Cara Cepat Mendapatkan 1000 Subscriber dan 4000 Jam Tayang Youtube

Wednesday, February 26, 2020
Yaris Heykers
Menjadi Youtuber saat ini dapat dikatakan gampang-gampang susah. Ada syarat yang wajib dipenuhi jika ingin mendapatkan uang (monetisasi) dimana syarat ini tidak mudah dan butuh waktu tahunan. Pengalaman saya untuk bisa mendapatkan 1000 Subscriber dan 4000 Jam butuh waktu kurang lebihnya 4 bulan.

Saya ingin memulai dari penjelasan perbedaan Youtube dengan blog atau website sebagai gambaran untuk memahai kinerja dari youtube sebagai langkah kedepan dalam menjadi youtuber.

Salah satu channel Yotube saya

Yotube dapat dikatakan unik. Pertama tidak perlu sewa hosting dan domain seperti halnya blog atau website, paling tidak bisa berhemat ratusan ribu setiap tahun. Keunikan yang kedua adalah tidak terlalu memikirkan SEO dan keunikan lainnya adalah semakin lama jumlah pengunjung akan semakin banyak tidak seperti blog semakin jarang di update artikel semakin turun visitornya.

Point penting lainnya adalah dalam youtube keberuntungan adalah faktor nomor satu. Kenapa keberuntungan penting saya akan menjelaskan dipenjelasan berikutnya, sekarang mari kita bahas pengalaman bagaimana Saya mendapatkan 1000 Subscriber dan 4000 Jam.

Tema / Nice Konten.
Tema paling mudah dan terbukti berhasil adalah tema hiburan. Beberapa contoh konten tema hiburan misalnya cover lagu, video parodi dan sejenisnya. Hampir selalu konten tranding di Indonesia adalah seputar konten hiburan.

Satu lagi jenis konten yang bisa mendatangkan pundi pundi rupiah adalah konten dengan tema 'menjual belas kasihan orang lain'. Seperti contohnya adalah prank ojol dimana tujuan utamanya menguras air mata penontonnya. Saya tidak akan membahas tema ini karena tidak punya bakat didunia seni suara atau peran jadi kita bahas saja teman yang relatif lebih umum dipakai.

Saya memiliki dua channel youtube dengan tema yang berbeda, satu hiburan (video memancing) dan satunya adalah konten tutorial. Dari kedua ini yang lebih cepat naik adalah konten tutorial sementara konten mancing relatif lambat meskipun dibuat dalam waktu bersamaan.

Semua konten di channel youtube saya terhubung dengan blog jadi kenapa konten mancing lebih lama berkembang dari pada konten tutoril alasanya visitor blog mancing saya jauh lebih sedikit karena jumlah artikel tidak ada 30. Dari sini dapat ditarik kesimpulan untuk mempermudah mendapatkan subscriber dan jam tayang adalah dengan menghubungkan ke blog atau website.

Teknik SEO
SEO dalam dunia yotube juga sedikit banyak diperlukan tapi tidak sedetail teknik SEO di blog. Caranya juga relatif simpel dengan menggunakan kata kunci yang tepat untuk judul video. Buat judul video menyesuaikan data yang ada di Google Keyword Planner.

Kata kunci untuk menuju video youtube terdiri dari 2 jenis yaitu kata kuncu di mesin pencari atau Google Chrome dan mesin pencari di youtube itu sendiri.

Saya akan mencontohkan kata kunci yang kebetulan masuk di video saya adalah 'mancing bandeng di waduk jatibarang'. Beberapa video saya mucul dimesin pencari Google maupun di mesin pencari youtube karena kebetulan masih jarang video mancing bandeng diwaduk Jatibarang.

Kualitas Video.
Faktor penting agar sukses di dunia youtube adalah kualitas video. Kualitas dilihat dari sisi gambar maupun isi dari konten. Usahakan mengisi konten sebaik mungkin agar orang tertarik untuk subscribe. Biasanya ini akan berbanding lurus dengan jam tayang.

Saat ini sudah banyak sekali konten dengan tema yang sama artinya tingkat persaingan sudah relatif sengit. Jika kita ingin memulai membuat channel youtube dengan teman yang sama sementara pesaing kita kwalitas video dan konten sudah bagus maka tidak mungkin kita membuat video dengan asal-asalan. Jika bisa membuat konten baru dimana tidak banyak pesaing mungkin masih bisa bersaing walapun video dibuat dengan asal-asalan dalam arti kualias gambarnya.

Dalam hal kualitas video ini tidak melulu harus menggunakan kamera DSLR tapi buat dengan ponsel biasa tapi diusahakan sudah tersedia format HD minimal (1920 x 1080 atau satu tingkat dibawahnya).

Belajar membuat video dari Youtube juga sudah banyak tersedia. Jika memungkinkan belajar langsung dari orang yang sudah terbiasa di dunia cinematografi karena cara ini relatif gampang bila dibandingkan dengan otodidak dari youtube. Sampai saat ini semua konten yang ada di channel saya dari proses pengambilan video, editing hinggap proses upload saya lakukan sendiri. Intinya jika ada niat dan usaha pasti akan ada hasil.

All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like