Tema Video Apa yang Cocok untuk Konten Youtube

Thursday, February 13, 2020
Yaris Heykers
Salah satu kesulitan pertama bagi seorang yang akan memulai menjadi Youtuber adalah menetukan teman video. Konten video ada baiknya memang dibuat sesuai dengan nice atau tema tertentu tidak dibuat menjadi video 'gado-gado'. Namun ada beberapa orang membuat video tema campuran setelah diketahui video mana yang unggul baru dibuat tema khusus.

Menjawab pertanyaan dari judul blog ini mana konten yang cocok atau menarik untuk dijadikan tema Youtube maka jawabanya semua tema dapat dijadikan konten asal memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Youtube. Syarat dan ketentuan ini nantinya akan mempengaruhi bisa dan tidaknya sebuah konten bisa menghasilkan uang atau yang lebih dikenal dengan istilah monetasi.

Channel Youtube Spot Mancing

Saya akan memberikan beberapa contoh konten youtube dengan berbagai tema tertentu dan pengaruh apa yang terjadi terhadap konten tersebut setelah berjalan beberapa tahun terutama dalam hal monetisasi.

Ada salah satu kawan karena hobi membeli nomor atau togel akhirnya memutuskan untuk membuat konten dengan tema ini. Perkembangan chanel ini sangat pesat dalam beberapa bulan saja subscriber dan viewer sudah melonjak drastis. Kekreatifan memang diperlukan selain mendapat uang dari youtube kawan saya ini juga menjual kaos dengan tema yang sama dan kebetulan juga laku keras.

Seiring waktu berjalan atau kurang lebih tiga tahun sesuai kebijakan baru terkait konten Youtube, channel ini sudah tidak lagi bisa dimonetize artinya pendapatan dari Youtube hilang. Belajar dari pengalaman ini jika ingin menjadi konten kreator Youtube hindari tema ini atau tema yang terkait dengan perjudian. Jenis konten apa saja yang dilarang untuk lebih jelasnya silakan pelajari di link ini : https://www.youtube.com/intl/id/about/policies/#community-guidelines.

Salah satu cara menentukan tema apa yang cocok untuk dijadikan nice konten adalah hobi. Ada pepatah yang mengatakan mulailah berbisnis dari hobi, sesuatu yang kita senangi sudah pasti dalam melaksanakan juga akan sepenuh hati.

Saya mencontohkan nice konten yang saya miliki yaitu konten video mancing karena saya hobi mancing dari kecil hingga saat ini. Meskipun ada banyak kesulitan dalam pelaksanaanya namun kesulitan itu tidak menjadi penghalang. Beberapa kesulitan ini contohnya seperti membutuhkan alat perekam dengan kapasitas memori besar karena seperti diketahui memancing juga butuh keberuntungan. Tidak serta merta bisa mendapatkan ikan sesaat setelah umpan di lempar.

Dalam beberapa kali mancing tidak pasti mendapat video yang layak untuk diunggah dengan alasan tidak mendapat ikan atau jika mendapat ikan ukurannya kecil atau jumlahnya sedikit. Konten video untuk menarik minta penonton memang sebaiknya dibuat semenarik mugkin. Jika memang video tidak layak dipublish sebaiknya menunggu video lain yang lebih layak.

Setelah nice konten Youtube ditentukan silakan memulai upload video. Kita tidak perlu memikirkan apakah channel akan cepat mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam. Proses ini biarkan natural yang penting kita berpedoman konten video dibuat menarik. Jika syarat ini dipenuhi maka dengan sendirinya akan mendapatkan apa yang dicari yaitu channel termonetasi.

Youtube itu lebih unik bila dibandingkan dengan blog salah satunya adalah tidak perlu sewa hosting dan domain tiap tahun. Keunikan lainnya tidak perlu memikirkan SEO, semakin lama video diupload jumlah penonton akan semakin banyak berkebalikan dengan blog jka tidak di update artikel SEO akan semakin turun. Jika ada pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar. Selamat mencoba semoga sukses.

All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like