Aplikasi LINE@ Untuk Mendukung Bisnis Online

Friday, May 13, 2016
Yaris Heykers
LINE@ atau yang juga dikenal dengan nama LINEat bukan termasuk fitur baru dari LINE karena aplikasi ini sudah diluncurkan setahun yang lalu tepatnya tanggal 13 Februari 2015. Berbeda dengan LINE aplikasi ini dibuat khusus untuk bisnis / perusahaan, publik figur yang ingin mendekatkan dengan penggemar atau yang saat ini di kenal dengan akun LINE resmi. Aplikasi ini dari sisi fungsi hampir mirip dengan Fans Page Facebook, dan yang menarik aplikasi LINE@ juga dapat di gunakan di PC atau Laptop sehingga proses posting produk atau artikel lebih mudah, untuk tutorial lengkapnya dapat di baca di artikel Cara Menggunakan LINE@ di PC atau Komputer.

Beberapa fitur menarik yang di tawarkan oleh LINE@ pada menu postingan adalah Teks, Sticker, Foto, Kupon, Halaman Undian, Halaman Promosi, URL, Lokasi dan Halaman Riset. Karena aplikasi ini ada yang gratis dan berbayar maka untuk fitur-fitur tersebut tidak semuanya di miliki pada LINE@ gratis. Untuk dapat menggunakan semua fitur LINE@ Sobat dapat menggunakan layanan berbayar. Meskipun layanan di batasi namun fungsi utama dari fitur ini seperti URL dan gambar sudah dapat digunakan secara maksimal.

Fitur gratis lainnya adalah untuk jenis akun atau ID LINE@ yang digunakan tidak dapat memilih, ID ini secara otomatis akan di buat oleh LINE@, lagi-lagi jika ingin menggunakan akun ID sesuai dengan nama perusahaan atau bisnis Kita harus membayar. Sebagai contoh akun ID LINE@ gratis yang saya buat adalah @edj3193p, akun ini adalah untuk Blog Toyota Indonesia dimana saya fungsikan untuk menjembatani antara Sales mobil Toyota seluruh Indonesia dengan customer atau calon pembeli.


Untuk menggunakan LINE@ Sobat diwajibkan memiliki akun LINE, fungsi dari akun LINE ini nantinya digunakan untuk login ke aplikasi LINE@, selain itu dapat juga digunakan untuk menambahkan teman untuk mengikuti akun LINE@ yang sudah di buat dengan cara mengundang semua kontak di akun LINE yang Sobat miliki. Jumlah akun LINE@ yang dapat dibuat juga tidak dibatasi, sampai sejauh ini Saya sendiri sudah membuat 3 akun.

LINE@ juga memiliki fitur iklan untuk mempromosikan produk atau layanan sama seperti Fans Pages Facebook, namun untuk fitur ini hanya dapat digunakan untuk LINE@ berbayar, selain itu untuk fitur berbayar jumlah pesan yang setiap bulan dapat mencapai 50.000, sedangkan untuk akun gratis layanan pesan hanya dibatasi sebanyak 1.000 pesan saja.

Cara untuk mendapatkan follower atau pelanggan di akun gratisan LINE@ adalah dengan menggunakan sarana lainnya seperti menambahkan ID LINE@ ke blog / website dengan trafik tinggi atau Instagram, Facebook, Twitter atau sosial media lainnya yang sudah memiliki banyak follower.

Bagi Sobat yang kebetulan juga pebisnis atau memiliki toko online yang sedang merintis usaha tidak ada salahnya jika menggunakan aplikasi LINE@. Manfaatkan sarana gratis semaksimal mungkin untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Atau jika memiliki cukup banyak anggaran untuk iklan tidak ada salahnya mencoba layanan LINE@ berbayar. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like