Mengatur Privasi Pesan WhastApp Yang Sudah di Kirim

Monday, May 16, 2016
Yaris Heykers
Kebetulan hari ini Saya sedang intens melakukan komunikasi dengan seorang teman dengan aplikasi WhatsApp, karena kebetulan teman ini menanyakan beberapa hal penting maka komunikasi berjalan cukup lama. Ditengah-tengah percakapan, ada pertanyaan cukup menarik menurut Saya yaitu menanyakan kenapa laporan terkirim di aplikasi WhatsApp belum tercentang biru namun Saya sudah membaca pesan tersebut. 

Bagi beberapa orang termasuk teman Saya ini bisa jadi menang tidak terbiasa mengotak-atik aplikasi WhatsApp atau aplikasi lainnya sehingga tidak mengetahui bahwa setiap pesan yang sudah terkirim di aplikasi WhatsApp dapat diatur agar si penerima pesan tidak mengetahui jika pesan susah dibaca. Jika pengaturan ini tidak diatur pada saat menginstal aplikasi di Smartphone maka otomatis setiap pesan yang sudah di baca akan diberi keterangan dengan contreng 2 berwarna biru. 


Fitur ini sebetulnya hampir mirip dengan aplikasi BBM atau aplikasi sejenisnya, untuk aplikasi Blackberry messenger jika pesan sudah terkirim akan ditandai dengan huruf D yang berarti Deliverd, jika sudah terbaca akan ditandai dengan tulisan R yang artinya Read. Untuk aplikasi LINE pesan akan ditandai dengan tulisan Baca jika sudah terbaca. 

Berbeda dengan aplikasi BBM yang tidak tersedia pengaturan untuk fitur terbaca, di aplikasi WhatsApp ini dapat di atur sehingga memberikan privasi lebih kepada si penerima pesan. Jika Sobat pemilik aplikasi WhatsApp yang juga ingin menggunakan fitur privasi pesa terkirim ini silakan simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Silakan Sobat buka aplikasi WhatsApp cari di menu yang ada di pojok kanan atas berlogo titik tiga sejajar.  Kemudian silakan pilih menu Setelan atau menu yang ada di bagian paling bawah. Silakan Sobat pilih menu Akun kemudian pilih menu Privasi. Langkah terakhir hilangkan tanda centang pada kolom yang ada di samping kanan. 


Selain privasi laporan pesan yang sudah dibaca, Sobat juga dapat mengatur pengaturan privasi lainnya seperti Terakhir dilihat, Foto Profil dan Status. Untuk pengaturan Terakhir dilihat jika diatur ke dalam posisi Tidak ada maka teman di kontak WhatsApp tidak akan mengetahui kapan terakhir online atau membuka aplikasi WhatsApp.

Kekuranganya jika dua pengaturan ini digunakan (laporan dibaca dan Terakhir dilihat) maka Sobat juga tidak akan mengetahui apakah pesan yang sudah terkirim sudah terbaca apa belum dan semua kontak WhatsApp sobat juga tidak dapat diketahui kapan terakhir online. 

Pengaturan ini akan lebih pas digunakan untuk Sobat yang menggunakan aplikasi WhatsApp untuk komunikasi dengan customer toko online seperti yang Saya miliki. Dengan pengaturan sobat agak lebih sedikit santai jika menghadapi banyak pembeli. Akhir kata selamat mencoba jika ada pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like