Cara Mudah Root Untuk Semua Tipe Android

Saturday, March 18, 2017
Yaris Heykers
Rooting atau dikenal juga dengan Root pada intinya adalah memaksimalkan fungsi yang terdapat di ponsel maupun tablet Android. Atau menghilangkan batasan-batasannya. Root dapat dikategorikan tindakan ilegal yang dapat mengakibatkan garansi hilang. Jadi sebaiknya lakukan root untuk ponsel maupun tablet Android yang sudah tidak memiliki garansi.

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah apakah root akan mengakibatkan kontak di ponsel yang akan di root dan data-data lainnya hilang. Jawabannya bisa ia bisa juga tidak, karena pada dasarnya root hanya menambahkan aplikasi saja. Pastikan pada saat root batre ponsel dalam keadaan penuh atau tidak dalam keadaan menipis untuk berjaga-jaga selama proses rooting tidak mati. Namun jika tidak berpengalaman akan mengakibatkan ponsel 'ngehank' dan harus di lakukan software ulang, artinya ponsel akan kembali seperti settingan pabrik.

Untuk melakukan root bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan bantuan PC atau Komputer dan juga bisa langsung tanpa harus dengan komputer. Pada tutorial kali ini menggunakan bantuan PC. Bisa jenis Windows atau juga Mac. Untuk tutorial ini menggunakan Komputer berjenis Windows 7. Berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah 1
silakan lakukan pengaturan di ponsel / tablet Android yaitu melakukan proses Debug USB. Cari menu Pengaturan lanjutkan ke menu Tentang Ponsel (About phone) kemudian pilih menu Nomor Versi (Build number) tekan sebanyak 7 kali pada menu Nomor versi, tunggu hingga ada tulisan Anda sekarang jadi pengembang. Proses Debug sukses di tandai dengan munculnya menu Pilihan Pengembang di atas menu Tentang ponsel. 

Tahap selanjutnya adalah melakukan aktifasi atau mendebug USB. Silakan masuk ke menu Pengaturan pilih menu Pilihan pengembang. Cari pada menu Mendebug USB silakan beri tanda centang. Tahapan Debugging selesai.

Langkah 2
Nyalakan Komputer kemudian kunjungi situs www.FoneLab.com, cari aplikasi FoneLab Android Data Recovery. Jika sudah ketemu silakan downlod dan instal sesuai dengan jenis PC yang digunakan. Untuk tutorial ini menggunakan Windows. 

Aplikasi ini pada intinya berfungsi untuk merecover semua data yang hilang di ponsel maupun Tablet Android yang meliputi SMS, Call Logs, Foto, Video dan masih banyak lagi fitur lainnya. Untuk melakukan recovery, aplikasi ini akan melakuan proses rooting.

Langkah 3
Buka aplikasi FoneLab Android Data Recovery, sambungkan ponsel atau tablet Android yang ingin di root dengan menggunakan USB ke Komputer. Pastikan keduanya terhubung dengan koneksi internet. Aplikasi akan mendeteksi otomatis ponsel atau tablet yang ingin di root. Jika proses gagal klik saja Manually Connect, fungsinya hanya untuk 'memancing' saja.


Tanda ponsel dengan aplikasi terhubung adalah ada perintah di ponsel yaitu Bolehkan mendebug USB silakan pilih OK.

Lanjutkan ke tahap berikutnya. Setiap tahap akan muncul perintah untuk mendebug di ponsel maka tekan saja OK. Ada 3 tahapan. Jika sudah muncul aplikasi yang bernama SuperSu berarti ponsel Android sudah berhasil di Root. Tidak usah dilanjutkan untuk proses recovery.

Namun jika ingin melakukan recovery dengan aplikasi ini harus melakukan pembayaran terlebih dahulu yaitu sebesar $ 39.16. Jadi pada intinya aplikasi ini adalah aplikasi recovery Android namun ada tahapan yaitu rooting.

FonLab sebetulnya tidak hanya dapat digunakan untuk ponsel berjenis Android. Bisa juga digunakan untuk iOS atau iPhone. Jika kebetulan pembaca blog ini ada yang ingin melihat semua data yang hilang di ponsel atau tablet Android maupun di iOS silakan gunakan aplikasi ini.

Jika ingin membeli aplikasi ini Kami juga membantu dalam hal pembayaran. Silakan hubungi Kami di menu Contact. Kami membantu pembayaran dengan Kartu Kredit maupun PayPal.  

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like