Cara Memasang Instagram ke Dalam Widget Blogspot

Sunday, June 19, 2016
Yaris Heykers
Instagram menjadi aplikasi photo terpopuler di dunia mengalahkan aplikasi sejenis yang sudah ada sebelumnya seperti Pinteres. Instagram kini semakin populer sejak di akuisisi oleh Facebook, hingga kini tercatat ada 400 juta pengguna aktif di dunia. Sepanjang tahun 2015 ada 100 juta pengguna baru di dunia, para anggota baru Instagram ini sebagian besar berasal dari Eropa dan Asia. Lebih spesifik lagi kebanyakan anggota barunya berasal dari Indonesia, Jepang serta Brazil.

Saya dan sebagian Sobat pembaca blog ini menggunakan Instagram untuk berbagai keperluan entah itu eksistensi diri atau untuk sarana berjualan on line. Saya sendiri menggunakan Instagram lebih ke sarana untuk berjualan, ada banyak barang yang saya jual via Instagram salah satunya adalah mobil Toyota. Untuk Toyota ini Instagram Saya gunakan lebih kepada memperkenalkan produk baru berserta fiturnya.


Saya menggunakan trik agar follower Instagram bertambah dengan memasang akun Instagram di Blog, biasanya semakin tinggi visitor Blog maka follower Instagram akan semakin tinggi. Cara ini sudah sering saya gunakan termasuk di toko mainan Mobil Remote Control. Untuk blog tersebut Instagram hanya saya pajang dengan link saja tidak menyertakan dengan gambar, nah untuk tutorial yang akan saya bahas ini adalah memasang akun Instagram ke dalam Blog lebih tepatnya pada widget bisa footer, maupun side bar kanan atau kiri khusus untuk Blog berplatfrom Blogspot.

Untuk contoh Instagram yang sudah Saya pasang di blog adalah pada Blog Toyota Semarang, pada contoh ini Instagram saya pasang pada bagian footer bawah. Sobat tertarik ingin memasang akun Instagram ke dalam Blog, simak tutorial lengkapnya berikut ini.

Silakan Sobat login akun Instagram ke dalam PC atau Laptop, fungsi dari login ini adalah untuk redirect login otomatis ke situs penyedia widget Instagram. Langkah berikutnya silakan Sobat masuk atau kunjungi website : www.lightwidget.com, pada bagian kanan akan ada tulisan Log In berwarna coklat silakan klik menu tersebut. Sobat akan di arahkan otomatis untuk menghubungkan akun Instagram dengan akun Lightwidget. 

Jika koneksi antara akun Instagram dengan Lightwidget sudah sukses silakan sobat lakukan setting dengan mengatur pada posisi setting. Detailnya pada gambar di bawah ini. 


Pada posisi Grid ini dapat di atur 3 tampilan, 1 tampilan seperti tampilan Pinteres. 3 untuk gambar tampilan baris dan 3 tampilan untuk kolom. Untuk mengatur jika ingin lebih dari 3 silakan ganti sesuai dengan keinginan Sobat, Saya sendiri mengunakan kolom dan baris 3 menyesuaikan dengan ukuran footer di Blogspot karena lebih kecil. Jika sudah pada bagian samping akan ada tampilan untuk preview sebelum di posting. Jika sudah sesuai silakan tekan menu Get Code seperti pada gambar di bawah ini. 


Pada bagian bawah Sobat akan mendapati menu atau link kode HTML, silakan copu kode tersebut kemudian masuk ke dasbord Blogspot dan pastekan pada menu HTML. Silakan pilih sesuai keinginan Sobat untuk di pasang di side bar kanan atau kiri atau di footer, setelah di paste jangan lupa untuk di simpan atau Save. Proses pemasangan instagram ke Blogspot selesai, silakan Sobat coba jika ada pertanyaan sampaikan dalam kolom komentar, kita diskusikan bersama. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like