Solusi Mengembalikan Akun Youtube yang di Retas / di Hack

Sunday, October 18, 2020
Yaris Heykers

Sudah tidak terhitung berapa banyak akun youtube diretas baik dialamai oleh youtuber dengan subscriber puluhan ribu maupun ratusan ribu. Permasalahan ini sampai menjadi topik atau materi di Youtube Camp 2020 yang di selenggarakan secara daring. Saya pribadi menduga permasalahan ini mungkin banyak terjadi di Indonesia karena memang harus diakui pemahaman membaca atau kesadaran membaca orang-orang indonesia cukup rendah.


Pada umumnya akun Youtube di retas oleh pihak tidak bertanggung jawab dengan nenawarkan kerja sama atau endros sebuah aplikasi dengan iming-iming uang cukup besar. Mereka menghubungi ke email yang sudah dicantumkan di alamat kontak youtube dan sayangnya email ini adalah email utama akun youtube


Pihak peretas meminta youtber (calon korban) untuk mencoba apilkasi yang ingin di endorskan / ditawarkan. Setelah proses instal aplikasi tersebut meminta untuk login akun Gmail dan saat itulah sebetulnya pihak pertas sudah mendapatkan email dan password akun Yotube. 


Bagaimana solusinya jika akun Youtube diretas dan jika pihak pertas sudah mengubah semua video (menghapus atau menganti dengan konten lain) apakah bisa dikembalikan ke semula. Jawabannya adalah bisa. Saya bisa mengatakan ini karena saya mengikuti pelatihan Youtube Camp 2020 dimana salah satu materi yang dibahas adalah mengembalikan akun youtube yang diretas. Proses pengembalian akun yang sudah diretas caranya ada dua tapi saya akan membahas cara pertama saja dimana cara ini menurut saya lebih praktis dan mudah. 




Gambar diatas adalah screnshoot dari twitter dimana salah satu pemilik akun Youtube dengan kasus diretas berhasil dikembalikan kepada si pemilik. Cara mengembalikan nya juga cukup mudah dengan menghubungi youtube dengan twitter.


Pastikan sudah memiliki akun twitter dan sudah memfollow @TeamYoutube. Lakukan chat atau kirim DM. Anda tidak perlu menggunakan bahas inggris gunakan saja bahasa Indonesia. Nantinya pihak yotube akan membalas juga dalam bahasa Indonesia. Jika chat menggunakan bahasa Indonesia maka tema youtube yang menghandel juga teman yotube dari Indonesia. 


Sesuai informasi yang saya dapatkan di pelatihan Youtube Camp proses pengembalian ini akan dilakukan dengan mengbubungi langsung dimana nanti juga akan diminta kesediaan jika URL akun akan diganti. Jadi disini akan ada perubahan URL channel yotube saja dan untuk keseluruhan channel tidak akan berubah. 


Tips bagi Sobat youtuber dengan subscriber sudah puluhan bahkan ratusan ribu jika ada penawaran atau endros produk terutama aplikasi mohon dilihat alamat email pengirim. Jika permintaan endors itu benar, biasanya akan dikirim dari email resmi perusahaan bukan dari email berekstensi gmail, yahoo atau email gratisan lainnya. Jika tawaran hanya beruba pemenpelan link saja tidak masalah karena ini tidak akan membahayakan akun Sobat. Selalu waspada dan berhati-hari. 


All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like