Cara Terbaru Instal Aplikasi WhastApp di Tablet Android

Tuesday, January 23, 2018
Yaris Heykers
Seperti Kita ketahui ada dua jenis Tablet Android yaitu WiFi dan 3G/4G. Beda dari kedua jenis adalah untuk 3G/4G memiliki fungsi seperti smartphone yaitu bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan juga mengirim pesan singkat atau SMS sementara untuk WiFi tidak memiliki fitur komunikasi. 

Meskipun memiliki fitur sama dengan Smartphone namun Tablet memiliki kekurangan tidak dapat mengisntal beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store. Beberapa jenis aplikasi yang tidak dapat di instal ini misalnya Mobile Banking BCA, Mandiri atau semua jenis bank dan juga tidak dapat mengisntal aplikasi WhatsApp. Penting untuk di ketahui hal ini tidak berlaku untuk semua tipe Tablet Android.

Sebagai contoh Saya adalah pengguna Tablet Android Samsung Galaxy Tab 3 model lama atau dengan seri SM-T311. Aplikasi WhatsApp tidak dapat di instal langsung dari Play Store di jenis tablet ini, namun untuk jenis di bawahnya atau Galaxy Tab 2 aplikasi WhastApp tersedia di Play Store. 


Ada dua cara menginstal aplikasi WhastApp bagi pengguna Tablet yang tidak dapat menginstal langsung dari Play Store, berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Instal langsung dari situs resmi WhatsApp
Cara ini relatif mudah namun harus melakukan pengaturan terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi aplikasi WhastApp. Pengaturan ini ada di Google Chrome yaitu dengan mengubah pengaturan menjadi Situs dekstop.

Silakan buka aplikasi Google Chrome di Tablet Sobat. Pada bagian pojok kanan atas ada titik tiga klik pada bagian tersebut lanjutkan dengan memberi centang pada menu Situs dekstop. Sampai di sini pengaturan selesai namun jangan di tutup. 

Lanjutkan dengan mengetik alamat / url situs resmi WhatsApp yaitu https://www.whatsapp.com/, jika sudah masuk silakan pilih menu UNDUH. Ada 3 versi jenis perangkat yang tersedia yaitu Android, iPhone dan Windows Phone silakan pilih Android. Lanjutkan dengan menekan menu UNDUH SEKARANG. Silakan tunggu hingga proses unduhan selesai jika sudah selesai silakan klik saja instal.

Aplikasi yang tersedia di situs resmi ini adalah versi terbaru (Beta). Untuk update bisa melakukan proses seperti awal atau terkadang akan otomatis ada pemberitahuan saat membuka aplikasi WhatsApp, jika di minta untuk update silakan tekan saja update. Proses update akan tetap sama yaitu manual karena tidak tersedia di Play Store.

Cara di atas sebetulnya relatif mudah namun banyak dari pembaca blog yang mengalami kesulitan untuk instal aplikasi WhatsApp di Tablet Android. Bagi Anda yang tidak bisa menggunakan cara di atas bisa mencoba cara yang ke dua.

2. Instal Aplikasi WhatsApp Business
17 Januari 2018 WhatsApp resmi merilis aplikasi yang bernama WhatsApp Business sebuah aplikasi dengan basis sama seperti WhatsApp. Indonesia menjadi negara asing pertama yang di beri kesempatan untuk menggunakan aplikasi ini.

Sesuai dengan namanya aplikasi ini sebetulnya di peruntukkan bagi kalangan pebisnis terutama Usaha Kecil Menengah (UKM). Dengan platfrom sama dengan WhatsApp aplikasi ini berfungsi sama seperti aplikasi Whastapp namun dengan sejumlah fitur yang berfungsi untuk memberikan kemudahan dalam layanan tanya jawab dengan customer.

Tidak seperti aplikasi WhasApp yang hanya dapat menggunakan nomor GSM untuk registrasi, aplikasi WhatsApp Business bisa menggunakan nomor tetap atau nomor telepon kabel seperti Telkom Speedy atau IndiHome. 

Aplikasi WhatsApp Business tersedia di Play Store artinya bagi Sobat yang kesulitan dalam mengisntal aplikasi WhastApp di Tablet bisa menggunakan aplikasi ini. Saya sendiri sekarang juga sudah menggunakan aplikasi ini untuk menggantikan aplikasi WhastApp dengan alasan aplikasi WhastApp terkadang sangat lama untuk login di perangkat PC atau Komputer. Dengan aplikasi WhatsApp Business login di Whastapp Web lebih cepat.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah untuk nama tampilan tidak bisa di rubah jadi sebelum menggunakan nama tampilan sebaiknya di pastikan tidak salah ejaan. 

Dari kedua aplikasi di atas bisa di instal keduanya di satu perangkat Android namun harus menggunakan nomor yang berbeda. Jadi bagi Sobat yang kebetulan memiliki bisnis atau online shop terkendala jumlah ponsel hanya satu bisa menggunakan kedua aplikasi di atas. Selamat mencoba silakan sampaikan dalam kolom komentar jika ada pertanyaan. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like