Cara Memilih Web Hosting yang Sesuai beserta Rekomendasi

Thursday, July 26, 2018
Yaris Heykers

Dengan semakin banyaknya pilihan web hosting yang tersedia di pasaran, hal-hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum menjatuhkan pilihan web hosting?

1.    Pahami kebutuhan
Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memilih web hosting adalah memahami kebutuhan website, seperti

     Tipe website apa yang akan dibuat?
Tipe website tentu akan mempengaruhi paket web hosting mana yang seharusnya dipilih. Misalnya jika website berbasis WordPress akan membutuhkan web hosting yang berbeda dengan website HTML.
Jenis website apa yang akan dibuat? Personal, company profile, atau toko online? Kebutuhan web hosting toko online akan jauh lebih besar dibandingkan website personal, sehingga lebih baik sudah diputuskan dari awal agar tidak salah memilih.

     Berapa estimasi traffic website sekarang dan di masa yang akan datang?
Sebaiknya anda memiliki estimasi kasar berapa jumlah traffic website per hari dan per bulan dan berapa besar pertumbuhan website yang diharapkan? Kedua hal tersebut penting dijawab oleh setiap pemilik web karena akan menjadi panduan dalam memilih paket hosting yang sesuai. 

2.    Kualitas Web Hosting
Tentu setiap webmaster menginginkan web hosting yang memberikan performa terbaik dan agar website online setiap saat karena downtime bisa berakibat negatif seperti misalnya penurunan pendapatan.

Meski tidak akan ada web hosting sempurna yang menawarkan uptime 100%, Anda tetap harus memastikan bahwa web hosting pilihan memiliki uptime tinggi, minimal 99%.

3.    Opsi untuk Upgrade
Bagi sebagian besar pemula, shared web hosting sudah memenuhi kebutuhan, tapi tentu seiring dengan pertumbuhan website, kebutuhan akan bandwidth, disk space, dan sumber daya lain juga akan meningkat. Cari web hosting yang menawarkan opsi untuk berkembang, misalnya web hosting yang juga menawarkan opsi VPS hosting atau dedicated hosting, sehingga saat Anda ingin melakukan upgrade, proses transisi akan mudah.

4.    Harga
Harga bisa dibilang salah satu faktor penting bagi kebanyakan orang, tapi sebaiknya Anda tidak menjadikan sebagai faktor ini sebagai penentu. Banyak sekali web hosting murah, tapi ternyata kualitas yang Anda dapatkan justru jelek. Banyak juga web hosting yang menawarkan hosting murah, namun jika Anda butuh add-on harga selangit.

Bandingkan spesifikasi, fitur, dan harga paket web hosting dari beberapa penyedia hosting. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

5.    Fitur Tambahan
Jujur saja sebagai pembeli kita ingin mendapatkan lebih tanpa mengeluarkan uang tambahan. Cari tahu apa saja fitur tambahan yang bisa didapatkan. Apakah web hosting yang Anda pilih menawarkan domain gratis atau memiliki kewajiban uang kembali?
Hal-hal ini mungkin terlihat sepele bagi sebagian orang padahal tambahan-tambahan ini bisa menghemat pengeluaran hosting.

6.    Review Pengguna
Sebagai konsumen kita harus jeli dalam membelanjakan uang, salah satunya adalah dengan melakukan riset sebelum mengambil keputusan pembelian. Kita beruntung berada di era informasi terbuka sehingga banyak sekali unbiased review yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui lebih dalam tentang kualitas dan pelayanan web hosting.

Rekomendasi Web Hosting
Hostinger Indonesia

Hostinger adalah perusahaan web hosting dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam dunia web hosting. Kualitas dan layanan tidak perlu diragukan lagi. Hostinger memiliki lebih dari 29 juta pelanggan di 178 negara. Salah satunya tentu di Indonesia.

Hostinger memiliki beberapa layanan web hosting yang meliputi
     Shared Hosting
     Web Hosting Bisnis
     VPS Hosting


Shared Web Hosting

Harga Paket Web Hosting Hostinger

Hostinger memiliki 3 paket shared web hosting, yaitu web hosting single, premium, dan bisnis. Masing-masing ditujukan untuk target pasar yang berbeda. Misalnya web hosting single lebih cocok digunakan pemula untuk membuat sebuah website.

Paket ini memungkinkan Anda belajar mengenai cara mengelola blog dan web hosting tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Sementara web hosting premium lebih sesuai untuk website berkembang yang membutuhkan bandwidth dan disk space lebih tinggi. Web hosting premium dan bisnis sama-sama menawarkan fitur unlimited yang meliputi jumlah website, SSD diskspace, bandwidth. Hanya saja dengan paket web hosting bisnis Anda akan mendapatkan fitur backup harian dan 4x optimasi kecepatan website. Tak heran jika paket ini cocok untuk website dan bisnis yang sudah stabil. Untuk informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi shared hosting bisa dilihat di https://www.hostinger.co.id/web-hosting

Web Hosting Bisnis
Web Hosting Bisnis merupakan layanan terbaru Hostinger yang mereka sebut mengkombinasikan kecanggihan VPS dan kemudahan shared hosting. Dengan web hosting bisnis ini Anda bisa membuat ecommerce dan aplikasi. Selain itu juga cocok digunakan untuk website dengan traffic tinggi.

Web Hosting Bisnis Hostinger


Jika shared hosting tidak lagi memenuhi kebutuhan website, maka VPS hosting bisa menjadi pilihan terbaik untuk website Anda.

Hostinger menawarkan 6 paket VPS yang bisa diperoleh mulai dari Rp 69.305 per bulan, dengan disk space 20 GB dan bandwidth 1000 GB. Selain itu Anda akan juga mendapat  RAM 1 GB, burst RAM 2 GB, 2.4 GHz CPUs. Harga paket ini ini bahkan lebih murah dari paket web hosting bisnis.

VPS hosting Hostinger

Jadi itulah beberapa cara atau faktor yang perlu Anda perhatikan dalam memilih web hosting yang sesuai untuk website. Semoga bermanfaat dan membantu.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like