WhatsApp Business Untuk Online Shop

Sunday, January 21, 2018
Yaris Heykers
Kabar baik bagi Sobat pelaku bisnis online karena WhatsApp baru saja merilis aplikasi terbaru yang diberi nama WhatsApp Business. Aplikasi berplatfrom WhatsApp ini memiliki sejumlah kelebihan yang tidak di miliki oleh WhatsApp biasa yang pastinya akan mendukung bisnis online Sobat.

Sebagai pelaku bisnis online Saya memiliki sejumlah kendala diantaranya masalah kepercayaan konsumen untuk melakukan transaksi online. Meskipun pada dasarnya saya menggunakan 5 rekening untuk proses transaksi. Sebanyak apapun rekening yang di miliki ternyata tidak menjamin konsumen akan percaya begitu saja. Solusi masalah ini bisa di atasi dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Business dimana pihak WhatsApp yang akan menjamin online shop sobat terverifikasi oleh pihak WhatsApp.



Untuk proses verifikasi sepertinya memang dari pihak WhatsApp sendiri yang akan mengubungi pemilik bisnis. Sampai saat ini proses verifikasi masih terbatas bagi beberapa akun bisnis yang berpartisipasi pada program percobaan. Keterangan ini dapat di lihat di FAQ WhatsApp aau bisa di lihat di link ini : https://faq.whatsapp.com/general/26000052. Setelah terverifikasi akan ada lencana warna hijau.

Beberapa fitur pada aplikasi WhatsApp Business yang cukup menarik yang tidak di miliki oleh aplikasi WhatsApp biasa antara lain adalah
  • Profil bisnis di lengkapi dengan jam operasional bisnis, alamat bisnis dengan Gooogle Maps, alamat website dan alamat email bisnis. 
  • Fitur pesan otomatis yang bisa digunakan untuk menjawab di luar jam operasional
  • Pesan yang berisi salam pembuka jika ada pesan masuk untuk pertama kalinya
  • Verifikasi akun berupa lencana warna hijau yang terdapat pada profil
Selain kelebihan diatas ada satu lagi kelebihan dari aplikasi WhatsApp Business yang tidak di miliki oleh WhatsApp biasa adalah untuk nomor yang digunakan bisa menggunakan nomor telepon tetap atau telepon kabel. Untuk proses verifikasi menggunakan layanan call atau telepon.

Bagi Sobat yang tertarik untuk mencoba aplikasi ini silakan instal aplikas ini dengan mengunjungi di Play Store dengan kata kunci WhastApp Business. Atau untuk mempermudah silakan klik pada link ini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsapp.w4b

Fitur menarik menurut hasil uji coba Kami adalah layanan menjawab cepat namun sayangnya fitur ini tidak dapat di gunakan jika Sobat menggunakan WhastApp web, artinya hanya dapat bekerja pada perangkat smartphone saja. Namun demikian aplikasi ini support untuk perangkat tablet dimana untuk aplikasi WhatsApp biasa untuk beberapa jenis tablet tidak dapat di instal langsung di Play Store. kekurangan lainnya adalah untuk aplikasi ini hanya dapat di gunakan untuk perangkat Android saja belum mendukung untuk iOS dan OS lainnya.

Fitur layanan menjawab cepat harus di setting terlebih dahulu. Caranya silakan masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih menu Setelan bisnis lanjutkan pilih menu Balas cepat. Silakan klik tombol + pada ujung bawah kanan layar smartphone. Pada bagian pesan silakan isi pesan yang ingin di sampaikan dan untuk menu pintasan silakan tulis kode pintasan. Dengan fitur ini Sobat bisa menjawab setiap pertanyaan yang sama dari customer.


All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like