Solusi Mengatasi Masalah Your server is running PHP version 5.3.29 but WordPress 5.3.2 requires at least 5.6.20.

Saturday, February 8, 2020
Yaris Heykers
Judul artikel ini agak panjang. Pada intinya Kami akan membahas masalah website berplatfrom Wordpress tidak bisa dibuka dengan keterangan Your server is running PHP version 5.3.29 but WordPress 5.3.2 requires at least 5.6.20. Kondisi lainnya selain website blank dengan tulisan tersebut juga tidak bisa login ke wp-admin. Setiap login keterangannya selalu sama. Oke jangan panik solusinya sangat simpel.

Maslah ini pada intinya di sebabkan karena versi PHP pada wordpress yang Kita gunakan sudah kadaluarsa sehingga harus diupdate ke versi terbaru. Update disini harus dilakukan secara manual dengan beberapa tahapan yang sangat simpel.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkana akun login untuk masuk ke Cpanel. Masing-masing Cpanel biasanya tampilannya berbeda tergantung dari mana tempat membelinya. Namun kebanyakan memang sama. Jika tidak memiliki Cpanel silakan kontak ke penyedia hosting biar mereka yang memberikan solusi.

Setelah masuk ke Cpanel silakan klik saja pada menu pencarian kemudian ketik kata kunci select php version. Kemudian kliksaja pada menu search. Lihat gambar dibawah ini. Lihat pada panah dan kotak merah dengan angka 7.1.



Pada gambar diatas ada menu PHP version. Inilah yang menjadi penyebab kenapa website dan Cpanel tidak bisa dibuka. Versi yang digunakan biasanya lebih rendah dari pada Current PHP version. Misal PHP version 3 sementara Current version adalah 5 maka PHP perlu dilakukan update.

Pada contoh diatas versi sebelumnya adalah 3 saya ubah menjadi versi 7. Setelah itu tidak perlu di simpan biarkan saja karena proses sudah selesai. Hosting yang digunakan pada tampilan diatas adalah Hawkhost. Sekali lagi mungkin tampilannya akan berbeda tapi intinya akan tetap sama.

Untuk menguji apakah proses sudah berhasil harusnya website sudah dapat diakses kembali. Tidak hanya tampilan harusnya sudah bisa masuk ke wp-admin. Sekali lagi proses ini hanya mengupdate versi PHP saja jadi relatif mudah.

Cara diatas harusnya berhasil. Jika masih gagal atau ada pertanyaan lainnya silakan sampaikan dikolom komentar.

All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like