Penjelasan Singkat Tentang Aplikasi Android

Thursday, January 25, 2018
Yaris Heykers
Apliaksi Android saya kira bagi semua pengguna ponsel jenis Android sudah tahu, namun demikian tidak semua pengguna Android benar-benar paham cara kerja atau bagaimana aplikasi Android bisa di instal di ponsel Android. Hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang masuk ke Kami tentang bagaimana cara update aplikasi tertentu di ponsel Android.

Pada umumnya aplikasi Andrid menang lebih banyak di instal dari Play Store. Lebih mudah dan tidak ribet. Namun perlu diketahui juga bahwa ada jenis aplikasi Android yang tidak tersedia di Play Store namun bisa juga di instal di Android. 


Ada dua jenis Aplikasi yaitu aplikasi bawaan dan aplikasi instal. Aplikasi bawaan adalah aplikasi yang sudah permanen atau ada saat Sobat membeli ponsel Android. Aplikasi bawaan ponsel Android ini contohnya adalah aplikasi Gmail, Google+, Google Maps atau semua aplikasi produk dari Google. Untuk Aplikasi instal adalah aplikasi yang di instal dari Play Store maupun di luar Play Store. Contoh dari aplikasi ini adalah WhatsApp, Facebook, Instagram dan lainnya.

Aplikasi instal di luar Play Store dari sisi fungsi sama persis seperti aplikasi di instal di Play Store bedanya hanya dari cara instalasinya saja. Biasaya aplikasi yang diinstal di luar Play Store di dapat dari situs resminya atau juga bisa dari situs penyedia aplikasi. Sebagai contoh adalah aplikasi WhatsApp bisa di instal juga dari situs resminya di www.whatsapp.com.

Bagaimana jika ingin update aplikasi yang di instal di Play Store dan bagaimana cara updatenya, pertanyaan ini termasuk pertanyaan yang banyak di tanyakan. Jawaban untuk pertanyaan ini adalah silakan cari versi terbaru dari aplikasi ini, cara mencarinya bisa dari situs resi penyedia aplikasi atau bisa juga dari situs lainnya. Kami lebih merekomendasikan dari penyedia situs resminya. Cara update juga harus langsung dari pemilik ponsel tidak bisa dari jarak jauh kecuali jika aplikasi itu di instal dari Play Store.

Update dari jarak jauh ini adalah menggunakan akun Gmail dari ponsel yang ingin di update aplikasinya. Masuk ke situs Play Store menggunakan PC silakan cari aplikasi yang ingin di update jika sudah tekan pada menu yang bertuliskan Terpasang lanjutkan atau klik pada menu yang bertuliskan INSTAL.

Pertanyaan berikutnya yang juga sering di tanyakan adalah bagaimana jika ponsel di lakukan hard reset atau reset pabrik (kembali ke settingan awal pada saat membeli) apakah aplikasi yang ada di ponsel akan hilang. Jawabannya adalah untuk semua aplikasi instal akan hilang, yang tidak hilang hanya aplikasi bawaan dari ponsel Android yaitu semua aplikasi produk dari Google. Jika masih tetap ingin menggunakan aplikasi silakan lakukan proses download ulang dan lakukan registrasi atau login di aplikasi tersebut.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like