Petunjuk Jika Aplikasi Smartphonelogs Tidak Berjalan Normal

Sunday, March 8, 2020
Yaris Heykers
Smartphonelogs dengan alamat situs https://smartphonelogs.net/ dan PhoneBackup dengan alamat situs https://phonebackup.online/ adalah dua aplikasi yang sama dimiliki oleh perusahaan yang sama. Keduanya memiliki nama aplikasi yang sama. Bedanya disini hanya dialamat url atau websitenya saja.

Aplikasi backup ini bekerja dengan cara diinstal terlebih dahulu diponsel Android. Tidak berlaku diponsel lain sekali lagi hanya android saja. Proses download dan instalasi juga cukup mudah karena sudah tersedia di Play Store tinggal di klik instal saja sama seperti instal aplikasi android lainnya.

Setelah proses instal dan membuat akun selesai biasanya akan muncul gambar / foto lama, chat whatsapp lama tapi hanya pesan suara saja. Muncul dan tidaknya ini tidak dapat dikatakan disemua ponsel mungkin hanya tertentu saja. Jika belum muncul silakan ditunggu dulu karena terkadang proses backup juga cukup lama meskipun koneksi internet bagus.

Saya akan menjelaskan beberapa kendala yang dihadapi dalam menggunakan aplikasi ini. Artikel ini berdasarkan uji coba dengan menggunakan ponsel OPPO RMX1811 (Realme C1) dengan koneksi WiFi MNCPlay dimana koneksi sangat bagus. Silakan di pelajari pelan-pelan atau dibaca menyesuaikan dengan masalah yang dialami.

Tidak Ada Data Masuk Sama Sekali
Aplikasi ini bekerja dengan cara di instal di ponsel yang di backup, jadi jika aplikasi ini dihapus atau dinonaktifkan sudah pasti aplikasi ini tidak akan bekerja sehingga tidak akan muncul data sama sekali.

Cara mengetahui apakah aplikasi ini masih terinstal atau tidak dan dalam kondisi dinonaktifkan apa tidak adalah dengan cek langsung diponsel yang sebelumnya sudah diinstal aplikasi (HP target). Silakan masuk ke menu Pengaturan cari menu Manajemen aplikasi / aplikasi kemudian cari aplikasi seperti pada gambar dibawah. Jika tidak ditemukan aplikasi dengan nama tersebut artinya aplikasi sudah dihapus.

Jika menemukan aplikasi tersebut berarti masih ada atau terinstal (nama aplikasi mungkin akan berubah, pastikan saat instal untuk diingat-ingat agar mempermudah pencarian). Lihat pada tulisan Paksa Berhenti dalam keadaan menyala artinya aplikasi aktif. Jika dalam kondisi non aktif akan berwarna hitam.


Meskipun aplikasi masih terinstal namun jika kondisi non aktif maka otomatis data backup juga akan berhenti. Jika dalam kondisi seperti ini maka wajib memasukkan ulang akun atau mengkatifkan kembali. Proses pengaktifan adalah dengan melakukan proses download dan instal sama seperti tahap awal prosesnya. Lakukan uninstal aplikasi lalu instal ulang masukkan akun yang lama. Jika sudah melakukan pembayaran tidak perlu kawatir karena pembayaran tidak akan hangus tetap akan berlaku sesuai dengan durasi berlangganan.

Selain wajib diinstal aplikasi ini juga wajib membutuhkan koneksi internet. Ada beberapa paket internet seperti sosial media, paket telepon dan paket reguler. Intinya yang dimaksud koneksi internet adalah koneksi yang dapat digunakan untuk browsing. Koneksi ini dibutuhkan untuk mengirim data backup. Jika menggunakan koneksi internet sosial media sudah dapat dipastikan aplikasi atau backup tidak akan berjalan.

Chat Whatsapp Tidak Muncul
Selesai proses instal dan membuat akun ada kalanya chat whatsapp muncul namun sebatas pesan suara saja. Artinya jika memang ada pesan suara. Jika tidak pernah mengirim pesan suara besar kemungkinan juga tidak ada chat sama sekali.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri butuh waktu sekitar 5-10 menit untuk memunculkan chat whatsapp sesaat sesudah proses instal dan membuat akun. Bagaimana jika dalam 10 menit bahkan berhari-hari chat whastapp tidak muncul sama sekali. Ikuti petunjuk sebagai berikut, sekali lagi petunjuk ini berdasarkan uji coba di ponsel saya sendiri.

Buka pengaturan aplikasi Whatsapp diponsel yang diinstal aplikasi Secure Data. Caranya masuk ke menu Pengaturan lanjutkan ke Manajemen aplikasi / aplikasi cari aplikasi Whastapp. Lihat gambar dibawah ini.


Lihat pada menu Notifikasi silakan diklik. Jika izin diberikan berarti aplikasi whatsapp dalam kondisi normal namun jika izin di non aktifkan maka ini akan berpengaruh dimana chat whatsapp tidak akan tersimpan atau dapat dilihat di smartphonelogs. Jadi pastikan izin notifikasi dalam keadaaan ON atau aktif.

Apakah jika pesan chat masuk di hapus dapat di backup jawabannya bisa muncul bisa tidak. Pada intinya pesan yang sudah ada di smartphonelogs berarti sudah terbackup artinya dihapus pun tetap muncul. Berdasarkan pengalaman saya sendiri meskipun sudah saya hapus akan tetap muncul. Sekali lagi ini sangat tergantung dari bagus dan tidaknya koneksi internet karena mempengaruhi kecepatan upload data.

Rekaman percakapan telepon tidak muncul
Kasus ini biasanya terjadi pada ponsel dengan dual SIM Card. SIM Card paket data ada di SIM 1 atau sebaliknya. Jika paket data internet ada di SIM 1 sementara nomor ponsel untuk telepon dimana disini nanti untuk melihat rekaman suara ada di SIM 2 ada. Kemungkinan ini menjadi penyebab utamanya.

Saya sendiri belum pernah mengalami kasus ini karena sampai saat ini koneksi data untuk smartphonelogs menggunakan Wifi MNCPlay jadi terpisah dengan koneksi data SIM card. Jika terjadi kendala rekaman suara tidak muncul padahal sudah melakukan request silakan coba di ubah posisi SIM Card.

Kualitas koneksi internet disini juga sangat berpengaruh jadi jika posisi ponsel yang di instal aplikasi smartphonelogs berada di daerah terpencil dimana susah sinyal juga akan mempengaruhi. Pengaruh ini tidak hanya di rekaman suara tapi secara keseluruhan baik Log Service (Layanan Log) maupun Message Service (Layanan pesan).

Lokasi atau Posisi Ponsel (GPS) Tidak Akurat
Posisi lokasi ponsel atau GPS sangat tergantung dari aktif dan tidaknya pengaturan GPS diponsel yang sudah diinstal aplikasi Secure data. Pengaturan yang dimaksud sama seperti pengaturan yang ada di aplikasi ojek online.

Bagi Sobat yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi ojek online dan melakukan order saat membuka aplikasi atau akan memesan diminta untuk  mengkatifkan GPS. Pengaruan ini lah yang dimaksud. jadi untuk lokasi ini pastikan pengaturan GPS selalu aktif. Jika masih bingung silakan lihat pada gambar di bawah ini.


Pada gambar diatas lihat pada menu Layana lokasi berwarna biru atau dalam posisi menyala. Sekali lagi pastikan pengaturan ini bukan di HP Sobat sendiri tapi di hp yang sudah diinstal aplikasi secure data (HP target).

Radius GPS ini menggunakan akurasi pada Google Maps dengan akurasi berkisar kurang lebih 200 meter mengelilingi pada titik lokasi. Jadi bisa sama persis bisa juga tidak tergantung dari akurasi GPS pada waktu itu.

Semua pengaturan diatas sekali lagi ada di ponsel yang diinstal aplikasi secure data (HP target) bukan diponsel sobat sendiri karena pada intinya untuk melihat data hasil backup tidak harus menggunakan ponsel bisa diganti dengan perangkat lain misal laptop atau komputer yang terhubung dengan koneksi internet.

Jika semua dalam kondisi normal namun tidak berjalan (tidak ada data sama sekali) silakan lakukan proses uninstal lalu instal lagi. Jika sudah melakukan pembayaran silakan instal menggunakan akun yang sudah dibayarkan supaya tidak hangus.

Melihat hasil backup dengan mengakses situs https://smartphonelogs.net atau https://phonebackup.online diponsel sobat sendiri maupun di komputer / laptop tidak akan mempengaruhi hasil karena pada intinya hanya memindahkan saja dari perangkat satu ke perangkat lainnya atau hanya melihat data backup saja.

Jika mengalami kendala lupa password akun smartphonelogs atau Phonebackup silakan kontak Kami. Layanan ini hanya berlaku bagi yang sudah melakukan pembayaran menggunakan jasa pembayaran dari Kami.

All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like