Cara Mudah Mengirim Uang ke Luar Negeri

Monday, October 9, 2023
Yaris Heykers

Ada banyak cara untuk mengirim uang ke luar negara Indonesia. Biasanya menggunakan rekening bank lokal Indonesia. Namun dengan cara ini banyak sekali kekurangannya. Data penerima uang harus lengkap mulai dari nama lengkap, alamat lengkap, nomor rekening bank, kode SWIFT bank, alamat lengkap bank dan lainnya. Selain itu biaya administrasi yang dibebankan juga cukup besar. Untuk sekali kirim dikenakan biaya sebesar 20 USD atau setara dengan Rp. 300.000 an (Kurs Rp.16100). Biaya admistrasi ini memang bisa di tentukan, dibayar oleh pengirim uang atau penerima uang. Atau bisa juga di bagi antara penerima dan pengirim uang.


Kekurangan lain dengan metode transfer antar bank ini biasanya durasi waktu uang diterima juga relatif lama. Dalam beberapa kasus bisa 2 minggu. Selain itu juga tidak praktis karena dalam beberapa kasus penerima uang tidak besedia memberikan data-data pribadi hanya bersedia memberikan nomor rekening saja. Kekurangan paling fatal adalah jika salah memasukkan data walaupaun satu huruf atau satu angka maka proses pengiriman uang akan gagal. 


Kami akan membahas beberapa cara mudah dan praktis dalam mengirim uang dari Indonesia keluar negeri. Kelebihan utama dari beberapa cara pengirim uang ini adalah waktu pengiriman tidak sampai 24 jam dan biaya administrasi lebih murah bahkan gratis.


Menggunakan Paypal.

Paypal adalah salah satu alat pembayaran yang sudah terbukti bagus untuk menerima maupun mengirim uang. Cara mengirim uang dengan paypal ini juga sangat mudah cukup menggunakan email akun paypal saja, jadi dalam hal privasi sangat terjaga.


Untuk mengirim uang menggunakan paypal maka calon pengirim mapun penerima uang juga harus punya rekening paypal. Bagi calon pengirim uang yang tidak memiliki akun atau rekening paypal bisa menggunakan jasa pembayaran. Banyak jasa pembayaran yang melayani jasa pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri salah satunya adalah jasabayar.co.id


Salah satu kekurangan dari paypal adalah ketat dalam aturannya. Membuat akun paypal sangat mudah tapi dalam hal penggunaannya ini yang sangat ketat. Untuk akun paypal baru ada batasan jumlah uang yang bisa digunakan dalam proses transfer dan biasanya juga tidak akan lebih dari 10 USD. 


Ada dua metode pengiriman uang menggunakan paypal yaitu Friend and Family dan Goods and Service. Perbedaan antara kedua pembayaran ini adalah biaya pengiriman dan jaminan atau asuransi. Untuk keamanan disarankan menggunakan Goods and Service dimana jika menggunakan opsi ini maka biaya transaksi akan di tanggung oleh penerima uang. 


Durasi waktu atau lama pengiriman uang sampai ke penerima tidak sampai 1 menit bahkan hanya hitungan detik saja. Setelah klik menu send di paypal dalam hitungan detik uang bisa langsung diterima oleh penerima dana. 


Skrill dan Neteller

Skrill dan Neteller sebetulnya dimiliki oleh satu perusahaan. Sesuai dengan pengalaman kami untuk Skrill memiliki biaya lebih murah bila di bandingkan dengan neteller. Sama seperti paypal untuk mengirim uang dengan skrill atau neteller cukup menggunakan email saja 


Perbedaan lainnya dengan paypal adalah untuk biaya pengiriman sudah otomatis akan di bebankan kepada calon pengirim uang. Besar beban di sini akan muncul saat akan mengirimkan uang. Sebagai contoh bisa di lihat pada gambar di bawah ini.




Biaya mengirim uang sebesar 130 USD adalah 5,18 USD. Jadi total keseluruhan adalah 135,18 USD. Untuk mengirim via paypal di kenakan biaya 4,99 USD. Memang sedikit lebih murah bila dibandingkan degan paypal. 


Perlu diketahui juga paypal memang tidak bisa menjangkau semua negara karena terkait kebijakan atau aturan. Seperti pada penjelasan sebelumnya paypal sangat ketat dalam aturannya. Bahkan mengirim uang dengan paypal dengan mencatum kan nama saja bisa jadi bermasalah. Nama disini adalah nama yang menurut mereka masuk dalam daftar ekstirimis agama. Berkebalikan dengan Skrill dan Neteller bisa mengirim ke semua negara asal memiliki akun Skrill / Neteller. 


All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like