Berapa lama PIN Adsense Sampai ke Indonesia?

Thursday, January 16, 2020
Yaris Heykers
Tahun 2011 adalah tahun dimana saya membuat akun Google Adsense untuk kali pertama. Proses pembuatan menggunakan bantuan pihak ketiga seperti docstoc.com. Untuk saat ini proses pembuatan akun Adsense bisa dikatakan susah dan rumit apalagi untuk akun Adsense non hosted.

Ada dua jenis akun adsense yaitu hosted dan Non Hosted. Fungsinya sama namun fiturnya saja yang berbeda. Untuk akun adsense Non hosted proses pembuatannya cukup rumit tidak segampang seperti dahulu. Wajib menggunakan blog atau website untuk di hubungkan saat proses pembuatannya. Perbedaan antara keduanya adalah akun adsense non hosted bisa digunakan untuk youtube dan blog / website sedangkan akun adsense hosted hanya bisa digunakan untuk youtube saja.

PIN Google Adsense

Adsense hosted proses pembuatannya bisa dibilang lebih mudah, cukup menggunakan Youtube saja. Saat ini youtube juga relatif susah karena harus memebuhi 1000 subscriber dan 4000 jam tayang untuk bisa monetize yang artinya proses pembuatan akun adsense baru bisa disetujui.

Akun adsense membutuhkan proses verifkasi sama seperti akun pembayaran lainnya. Verifikasi disini menggunakan identitas seperti KTP atau passport. Setelah proses verifikasi identitas selesai proses berikutnya adalah menunggu ambang batas pembayaran berkisar Rp. 130.000 untuk bisa mendapatkan PIN Adsense. Selanjutnya PIN dikirim ke alamat sesuai dengan yang tertera pada akun adsense. Tanpa PIN Adsense pembayaran tidak akan bisa dicairkan.

Saya sudah berulang kali membuat akun adsense. Untuk saya sendiri dan juga membuatkan karena diminta oleh kawan. Proses pembuatan akun adsense ini berjenis hosted jadi menggunakan akun Youtube milik teman. Saya hanya membantu dalam hal proses registrasi saja dan pastinya menggunakan identitas teman bukan milik saya. Untuk diketahui akun adsense hanya boleh didaftrakan sekali saja untuk satu identitas, tidak boleh lebih dari satu. Saya akan membagikan berberapa pengalaman membuat akun adsense dan berapa lama proses PIN adsense sampai ke tangan.

PIN akun adsense milik saya sendiri yang saya buat tahun 2011 sampai ke alamat rumah saya sekitar 3 minggu. Belum sempat menikmati hasil akun sudah di banned oleh google. Semua akun adsense dimana proses pembuatan menggunakan situs docstoc.com disapu pihak google. Sejak saat itu proses pembuatan akun adsense relatif lebih susah dengan sejumlah aturan yang baru.

Tahun 2014 saya mulai lagi membuat akun adsense dengan menggunakan media website namun akun masih hosted. Saya membutuhkan hanya untuk monetize Youtube saja. Proses pengiriman PIN juga relatif lancar kurang lebihnya 4 minggu sudah sampai di Indonesia. Saya disini menggunakan email dan identitas teman karena seperti penjelasan diatas satu identitas jika sudah digunakan untuk pembuatan adsense maka tidak akan bisa digunakan lagi.

Pembuatan akun adsense ketiga sekitar bulan Juni 2019. Akun adsense saya buatkan atas permintaan teman. Jenis akun sama yaitu hosted untuk iklan Youtube, jadi menggunakan Youtube teman bukan milik saya sendiri. Pengiriman PIN juga lancar kurang lebihnya 3 minggu sudah sampai di Indonesia tepatnya di kota Semarang. Ketiga akun adsense ini pengiriman PIN ke kota Semarang.

Bulan Februari 2019 saya membuat channel Youtube. Proses menunggu hingga bisa di setujui monetisasi sekitar bulan September 2019. Pada tanggal 12 November sudah ada permintaan untuk mengupload identitas karena sudah mencapai ambang pembayaran. Tanggal 15 November saya upload KTP hingga tulisan ini dibuat PIN adsense tidak kunjung datang. Artinya sudah dua bulan lebih PIN tidak kunjung datang.

Akun adsense saya buat menggunakan identitas keluarga saya namun lokasi berbeda masih di sekitar Jawa Tengah tepatnya di kota Surakarta. Saya juga sudah meminta untuk mengecek di kantor pos terdekat. Setelah di cek menggunakan KTP sesuai alamat pengiriman memang belum ada.

Bagaimana jika PIN tidak sampai sesuai ambang batas 2-4 minggu?. Sesuai aturan dari google jika tidak sampai akan ada proses pengiriman ulang. Proses ini bisa dilakukan jika muncul menu untuk request PIN ulang. Jika menu belum muncul maka tidak akan bisa dilakukan. Menu akan muncul setelah mencapai 1 bulan lebih.

Pengalaman saya membuat akun adsense dan pengiriman PIN baru sebatas apa yang sudah saya jelaskan diatas. Berdasarkan beberapa kasus riquest PIN bisa dilakukan sampai 3 kali namun PIN juga belum juga sampai. Untuk proses ini saya sendiri tidak bisa menjelaskan lebih lanjut karena belum pernah mengalami. Jika ada Sobat yang mengalami atau mungkin ada pertanyaan seputar adsense bisa disampaikan di kolom komentar.

All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like