Menghubungkan Layar Laptop dengan Televisi Menggunakan Kabel HDMI

Saturday, April 30, 2016
Yaris Heykers
High-Definition Multimedia Interface atau yang biasa disingkat dengan HDMI dulunya lebih banyak di kenal di perangkat Laptop atau Komputer, namun saat ini sudah hadir di berbagai perangkat antara lain Audio system mobil, ponsel dan juga pada televisi terutama jenis LED. Pengertian sederhana dari HDMI adalah memindahkan tampilan layar satu perangkat ke perangkat lainnya dengan bantun kabel khusus. Perangkat itu bisa tampilan layar Smartphone ke Audio Mobil, tampilan layar Laptop atau PC ke TV dan lainnya. 

Cara kerja HDMI dari satu perangkat ke perangkat lain pada intinya adalah sama yaitu dengan bantuan kabel HDMI dengan jenis dan ukuran yang akan berbeda-beda tiap perangkatnya. HDMI dari segi fungsi sama persis seperti Miracast bedanya dengan Miracast untuk menghubungkan antar muka satu perangkat dengan perangkat lain menggunakan WiFi.

Pada tutorial sebelumnya Saya sudah menjelaskan bagaimana menghubungkan Smartphone ke Audio sistem Kijang Innova dengan menggunakan HDMI, nah pada artikel ini Saya akan menjelaskan bagaimana cara menghubungkan tampilan layar Laptop atau Komputer dengan layar Televisi dengan bantuan HDMI. Tentu saja caranya berbeda, namun pada intinya adalah sama.


Sebelum memulai tutorialnya terlebih dahulu silakan cek Komputer atau Laptop Sobat juga Televisi yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan layar dari komputer atau laptop. Lihat spesifikasi sesuai dengan ketentuan di bawah ini.

Spesifikasi Laptop
Jenis laptop yang digunakan harus sudah memiliki VGA, cara mengetahuinya silakan lihat pada bagian samping kiri, cari saja port (colokan) yang bertuliskan HDMI. Hampir semua laptop saat ini memiliki tambahan HDMI.

Port HDMI pada Laptop 

Spesifikasi PC / Komputer
Sama seperti laptop untuk PC juga harus memiliki tambahan VGA, untuk melihat apakah PC sudah memiliki VGA tambahan silakan cek ke bagian belakang CPU, cari di bagian bawah Hard disk, VGA tambahan biasanya posisinya diletakkan di bawah Hard disk. Pada VGA tersebut akan muncul juga port atau tulisan HDMI.

Port HDMI pada PC / Komputer

Spesifikasi Televisi.
Lihat pada bagian belakang televisi yang Sobat miliki, cari apakah sudah trsedia port atau colokan kabel HDMI, jenis televisi LED pada umumnya sudah memiliki tambahan HDMI. Untuk jenis TV yang Saya gunakan adalah Samsung seri 4-4003. Ada 2 Port HDMI di televisi jenis Samsung yang Saya gunakan yaitu HDMI 1 dan HDMI 2.

Port HDMI pada Televisi

Kabel HDMI.
Untuk mendapatkan kabel HDMI ini silakan Sobat cari di toko komputer terdekat, jenis kabel HDMI VGA dari Laptop / PC ke Televisi LED. Harga jual masing-masing tempat berbeda, harga di Semarang Rp. 50.000 untuk panjang kabel 3.5 meter. Jenis kabel HDMI mengunakan port sama seperti menghubungkan antara CPU dengan monitor atau jenis kabel +.

Kabel HDMI VGA.

Jika semua persyaratan di atas sudah lengkap selanjutnya adalah menghubungkan layar PC/ Laptop ke layar TV. Caranya sebagai berikut.

Pasang atau colokkan kabel port HDMI ke perangkat Laptop atau PC pada port seperti pada gambar diatas, hubungkan (colokkan) port kabel HDMI bagian satunya ke Televisi (bisa memilih port HDMI1 atau HDMI2). Setelah TV terhubung dengan Laptop atau PC silakan nyalakan (atur pada posisi menyala) keduanya (Laptop/ PC dan Televisi). 

Pada posisi menyala, ambil remote televisi kemudian tekan menu Content, untuk televisi merek Samsung tampilan di layar televisi akan muncul menu Halaman Awal Konten dengan 4 menu yaitu Daftar Saluran, Panduan, Media Play, Pengaturan dan Sumber. Silakan Sobat pilih menu Sumber. Setelah itu pilih menu HDMI, jika di masukkan ke port HDMI1 maka akan muncul pada menu HDMI1/DVI, sebaliknya jika kabel di pasang pada port HDMI2 maka akan muncul pada kabel HDMI2. 


Jika semua proses benar maka tampilan layar PC atau Laptop Sobat sudah dapat dinikmati di layar televisi. Untuk mengembalikan settingan dari HDMI ke saluran televisi silakan ikuti langkah seperti semula pada menu Sumber silakan ganti ke menu Televisi atau TV.

Dengan menggunakan layar monitor televisi sebagai pengganti layar monitor PC atau laptop, kelebihan yang di dapat tentu saja jika ukuran layar televisi lebih besar dari pada layar Laptop atau Komputer akan lebih jelas, sembari browsing di PC atau Laptop Sobat juga dapat sesekali melihat acara televisi favorit. Akhir kata selamat mencoba, silakan sampaikan di kolom komentar jika Sobat mengalami kesulitan.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like