Cara Menggunakan LINE di PC atau Komputer

Sunday, April 24, 2016
Yaris Heykers
Tidak hanya hadir di Ponsel Android, iPhone, Windows Phone dan Black Berry aplikasi chat LINE juga dapat digunakan di PC atau Laptop. Ada banyak cara menggunakannya yaitu dengan membutuhkan bantuan aplikasi pihak ke-3 atau emulator namun ada juga tanpa menggunakan emulator atau menggunakan aplikasi dengan mendownload langsung dari situs resmi LINE.

Sesuai dengan pengalaman pribadi menggunakan emulator seperti halnya BlueStack membutuhkan kapasitas spec PC atau Laptop yang cukup besar, minimal dengan RAM tambahan sebesar 2 GB. Jelas dengan spec PC seperti ini bagi Sobat yang kebetulan memiliki PC tanpa RAM tidak mungkin dapat menginstal Bluestacks. Bahkan saat ini Bluestacks sendiri sudah sangat merepotkan dimana loading aplikasi akan sangat lama, karena itu Saya sendiri memutuskan untuk melakukan uninstal aplikasi tersebut. 

Pada dasarnya aplikasi LINE di PC ini hampir mirip dengan aplikasi Yahoo Mesengger dengan tampilan hampir mirip. Bedanya meskipun di gunakan di PC untuk aplikasi LINE masih tetap membutuhkan ponsel untuk memverifikasi penggunaan. Namun proses ini hanya dibutuhkan sekali saja. 

Bagi Sobat yang tertarik menggunakan aplikasi LINE di PC atau Laptop simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 


Download Aplikasi LINE for PC
Silakan download terlebih dahulu aplikasi nya langsung mengunjungi situs resmi di alamat : http://line.me/en-US/download silakan Sobat pilih jenis PC yang digunakan seperti yang tercantum dibawah ini. Saya sendiri menggunakan PC Windows 7 dan ukuran file sebesar 32.54 MB. Secara otomatis LINE akan mendeteksi jenis PC yang sobat gunakan dan link download akan terbuka sesuai dengan jenis PC tersebut. 



Login Aplikasi LINE for PC
Ada dua cara untuk Login akun LINE di PC atau Komputer. Cara pertama adalah setelah selesai download instal aplikasi tersebut hingga selesai. Setelah itu akan ada menu untuk login akun LINE dengan memasukkan alamat email dan password. Email dan password ini di dapatkan pada saat mendaftarkan dengan menggunakan ponsel, jika Sobat belum memiliki silakan lakukan konfirmasi akun LINE menggunakan akun Email Sobat. 


Setelah menekan tombol Login akan ada kode verifikasi yang di kirimkan ke aplikasi LINE di ponsel yaitu berisi 5 angka dan masukkan kode tersebut ke aplikasi yang sudah di instal di PC di tempat yang sudah tersedia. Jika kode benar maka otomatis akan masuk ke dalam aplikasi. Setiap kali login akan mendapatkan pemberitahuan ke aplikasi LINE yang ada di ponsel. 


Cara login kedua adalah dengan menggunakan Kode QR, cara ini lebih mudah sama seperti cara menggunakan WhatsApp di PC yaitu cukup dengan melakukan scan Kode QR. Caranya adalah pilih menu QR Code Login, setelah itu silakan buka aplikasi LINE di Smartphone atau ponsel Sobat pilih menu More atau lainnya, kemudian cari menu Tabh Teman (Add Friends) kemudian cari menu Kode QR (Code QR). Dekatkan scan pada ponsel tersebut ke layar PC atau Monitor sehingga akan mendeteksi setelah sukses akan perintah di ponsel yang berbunyi Ingin Login? Jika Anda ingin login dengan PC, tekan Login silakan Sobat tekan saja menu Login. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini.


Versi aplikasi yang Saya gunakan di atas adalah versi 4.6.0 dan sudah tersedia versi terbaru yaitu 4.6.1. Tampilan aplikasi LINE di PC akan jauh lebih menarik jika menggunakan Windows 10 dimana kelebihannya adalah dapat di seting layar lebar sementara untuk Windows dibawah 8 seperti yang saya gunakan ini memiliki tampilan standar. 

Silakan di coba menggunakan aplikasi LINE via PC atau Laptop seperti pada tutorial yang sudah Saya jelaskan di atas, jika Sobat mengalami kesulitan silakan tinggalkan komentar. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like