Cara Mengajukan Atau Mendapatkan YouTube Creator Awards / Silver Buttom

Sunday, September 10, 2023
Yaris Heykers

Berprofesi menjadi seorang Youtuber saat ini menjadi salah satu cita-cita anak jaman sekarang. Jika dahulu anak kecil di tanya cita-cita mau jadi apa; jawaban menjadi dokter, polisi, presiden sudah biasa tapi untuk anak milenial jawaban menjadi youtuber menjadi hal yang lumrah didengar.


Menjadi youtuber memang menjanjikan pundi-pundi uang yang melimpah, selain sistem kerja yang tentunya lebih flexsibel di bandingkan dengan jenis pekerjaan lainnya. Bagi sebagian orang termasuk saya sendiri menjadi youtuber memang bukan pekerjaan utama tapi hanya sampingan untuk menyalurkan hobi saja. Meskipun pada akhirnya hasil yang di dapatkan diluar eksptesi ketika awal memulai menjadi youtuber.


Saya akan membagikan pengalaman priadi membuat channel youtbe hingga pada akhirnya mendapatkan penghargaan dari youtube atau yang dikenal dengan YouTube Creator Award berupa Silver Buttom. Dalam tingkatan YouTube Creator Awards untuk Silver buttom adalah tingkatan penghargaan paling bawah dengan syarat wajib mendapatkan 100.000 Subscriber. 


Saya pribadi mendapatkan Silver Buttom membutuhakn waktu kurang lebih 3 tahun. Persyaratan wajib lainnya adalah tidak melakukan pelanggaran channel lebih dari 3 kali. Jika lebih dari 3 kali sudah dipastikan meskipun sudah mencapai 100.000 subscribe tidak akan bisa mengklaim Silver Buttom. Disalah satu channel saya yaitu channel tutorial android juga sudah mendapatkan 3 kali teguran. Jenis channel tutorial apalagi Android memang lebih rawan kena teguran pelanggaran meskipun kadang ambigu. Kenapa saya bilang ambigu nanti akan coba saya jelaskan di artikel lain.


Setelah mendapatkan 100.000 subscriber untuk mendapatkan centang pada channel dan mendapatkan Silver Buttom caranya tidak otomatis dan wajib di lakukan proses mengklaim. Karena di sini membutuhkan alamat untuk mengirimkan Silver Buttom ke alamat rumah / kantor. Tahap-tahapannya adalah sebagi berikut. 


Silakan cek di notifikasi channel youtube apakah sudah ada tulisan seperti ini = Congrats! You're eligible for a Creator Award. First, copy and keep your redemption code 1PVAG9975QXX so you have it handly, and then clik "Clain Award" to redeem your award. Jika sudah ada berarti channel sudah bisa di klaim untuk mendapatkan Silver Buttom. Dalam penjelasan diatas ada kode PVAG9975QXX, untuk XX ini adalah 2 kode terkahir bisa beruba angka dan huruf. Silakan kode tersebut di copy atau di salin. 


Setelah itu klik saja pada link atau tulisan Clain Award dan akan muncul tampilan gambar seperti pada gambar di bawah ini. 


Silakan masukkan kode 1PVAG9975QXX pada kolom di atas yang kami berikan tombol telunjuk kemudian silakan klik Redeem award


Langkah berikutnya adalah diminta untuk megisi data alamat dan email. Tahap awal adalah memasukkan ulang alamat email. Alamat email ini sudah otomatis terisi jadi hanya butuh memasukkan ulang secara manual di kolom yang sudah di sediakan. 


Proses berikutnya atau di kolom berikutnya adalah mengisi data pribadi berupa nama dan alamat lengkap. Untuk data ini adalah alamat untuk mengirimkan Silver Buttom. Perlu diketahui alamat ini bebas tidak harus alamat sesuai dengan akun adsense atau alamat sesuai dengan alamat email youtube. Bisa dikirimkan ke negara atau benua lainnya. Bagian penting lain yang harus di ketahui tidak semua data harus diisi utamakan yang di beri tanda * merah karena ini sifatnya wajib. Jika tidak di beri tanda merah tidak perlu di isi. Lihat gambar di bawah ini. 


Jika data sudah disi semua pastikan sudah sesuai dan jika sudah silakan lanjutkan prosesnya atau klik Send. Proses selsai dan akan membutukan waktu pemrosesan kurang lebih 2 minggu. Sesuai dengan keterangan pada gambar di bawah ini.


Pada gambar diatas juga ada nomor order dimana nomor ini bisa digunakan untuk melakukan pengecekan proses pengiriman.


Jika sudah mendapatkan badge verifikasi pada channel apakah bisa hilang? Jawabannya bisa jika melanggar pedoman komunitas youutbe seperti awal penjelasan tulisan ini. Sebaiknya hindari melakukan pelanggaran terhadap pedoman komunitas. Usahakan sebelum melakukan proses upload dipejari lebih teliti kemungkinan melanggar apa tidaknya karena seperti pada penjelasan diatas pelanggaran ini bisa ambigu. Poit pentingnya adalah pelanggaran pedoman komunitas ini sesuai dengan pengalama kami di channel tutorial lebih banyak di sebebakan karena pihak ketiga atau isi konten di komplain oleh peusahaan dimana perusahaan tersbut menjadi tema konten kita. 


All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like