Aplikasi WhatsApp Tidak Bisa di Akses! Ini Solusinya

Monday, June 20, 2016
Yaris Heykers
Entah karena sebab apa tiba-tiba aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel Android tidak bisa Saya akses. Pemberitahuan yang muncul seperti ini " WhatsApp mengalami masalah dan perlu dipasang ulang. Ketuk pada tombol dibawah ini untuk membuka Play Store, mencopot pemasangan WhatsApp, dan memasang kembali". Perlu diketahui aplikasi WhatsApp ini saya instal di Android jenis ponsel sehingga aplikasi WhatsApp dapat di download langsung dari Play Store.

Kemungkinan penyebab masalah ini adalah update WhatsApp ke versi terbaru dari Play Store. Seteleh Saya otak atik seperti pada petunjuk yang tersedia pada gambar di bawah ini, aplikasi WhatsApp masih tetap tidak dapat dibuka. 2 kali instal ulang hasil masih tetap sama saja yaitu apilkasi WhatsApp tidak dapat diakses dan tampilan masih seperti pada gambar di bawah ini. 


Pada bagian bawah tulisan PLAY STORE ada link menuju customer service, namun sayangnya saat menu tersebut di klik dan ingin upload gambar, aplikasi selalu berhenti. Jika kebetulan Sobat juga mengalami permasalahan yang sama yang Saya alami, berikut ini solusinya. 

Silakan hapus aplikasi WhatsApp di ponsel Sobat, kemudian lakukan download ulang aplikasi WhatsApp namun dari luar Play Store. Untuk link download silakan Sobat cari di menu Aplikasi, atau silakan download dari link yang tersedia di bawah ini. Ada 4 link download silakan pilih salah satu.
Ukuran file 28.21 MB. Jika sudah selesai download silakan instal, karena di download diluar Play Store maka akan berbeda caranya saat instal aplikasi ini di Android. Untuk lebih detail mengenai cara instal aplikasi WahtsApp silakan baca tutorial lengkapnya di artikel Cara Instal Aplikasi di Luar Play Store

Jika proses instal selesai silakan Sobat lakukan registrasi, masukkan kembali nomor telephone yang Sobat gunakan. Lakukan backup percakapan WhatsApp dengan menekan menu Pulihkan cadangan. Untuk memulihkan cadangan percakapan, sebelumnya Sobat harus melakukan settingan pada WhatsApp, jika tidak maka proses cadangan tidak dapat dilakukan. 


Setelah semua proses selesai semua percakapan WhatsApp sebelumnya akan otomatis kembali seperti semula. Aplikasi WhatsApp sudah kembali normal seperti biasanya. Bagian pentingnya adalah setelah proses selesai jangan lakukan Update aplikasi WhatsApp dari Play Store, karena dari pengalaman saat update ke versi terbaru aplikasi WhatsApp kembali tidak dapat di buka.

Silakan Sobat download jika mengalami kesulitan sampaikan dalam kolom komentar, atau jika kesulitan download silakan sampaikan alamat email di komentar atau kontak Saya di menu Kontak, aplikasi akan Saya kirim langsung dari Google Drive.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like