Cara Menghapus Komentar Disqus di Blogspot

Thursday, May 5, 2016
Yaris Heykers
Pada tutorial sebelumnya Saya sudah menjelaskan bagaimana cara memasang komentar Disqus di dalam Blogspot. Pada tutorial ini Saya akan menjelaskan bagaimana cara menghapus komentar Disqus yang sudah terpasang di Blogspot, artinya mengembalikan kolom komentar di Blogspot sesuai bawaan aslinya. 

Saya sendiri mengunakan 1 akun Disqus pada banyak Blog termasuk Wordpress, untuk Blog Wordpress cara yang digunakan untuk memasang dan menghapus cukup simpel, untuk tutorialnya akan Saya bahas pada artikel berikutnya. Karena banyak akun maka cara menghapus Disqus sedikit agak berbeda apabila hanya menggunakan 1 akun untuk 1 Blog saja. 

Suatu ketika Saya mendapati sebuah artikel yang menulis tutorial yang sama sesuai judul artikel ini. Alasan Si penulis menghapus komentar Disqus karena tidak berjalan sebagaimana mestinya. Komentar yang ditulis di Disqus tidak muncul dan saat di tulis di komentar Blog juga tidak masuk di Disqus. Permasalahan ini sebetulnya sama seperti yang sedang Saya alami, namun sesuai dengan pengalaman akan normal dengan sendirinya sekitar 3 - 4 bulan.


Bagi Sobat yang kebetulan ingin menghapus komentar Diqsus yang sudah terpasang di Blogspot entah karena alasan apa saja, silakan simak tutorial lengkapnya berikut ini. 

Langkah pertama silakan Sobat buka atau Login akun Disqus, kemudian pilih menu Setting atau roda gigi pada pojok kanan atas sebelah profil kemudian pilih menu Admin, atau untuk mempermudah silakan Sobat klik saja URL : https://disqus.com/admin

Disebelah pojok kiri atas sebelah logo DISQUS akan ada menu Your Site jika menggunakan Disqus untuk lebih dari 1 Blog. Silakan pilih pada Blog mana akun Disqus tersebut ingin di hapus. Jika Sobat menggunakan hanya untuk 1 akun saja maka tidak perlu memilih. 

Langkah berikutnya adalah cari menu Setting, kemudian pilih Advanced, geser kursor ke bawah temukan menu Delete from Disqus. Jika Sobat binggung silakan ketik URL berikut ini : https://httpareagadgetandroidblogspotcom.disqus.com/admin/settings/advanced. Silakan ganti URL berwarna merah sesuai dengan URL Disqus yang Sobat miliki. 

Pada saat akan menghapus akan ada 4 opsi alasan kenapa Sobat akan menghapus akun Disqus, silakan Sobat isi saja sesuai dengan pilihan yang ada, jika memang Disqus tidak bekerja sesuai dengan harapan isikan saja opsi pertama. 

Hapus akun di Disqus sudah selesai langkah terakhir adalah menghapus instal Disqus yang ada di Widget Blogspot. Caranya silakan masuk ke Blogspot kemudian pilih menu Tata Letak (Widget) kemudian cari Disqus dan silakan Delete atau hapus. Sebelum menghapus pastikan semua komentar yang sudah ada di Disqus sudah di impor ke Blogspot agar tidak hilang. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like