adsense ke-3 Saya buat sekitar bulan Juni 2019 atas permintaan dari teman dimana menggunakan channel youtube, email serta KTP yang bersangkutan. Jadi disini saya hanya membantu proses pembuatannya saja. Proses pengiriman PIN adsense juga berjalan lancar tidak sampai 1 bulan sudah sampai karena alamat sangat jelas ada nomer rumah, nama jalan dan juga RT dan RW karena teman saya ini tinggal diperumahan.

Akun adsense ke-4 saya buat menggunakan channel youtube saya sendiri tapi menggunakan identitas atau KTP adik saya. Kebetulan tidak satu rumah dan beda kota. Pembuatan akun ini diperbolehkan,  walaupun channel youtube saya buat menggunakan email yang dulu sudah pernah saya gunakan untuk membuat akun adsense dan dibanned.

Alamat KTP adik saya ini ada dikampung di kota Solo. Sesuai KTP alamat hanya RT, RW, kelurahan dan kecamatan saja tidak ada nomor rumah. Permasalahan disini adalah tempat tinggal adik saya tidak sesuai KTP karena hanya numpang pembuatan KK saja. Tetangga terdekat juga relatif tidak banyak yang menggenal. Proses pengajuan PIN adsense pertama tanggal 15 November 2019. Pengajuan total hingga 3 kali dimana yang terakhir adalah tanggl 24 Februari 2014.

Sekitar tanggal 4 Januari 2020 adik saya datang ke kantor pos terdekat untuk menanyakan apakah ada surat dari google. Ternyata jawabannya nihil sampai akhirnya datang ke kantor pos lagi untuk kedua kalinya pada tanggal 16 Februari 2020 hasilnya nihil juga. Adik saya meminta kontak petugas pos jikalau ada surat datang mudah dikabari.

Menurut pengakuan petugas Pos Indonesia dan memang diasksikan sendiri oleh adik saya, ada banyak sekali surat dari google. Dalam surat tersebut penulisan nama penerima banyak yang aneh. Beberapa contoh nama aneh adalah Kang Mas Bendol, Kang Mas Eko dan sebagainnya. Penulisan ini mungkin menyesuaikan dengan nama channel youtube padahal harusnya menyesuaikan dengan KTP yang sudah ditulis diakun adsense.


Hari ini saya coba mengontak nomor Whatsapp petugas Pos Indonesia untuk menanyakan apakah ada surat dari Google dan jawabannya sudah ada dibuktikan dengan dikirim foto seperti pada gambar diatas. Saya akan mencoba menganalisanya kurang lebih apa penyebabnya kenapa surat atau PIN adsense tidak kunjung datang.

Semua PIN adsense yang sudah diajukan sudah pasti dikirim oleh pihak google. Permasalahan tidak sampai disini bisa jadi disebabkan oleh kesalahan kita saat mengisi alamat. Alamat disini mungkin salah di kode pos.  Surat berisi PIN adsense dari Google dikirim dari Malaysia sampai di Indonesia dipisah berdasarkan kode pos, jadi sekali nulis salah pasti akan nyasar. Atau bisa juga nama penerima aneh seperti penjelasan diatas.

Analisa kedua adalah alamat tidak lengkap seperti tidak ada nomor rumah hanya RT dan RW saja seperti kasus yang saya alamai. Bisa jadi petugas Pos Indonesia memang sudah datang kelamat tapi saat dicari sesuai nama penerima tidak ketemu. Perlu diketahui petugas Pos Indonesia untuk area atau wilayah kerjanya adalah sama kecuali ada rotasi. Jadi logikanya setelah surat pertama datang dicari tidak ketemu besar kemungkina setelah pengajuan kedua alamat masih sama kebetulan dapat petugas yang sama jelas tidak akan dikirim lagi.

Tips bagi Sobat yang sedang mengajukan PIN Adsense jika alamat tidak jelas seperti kasus yang saya alami ini sebaiknya langsung ke kantor pos 1 atau 2 minggu setelah mengajukan PIN adsense. Pastikan untuk meninggalkan foto copy KTP dan nomor ponsel (untuk KTP bisa di kirim setelah dapat nomor Whatsapp). Hubungi petugas pos secara berkala siapa tahu surat sudang datang. Selamat menunggu PIN adsense semoga lekas sampai.

All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like