Cara Memback Up Percakapan (Cadangkan Chat) di WhatsApp

Wednesday, June 15, 2016
Yaris Heykers
Salah satu fitur menarik yang di miliki oleh WhatsApp adalah tersedia aplikasi back up (cadangan chat) percakapan dengan dukungan Google Drive. Dengan di dukung oleh Google Drive pengguna aplikasi WhatsApp tidak perlu khawatir karena seperti diketahui Google Drive merupakan milik Google merupakan perusahaan besar dan memiliki nama. Karena di dukung dengan Google Drive sudah pasti penggunaan aplikasi ini hanya ada di ponsel berbasis Android saja, untuk iPhone menggunakan iCloud.

Google Drive juga sudah otomatis terinstal atau login cukup dengan satu akun saja, atau pada saat menggunakan Google Play maka otomatis semua pengaturan yang terkait degan Google akan mengikuti karena itu tidak perlu repot instal dan login aplikasi Google Drive terlebih dahulu. Bagaimana cara menggunakan back up atau cadangan percakapan di aplikasi WhatsApp di Android, semak penjelasannya berikut ini. 

Silakan Sobat masuk ke menu Pengaturan di WhatsApp, jika sudah silakan pilih menu Chatting kemudian pilih menu Cadangkan Chat. Ada opsi untuk mencadangkan chat yaitu Harian, Mingguan, Bulanan dan opsi hanya pada saat mengetuk 'Cadangkan'. Saran gunakan atau pilih Harian. Untuk akun Google Drive sudah menyesuaikan sendiri, jika Sobat kebetulan menggunakan 2 akun di Android maka akan ada opsi 2 akun Googel Drive, silakan pilih sendiri.


Jika sobat ingin memilih menggunakan opsi penyimpanan yaitu hanya pada saat mengetuk 'Cadangkan' silakan klik saja tulisan CADANGKAN warna berwarna hijau. Ada juga opsi untuk mencadangkan dengan menggunakan lewat Wi-Fi atau Seluler, silakan pilih sesuai dengan jaringan yang tersedia. Jika ingin menyertakan video untuk di cadangkan silakan beri tanda centang pada kotak menu Sertakan video. 

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara memunculkan percakapan? otomatis percakapan akan muncul jika suatu saat aplikasi WhatsApp di instal dan aktif, maka percakapan akan muncul dengan sendirinya. Tidak hanya itu semua percakapan juga tersimpan di Google Drive artinya juga di back up di ponsel. Cukup simpel dan mudah silakan sobat aktifkan pengaturan Cadangkan Chat agar percakapan yang berisi data penting tidak akan hilang di kemudian hari. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like